proses pendaftaran kuliah di australia

Proses Pendaftaran Kuliah di Australia

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Proses Pendaftaran Kuliah di Australia

Australia menawarkan beragam pilihan studi untuk siswa internasional, dengan lebih dari 1.100 institusi dan 22.000 program studi untuk dipilih. Proses kuliah di Australia sendiri biasanya mencakup mulai dari pendaftaran ke universitas tujuan.

Sistem pendidikan Australia menyediakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi seperti yang dibedakan dari banyak negara lain oleh Kerangka Kualifikasi Australia (Australian Qualifications Framework (AQF). AQF adalah kebijakan nasional yang menunjukkan bagaimana kualifikasi berhubungan satu sama lain di setiap jenjang pendidikan.

Seperti Apa Proses Pendaftaran Kuliah di Australia?

Siswa internasional dapat belajar di semua tingkat pendidikan mulai dari sekolah dasar dan menengah, hingga pendidikan dan pelatihan kejuruan (VET), dari kursus bahasa Inggris hingga pendidikan tinggi (termasuk universitas).

Istilah ‘pendidikan tersier’ di Australia mengacu pada pendidikan tinggi (universitas) dan pendidikan dan pelatihan kejuruan (perguruan tinggi VET dan TAFE). Nah, berikut beberapa proses kuliah di Australia mulai dari pendaftaran, ya.

Lakukan Riset

Pikirkan tentang apa yang ingin kamu pelajari di Australia, sekolah, perguruan tinggi atau universitas yang ingin kamu hadiri dan kota yang sesuai dengan gaya hidup dan anggaran kamu. Cari tahu seputar subjek yang menarik minat kamu, deskripsi kursus, ulasan universitas dan lokasinya.

Baca juga :
Deretan Keuntungan Kuliah di Australia, Baca Lengkapnya!

Konsultasi dengan Agen Pendidikan

Ketika kamu sudah siap, lakukanlah konsultasi dengan konselor ICAN Education Consultant. Tim kami telah berpengalaman dan profesional untuk menangani para siswa internasional. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami akan memberikan nasihat profesional agar kamu siap sepenuhnya untuk kuliah di luar negeri.

Buat Aplikasi

Setelah memilih program studi dan universitas, perguruan tinggi atau sekolah, saatnya untuk mendaftar. Konselor ICAN akan mendukung dan membantu proses aplikasi kamu. Tim kami akan bekerja mengikuti standar hukum dan etika yang paling ketat.

Baca juga:
Biaya Kuliah S1 di Australia Terbaru

Terima Tawaran

Setelah universitas atau sekolah menerima aplikasi, pihak universitas Australia akan menilainya dan akan memberi tahu kamu tentang hasilnya. Diperlukan waktu beberapa minggu (atau lebih lama untuk program pascasarjana) agar aplikasi kamu dapat diproses.

Jika aplikasi berhasil, kamu akan menerima surat penawaran dan formulir penerimaan.

Lakukan Pengajuan Visa Pelajar

Jika kamu sudah yakin untuk menerima tawaran dari universitas, maka saatnya untuk mengajukan visa pelajar. Tim ICAN bisa membantu proses pengajuan visa dan memberikan beberapa informasi untuk membantu kamu mendapatkan visa pelajar yang dibutuhkan.

Pada saat membuat visa pelajar tentu terdapat persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat ini meliputi pas foto, paspor, surat pendaftaran kampus hingga bukti kesehatan jasmani. Setelah memenuhi syarat ini maka permohonan visa dapat diajukan dengan mudah. Demikian kamu dapat memenuhi seluruh persyaratan kuliah di Australia.

Baca Juga:  
Alasan Kuliah di Australia

Persiapan untuk Kuliah di Australia

Keputusan akhir atas aplikasi visa biasanya memakan waktu sekitar satu atau dua minggu setelah aplikasi  selesai. Kamu juag dapat melihat status aplikasi visa secara online. Kamu akan mendapatkan email pemberitahuan dari otoritas Australia setelah keputusan visa dibuat.

Jangan lupa untuk selalu mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu, ya. Sebab kamu harus membuktikan bahwa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik agar bisa mengikuti apa yang dikatakan dosen selama kuliah di Australia. Tes bahasa memiliki dua jenis yaitu TOEFL dan IELTS dengan skor nilai minimum berbeda. Kedua tes ini memiliki tipe soal yang menguji kemampuan bahasa Inggris secara aktif dan pasif. Maka dari itu perlunya persiapan yang matang untuk mengikuti tes tersebut. Adapun skor nilai minimum tes sebagai persyaratan ditentukan oleh setiap kampus.

Cobalah menonton hal-hal seperti berita TV dan acara bincang-bincang, membaca buku, atau mendengarkan podcast yang bahasa Inggrisnya lebih formal.

Setelah mendapatkan persetujuan visa, kamu dapat merencanakan untuk mendarat di Australia 90 hari sebelum dimulainya kursus. Tanggal ini akan diberitahukan di CoE. Kamu dapat tinggal di Australia 30 hari setelah kursus berakhir atau 60 hari jika durasi kursus  selama 10 bulan. Semua detail ini akan disertakan dalam visa, jadi harus selalu diperhatikan, ya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan