Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal sistem pendidikan di amerika

Mengenal Sistem Pendidikan di Amerika

Beranda / Perkuliahan / Mengenal Sistem Pendidikan di Amerika

Sistem pendidikan di Amerika terbilang unggul sejak zaman dahulu. Amerika terkenal sebagai negara berkualitas terutama dalam hal sistem pendidikan. Amerika menawarkan sistem pendidikan berbasis diskusi sehingga para siswanya giat membaca dan tidak hanya datang ke kelas hanya sekedar belajar.

Para siswanya dididik agar mampu memecahkan berbagai macam masalah dengan bantuan para guru. Pendidikan di Amerika juga berbasis STEAM, metode pembelajaran terapan dengan prioritas ilmu pengetahuan sehingga para siswanya dididik berpikir kritis, fokus terhadap solusi, serta analitis.

Macam-macam lembaga perguruan tinggi Amerika Serikat

Kamu bisa memperoleh gelar pendidikan tinggi Amerika Serikat mulai dari gelar associate, sarjana, dan pascasarjana. Untuk mempelajari sistem pendidikan di Amerika Serikat, maka kamu wajib tahu apa saja macam-macam lembaga perguruan tinggi di Negeri Paman Sam tersebut, yaitu:

1. Universitas perguruan tinggi

Perguruan tinggi negeri Amerika dikelola oleh negara bagian atau disebut dengan pemerintah lokal. Amerika Serikat mempunyai 50 negara bagian dengan total 1 Universitas Negeri serta beberapa College Negeri. Universitas di Amerika juga terkenal dengan reputasi dan kualitas akademiknya.

Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta dikelola oleh lembaga swasta. Perguruan tinggi swasta juga mempunyai biaya kuliah lebih mahal jika dibandingkan dengan kampus negeri. Universitas yang berhubungan dengan agama juga termasuk perguruan tinggi swasta serta membuka pintu bagi mahasiswa dengan keyakinan berbeda.

2. Community College

Program perguruan tinggi ini menawarkan perkuliahan selama 2 tahun. Sehingga para lulusannya akan memperoleh gelar Diploma yang dapat melakukan transfer kuliah atau sertifikasi. Gelar diploma tersedia dalam beberapa jenis yang membedakan adalah bisa transfer atau tidak.

Umumnya tersedia dua jalur gelar primer yaitu transfer akademik dan menyiapkan mahasiswa memperoleh pekerjaan langsung. Misalnya, universitas dengan gelar Diploma seni dan Diploma sains dapat melakukan transfer. Sedangkan program kuliah Diploma sains aplikasi atau sertifikat kelulusan tidak dapat melakukan transfer.

Transfer dapat dilakukan pada College dengan masa studi 4 tahun atau universitas supaya dapat memperoleh gelar. Karena transfer kredit yang telah diselesaikan selama berada di Community College, mahasiswa juga dapat menjalankan program sarjana untuk waktu 2 tahun atau lebih.

3. Institut Teknologi

Perguruan tinggi tersebut bergerak pada bidang sains dan teknologi dengan waktu perkuliahan minimal 4 tahun. Beberapa Institut Teknologi menawarkan program graduate sedangkan lainnya mungkin menawarkan mata kuliah pendek.

Salah satu keunggulan lembaga pendidikan tinggi Amerika Serikat adalah keberagaman. Sehingga ketika memilih Amerika Serikat kamu akan berteman dengan berbagai belajar dari ragam latar belakang Agama, usia, juga negara asal. Itulah mengapa sistem pendidikan di Amerika menguntungkan para pelajar internasional karena terdapat jaringan lintas budaya dalam lingkungan belajarnya.

Fakta Menarik Kuliah di Amerika

Dari hasil survei National Science Foundation tahun 2007, 80% lapangan pekerjaan dunia membutuhkan para karyawan yang mempunyai kemampuan STEAM tinggi dan sistem pendidikan ini sudah berjalan di Amerika

Ketika kuliah di Amerika, sebagian besar kelas tidak lebih dari 20 mahasiswa. Tenaga pendidiknya adalah profesor yang juga mempunyai waktu luang untuk mengenal lebih dekat para mahasiswanya. Bahkan tidak sedikit pula profesor yang yang rela menghabiskan waktu di luar kelas agar dapat memberikan dukungan lebih banyak kepada para mahasiswa.

Amerika Serikat juga mempunyai lembaga perguruan tinggi dengan kehidupan sosial aktif. Terdapat begitu banyak organisasi mahasiswa juga klub sebagai komunitas para mahasiswa bergabung dan bersosialisasi. Tujuannya adalah supaya terjalin interaksi sosial antara mahasiswa satu dengan lainnya terutama dengan minat sama sehingga dapat meningkatkan peluang karir.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan