Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

7 Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Beasiswa / 7 Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Korea Selatan identik dengan ikon K-pop dan produk K-beauty. Tetapi, tidak banyak orang yang memahami jika Korea Selatan adalah destinasi pendidikan yang luar biasa. Akan sangat berguna jika kamu mencari informasi daftar beasiswa kuliah di Korea untuk biaya pendidikan lebih murah.

Korea Selatan merupakan rumah bagi institusi-institusi unggul. 7 Diantaranya masuk dalam daftar 200 universitas terbaik di dunia. Meskipun merupakan negara yang stabil secara finansial, biaya hidup di negara tersebut tergolong lebih murah dibandingkan negara-negara lainnya. Kuliner dan budaya Korea Selatan juga terus menarik pendaftar dari seluruh dunia.

Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Siswa internasional berhak mengajukan beasiswa kuliah di Korea yang disediakan oleh institusi dan pemerintah. Karena perguruan tinggi di Korea menginginkan lebih banyak keragaman pelajar asing, banyak pelamar internasional menerima beasiswa dan bantuan keuangan ketika belajar di  Korea Selatan.

Untuk menerima beasiswa yang didanai penuh selama di Korea, pilihan terbaiknya adalah mengajukan Global Korea Scholarship dari pemerintah Korea. Diberikan hanya kepada pelamar terbaik, Beasiswa GKS mencakup biaya sekolah, tiket pesawat, tunjangan pemukiman, asuransi kesehatan, tunjangan kursus bahasa Korea, dan banyak lagi! Berikut adalah beberapa daftar beasiswa yang tersedia agar kamu bisa kuliah di Korea:

1. Global Korea Scholarship

Beasiswa ini diberikan sebagai bantuan biaya kuliah penuh untuk semua program akademik. Mahasiswa yang berhak menerima GKS adalah mahasiswa jenjang Gelar Sarjana, Magister, Doktoral di Institusi Korea pilihan.

Program GKS adalah program beasiswa terbaik di Korea untuk pelajar internasional. Pemerintah Korea menyediakan program tersebut sebagai cara mempromosikan pertukaran pendidikan internasional dan persahabatan dengan negara lain. Melalui program ini, 220 mahasiswa sarjana dan 1.080 mahasiswa pascasarjana mempunyai kesempatan untuk belajar secara gratis di institusi-institusi ternama di Korea.

Beasiswa GKS juga mencakup tunjangan pemukiman kembali, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, dan biaya kursus bahasa. Mahasiswa yang menunjukkan kemahiran Bahasa Korea yang sangat baik akan diberikan hadiah tambahan sebesar KRW 100.000.

Mahasiswa pascasarjana juga berhak memperoleh dukungan penelitian, biaya pencetakan disertasi, dan hibah sebesar KRW 100.000 (USD $80).

Untuk memenuhi syarat, pelamar harus berusia di bawah 25 tahun (sarjana) atau 40 tahun (sarjana). Syarat lainnya adalah IPK minimal 80% dari institusi sebelumnya.

Baca juga:
Proses Pendaftaran Kuliah Di Korea Selatan

2. Seoul National University (SNU) President Fellowship

Didirikan pada tahun 1946, Seoul National University dianggap sebagai institusi paling bergengsi di Korea. Universitas tersebut menawarkan program SNU President Fellowship, salah satu beasiswa terbaik di Korea untuk pelajar internasional.

Penerima beasiswa adalah mahasiswa Ph.D. yang menjadi anggota fakultas di universitas-universitas di Asia, Amerika Selatan, dan Afrika. Preferensi diberikan kepada pelamar yang menunjukkan prestasi mengesankan di bidang kesehatan masyarakat, pertanian, kedokteran, teknik, studi perkembangan, dan studi Korea.

Penerima akan mendapatkan beasiswa penuh selama 6 bulan, ditambah biaya hidup bulanan sebesar KRW 1,500,000 (USD $1,220), asuransi kesehatan kelompok, hingga tiket pesawat pulang pergi. SNU juga menanggung biaya program bahasa, asalkan program tersebut hanya diambil pada malam musim gugur & musim semi.

Penerima beasiswa harus mempertahankan IPK minimal 3,0. Sehingga, dapat terus menerima manfaat beasiswa selama 3 tahun.

3. Underwood International College (UIC) Admissions Scholarship – Yonsei University

Yonsei University adalah salah satu institusi terbaik di Korea Selatan. Universitas tersebut baru saja membuka perguruan tinggi seni liberal berbahasa Inggris bernama UIC. Sekolah seni ini sekaligus menjadi yang pertama di Korea. Terdapat lebih dari 2.500 mahasiswa dari 66 negara sudah bergabung di kelas tersebut.

Penerima beasiswa UIC dipilih berdasarkan kredensial akademis. Setelah dipilih, pemberitahuan beasiswa akan dikirim bersama dengan paket penerimaan. Seperti beasiswa lainnya, mahasiswa harus mempertahankan IPK tertentu untuk memperbarui kelayakan sebagai penerima beasiswa di tahun ajaran berikutnya.

4. Korea University Scholarships

Sebagai institusi swasta, Korea University memiliki biaya kuliah yang paling mahal di negaranya. Berkat program beasiswa Korea yang luar biasa ini, banyak pelajar asing berhasil menyelesaikan studi sarjana di institusi tersebut secara gratis.

Sejumlah mahasiswa baru tertentu, misalnya, dapat memperoleh Entrance Scholarships atau Beasiswa Masuk. Tidak diperlukan pendaftaran terpisah karena penerima beasiswa dipilih berdasarkan kemampuannya.

Mahasiswa aktif di Korea University jugaberkesempatan mendapatkan beasiswa Academic Excellence atau Academic Improvement Scholarships.

Seperti beasiswa prestasi pada umumnya, mahasiswa terpilih harus mempertahankan IPK tertentu. Fungsinya untuk memperbarui hibah yang diperoleh di tahun berikutnya.

5. Ewha Global Partnership Program

Ewha Women’s University adalah universitas swasta di Seoul, Korea Selatan. Biaya semester untuk studi sarjana mulai sekitar $3,000 sedangkan biaya pascasarjana sekitar $5,000.

Penerima beasiswa EGPP mendapatkan keuntungan seluruh biaya studi sarjana atau pascasarjana ditanggung. Penerima beasiswa juga berhak menikmati penginapan asrama gratis dan tunjangan hidup. Namun asuransi tidak termasuk dalam hibah tersebut.

EGPP diberikan kepada pelamar perempuan dari negara berkembang. Penerima penghargaan dipilih berdasarkan kapasitas akademis dan potensi kepemimpinannya. Kualifikasi penerima mahasiswa bergantung pada penyaringan dan kebijakan setiap tahun.

6. Samsung Global Hope Scholarship Program

Program Beasiswa Samsung Global Hope terbuka untuk pelamar yang berasal dari daftar penerima OCD DAC. Daftar penerima tersebut adalah negara-negara yang terdaftar sebagai negara kurang berkembang, berpendapatan rendah, berpendapatan menengah ke bawah, dan berpendapatan menengah atas.

Para sarjana dipilih berdasarkan kecerdasan akademis, kemahiran bahasa (Korea & Inggris), dan kebutuhan finansial. Selain itu, beasiswa diberikan kepada siswa yang paling mungkin untuk kembali ke negaranya dan menciptakan perkembangan. Aplikasi harus dikirim ke universitas pilihan mahasiswa.

7. UNIST Scholarship

Ulsan National Institute of Science and Technology dikhususkan untuk mahasiswa yang tertarik di bidang penelitian, sains, dan teknologi. Universitas ini didirikan pada tahun 2007 di Ulsan, sebuah kota industri besar yang terkenal dengan perusahaan globalnya yang sangat sukses.

Mahasiswa penerima beasiswa ini dibiayai oleh UNIST, pemerintah Korea, atau pihak lain, seperti industri usaha. Mahasiswa dapat mengajukan permohonan beasiswa jika terdaftar pada program magister selama empat semester, program doktor selama delapan semester, atau program magister-doktoral selama dua belas semester.

Baca juga:
Universitas Fashion Design Di Korea Selatan
Cara Kuliah Sambil Kerja Di Korea Selatan

Daftar Kuliah di Korea

Gunakan kesempatan beasiswa kuliah di Korea Selatan sebagai pilihan yang tepat untuk menempuh pendidikan tinggi. Korea memiliki sistem pendidikan yang sangat baik dengan beasiswa dari universitas dan pemerintah.

Permudah pendaftaran dengan mencari informasi aplikasi ke berbagai universitas terkemuka di Korea dengan ICAN Education. Konselor kami akan membimbing agar kamu bisa segera berangkat ke Korea dengan pilihan jurusan yang tepat!

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan