seputar perkuliahan di jepang

Seputar Perkuliahan di Jepang

Beranda / Perkuliahan / Seputar Perkuliahan di Jepang

Kuliah di Jepang mungkin menjadi salah satu impian dari banyak pelajar internasional untuk melanjutkan studi. Perkuliahan di Jepang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Beberapa universitas di negara tersebut memiliki kualitas pendidikan yang sudah diakui dunia dan menyediakan berbagai macam jurusan populer.

Masing-masing Universitas juga memiliki keunggulan yang berbeda-beda, sehingga setiap pelajar bisa menyesuaikan dengan masing-masing minatnya. Namun bagi siswa internasional yang tertarik untuk mewujudkan kuliah di negara Sakura, ada berbagai macam persiapan dan informasi penting yang harus diketahui sebelum melakukan proses pendaftaran.

Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Jepang

Sebelum melakukan perkuliahan di Jepang, ada berbagai macam hal yang harus disiapkan terlebih dahulu oleh siswa internasional. Mungkin kamu sudah memiliki incaran Universitas di Jepang untuk melanjutkan pendidikan. Saatnya kamu memperhatikan beberapa poin penting dalam proses pembelajaran di Jepang, seperti berikut;

Menguasai Bahasa Jepang

Persiapan pertama yang harus dimiliki oleh pelajar internasional adalah mampu menguasai bahasa Jepang. Wajib bagi siswa internasional untuk mengambil kursus bahasa Jepang terlebih dahulu selama 6 bulan di institusi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kehakiman Jepang. 

Mayoritas perkuliahan di negara tersebut menggunakan bahasa Jepang. Bagi beberapa pelajar internasional yang sudah lahir dalam berbahasa Jepang kursus tersebut tetap harus diikuti namun bisa ditempuh dengan waktu yang lebih singkat.

Setidaknya belajar internasional harus berada di level JLPT N4 sebelum akhirnya berangkat ke Jepang dan mampu berkomunikasi secara basic dengan orang lokal. 

Baca juga:
Berbagai Tingkat Pendidikan Di Jepang

Memiliki Sertifikat Bahasa Inggris

Persiapan lain kamu harus memiliki sertifikat bahasa Inggris. Jika kampus tujuan ternyata menyediakan proses pembelajaran dengan program kuliah bahasa Inggris, maka kamu bisa mengikuti asal memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris. 

Biasanya sertifikat kemampuan bahasa Inggris ini termasuk dalam satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pelajar internasional. Untuk mengetahui standar skor yang dibutuhkan dalam sertifikat bahasa Inggris tersebut, cari informasi lebih jelas di website resmi kampus tujuan kamu.

Selesaikan Ujian Masuk Universitas

Pelajar internasional juga harus menyelesaikan ujian masuk universitas dan memastikan diri agar lolos. Tes untuk masuk di beberapa perguruan tinggi Jepang ini disebut dengan Examination for Japanese University.

Tes tersebut akan menilai kemampuan berbahasa Jepang dan kemampuan akademik dari calon mahasiswa asing. Biasanya ujian akan dilakukan secara serentak di Jepang maupun di luar negeri dan dilakukan selama dua kali dalam satu tahun. Persiapkan diri kamu untuk menghadapi tes tersebut dan pastikan lolos agar bisa kuliah di kampus tujuan.

Masih banyak persiapan yang harus dilakukan oleh siswa internasional jika tertarik untuk kuliah di Jepang, salah satunya adalah selalu memperhatikan jadwal pendaftaran kampus. Jangan sampai pendaftaran terlewat dan semua persyaratan yang dibutuhkan belum siap. 

Untuk membantu mempersiapkan berbagai macam kebutuhan kuliah di Jepang kamu bisa meminta bantuan agen pendidikan luar negeri profesional yaitu ICAN Education Consultant. Agen pendidikan tersebut akan membantu kamu mengetahui kebutuhan serta persyaratan jauh-jauh hari sebelum pendaftaran dibuka.

Baca Juga :
Tips Hemat Kuliah Di Jepang Dengan Biaya Sendiri

Mengenal Tingkatan Perkuliahan di Jepang

Setelah memahami berbagai macam persyaratan yang dibutuhkan oleh siswa internasional untuk kuliah di Jepang, kamu juga harus memahami beberapa tingkatan perkuliahan di Jepang. Jadi Jepang memberikan lembaga pendidikan yang bisa digunakan oleh siswa internasional setelah lulus SMA dan dikelompokkan menjadi 4 bagian, seperti berikut;

  • Sekolah Bahasa Jepang – Nihongo Gakko/Gakka
  • Sekolah Diploma – Tanki Daigaku
  • Sekolah Tinggi Kejuruan – Senmon Gakko
  • Universitas – Daigaku.

Berikut ini penjelasan dari empat tingkatan pendidikan tersebut di Jepang;

Sekolah Bahasa Jepang

Sekolah bahasa Jepang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang dan digunakan memperlancar kegiatan akademik maupun kehidupan sehari-hari. Bagi setiap pelajar yang sudah menyelesaikan pendidikan SMA, maka bisa belajar bahasa Jepang selama 1 – 2 tahun setelah itu baru memilih ingin melanjutkan pendidikan di Diploma, Sekolah Tinggi kejuruan, atau Universitas. 

Durasi untuk belajar di Jepang ini lebih singkat jika dibandingkan di Indonesia. Tingkatan pendidikan ini seperti kursus bahasa Jepang yang digunakan untuk pendidikan lebih tinggi lainnya.

Sekolah Diploma

Sekolah Tinggi Diploma disebut dengan Tanki Daigaku. Jenjang pendidikan ini tidak jauh berbeda dari universitas dan memberikan penekanan pada pengetahuan serta pemahaman di bidang keilmuan tertentu. 

Ada berbagai lembaga yang menyediakan program Diploma dengan kurun waktu kuliah hanya 2 tahun saja di Jepang.

Sekolah Tinggi Kejuruan

Berbeda dengan Sekolah Tinggi kejuruan di Jepang jenjang pendidikan ini merupakan tempat untuk belajar keterampilan pada keahlian tertentu. Jadi para pelajar yang sudah menyelesaikan pendidikan ini bisa langsung bekerja sebagai profesional sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih.

Banyak pelajar dari Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di tingkat Sekolah Tinggi kejuruan Jepang untuk bisa menguasai bidang keahlian tertentu. Setelah kembali ke Indonesia bisa membuka usaha sendiri atau bekerja sesuai dengan bidang keahlian tersebut.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Sekolah Tinggi kejuruan, salah satunya adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Bidang keahlian yang ditawarkan juga cukup beragam mulai dari animasi, fotografi, otomotif, desain, musik, fashion, dan lain sebagainya.

Baca juga :
Universitas Di Jepang Jurusan Teknik Informatika

Universitas

Pendidikan universitas di Jepang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan universitas di Indonesia. Program pendidikan memiliki durasi waktu 4 tahun untuk program sarjana, 2 tahun untuk program Master, dan 3 tahun untuk menyelesaikan pendidikan doktor. 

Berapa universitas di Jepang juga menyediakan berbagai macam program studi yang tidak jauh berbeda dengan kampus-kampus di Indonesia. Namun kualitas pendidikan di negara ini sudah tidak perlu diragukan lagi sebab peringkat universitas di Jepang sudah diakui dunia.

Ada banyak hal yang harus diketahui tentang perkuliahan di Jepang. Sebagai salah satu negara yang unggul di Asia, banyak siswa internasional yang tertarik untuk kuliah di Jepang. Untuk kuliah di Jepang, semua persiapan harus matang dan pastikan sudah memiliki kampus tujuan terbaik.

Alasan Kuliah di Jepang

Ada banyak pilihan institusi pendidikan untuk belajar di Jepang. Negara ini memiliki banyak universitas, perguruan tinggi junior, sekolah pascasarjana, perguruan tinggi teknologi, perguruan tinggi pelatihan profesional, dan lembaga bahasa Jepang. Semua ini tersedia untuk dipilih oleh siswa internasional.

Meskipun pendidikannya berkualitas tinggi, biaya akademik di Jepang lebih murah dibandingkan negara lain yang terkenal dengan pendidikannya, yaitu Inggris dan Amerika Serikat. Pelajar internasional juga bisa mendapatkan beasiswa atau pembebasan biaya kuliah, sehingga belajar di Jepang secara gratis bisa dilakukan.

Selain biaya akademik, pelajar internasional juga harus siap dengan biaya hidup di Jepang. Perumahan dan makanan adalah dua faktor yang memakan biaya terbesar. Rata-rata, pelajar internasional menghabiskan sekitar US$703 untuk hidup dalam sebulan. Selain itu, biaya hidup di Tokyo rata-rata US$113 lebih mahal.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan