seputar sistem pendidikan universitas di jepang

Seputar Sistem Pendidikan Universitas di Jepang

Beranda / Perkuliahan / Seputar Sistem Pendidikan Universitas di Jepang

Seputar sistem pendidikan universitas di Jepang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Sehingga, tidak heran banyak orang di seluruh dunia yang menjadikan negara Jepang sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Karena, selain sistem pendidikannya, negara ini juga memiliki banyak kampus berstandar internasional.

Informasi Seputar Sistem Pendidikan di Jepang

Layaknya di Indonesia, Jepang juga memiliki berbagai tingkat pendidikan mulai dari pendidikan usia dini hingga universitas. Namun, yang membedakannya dengan Indonesia yakni, sistem pendidikan yang diterapkannya. Berikut ini informasi seputar sistem pendidikan universitas di Jepang.

Pendidikan dini

Pertama, untuk tingkat pendidikan usia dini. Pada tahapan ini Jepang mengajarkan anak-anak seputar sopan santun bukan mengenai ilmu pengetahuan. Selain itu, di Jepang siswa tidak akan mengikuti ujian atau ulangan sampai kelas 4 SD. Karena, masyarakat Jepang percaya bahwa, sopan santun dan pendidikan karakter lebih penting dari pengetahuan.

Sistem tahun akademik

Kemudian, untuk tahun akademiknya, Jepang memulai dari bulan September atau Oktober. Jadwal tahun akademik tersebut dibagi jadi tiga yakni, 1 April – 20 Juli, 1 September – 26 Desember, dan 7 Januari – 25 Maret. Siswa akan mendapatkan libur selama 6 minggu di musim panas dan 2 minggu di musim dingin juga semi.

Kebersihan tanggung jawab bersama

Baik untuk sekolah usia dini hingga universitas di Jepang menerapkan bahwa, kebersihan merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya ruangan kelas melainkan juga toilet, dilakukan bersama-sama. Hal tersebut juga biasanya dilakukan agar siswa saling bersosialisasi.

Tingkat kehadiran tinggi

Seputar sistem pendidikan di Jepang juga sangat menekankan siswanya agar memiliki tingkat kehadiran yang tinggi di kelas. Hal tersebut juga turut didukung oleh kesadaran para siswa mengenai pentingnya pendidikan.

Tes untuk menentukan masa depan

Untuk bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas, siswa harus berlomba-lomba agar bisa lolos tes. Karena, universitas akan sangat berpengaruh pada perkembangan karir warga Jepang kedepannya.

Fasilitas yang memadai

Sekolah di jepang didukung oleh fasilitas memadai yang bisa digunakan untuk kepentingan akademik juga non-akademik. Misalnya, untuk kegiatan ekstrakurikuler, sekolah cenderung akan memfasilitasinya dengan sangat baik, sesuai dengan kebutuhan.

Persamaan derajat

Persamaan derajat sangat ditekan keras oleh masyarakat Jepang di ranah pendidikan. Ketika ada siswa yang memiliki nilai rendah, maka akan dibantu untuk bisa maju. Karena, orang Jepang percaya bahwa, mereka adalah saudara.

Kemandirian tinggi

Sedari kecil, siswa Jepang menunjang kemandirian tinggi. Bahkan, untuk siswa usia sekolah dini, tidak akan diantar oleh orangtuanya. Hal tersebut didukung oleh sistem keamanan yang sangat tinggi.

Baca Juga: Apa Saja Ujian Masuk Universitas di Jepang?

Daftar Kampus Terbaik di Jepang

Melihat sistem pendidikannya yang luar biasa tersebut, tidak mengherankan banyak universitas terbaik yang ada di Jepang. Berikut merupakan beberapa universitas terbaik yang bisa kamu pilih ketika hendak belajar di Jepang.

University of Tokyo

University of Tokyo berhasil menjadi universitas terbaik yang ada di Jepang saat ini. kampus ini memiliki program pembelajaran menggunakan bahasa inggris untuk jenjang S1 dan S2 yang bisa diikuti oleh siswa internasional. Kampus ini memiliki berbagai program beasiswa yang bisa diikuti oleh mahasiswa internasional.

Kyoto University

Di posisi ke-2 ada Kyoto University yang juga menyediakan program pembelajaran menggunakan bahasa inggris. selain itu, kampus ini juga menyediakan banyak beasiswa, dukungan karir, dan akomodasi yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa internasional.

Tokyo Institute of Technology

Berikutnya, ada Tokyo Institute of Technology atau Tokyo Tech yang merupakan universitas untuk program teknologi dan informasi. Sejauh ini tercatat ada lebih dari 1200 mahasiswa internasional yang belajar di kampus ini. kampus ini memiliki jenjang studi S1, S2, dan S3.

Itulah berbagai informasi seputar sistem pendidikan di Jepang yang penting diketahui. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang, bisa menghubungi konsultan pendidikan luar negeri, ICAN Education Consultant.

Karena, lewat lembaga tersebut kamu akan diberikan pendampingan langsung oleh tenaga ahli agar bisa lolos di universitas Jepang incaranmu.

Keunggulan Jepang untuk Kuliah

Jepang adalah salah satu negara teraman di dunia. Tingkat kejahatan di Jepang sangat rendah, dengan tingkat penggunaan narkoba yang minimal. Economist Intelligence Unit menempatkan Tokyo dan Osaka masing-masing sebagai kota teraman ke-1 dan ke-3 di dunia.

Menurut Times Higher Education, biaya kuliah rata-rata untuk siswa internasional di perguruan tinggi negeri di AS adalah $26,290 USD per tahun. Perguruan tinggi nirlaba swasta pada umumnya akan mengenakan biaya $35,830 USD per tahun. Sebagai perbandingan, biaya kuliah tahunan di universitas Jepang adalah sekitar setengah hingga seperempat biaya kuliah di universitas Amerika. Biaya kuliah akan bervariasi antar universitas, jadi pastikan untuk memeriksa tarif di universitas tertentu.

Dengan sistem transportasi yang efisien, fasilitas yang terpelihara dengan baik, dan kepatuhan yang ketat terhadap peraturan dan perundang-undangan, siswa dapat fokus pada studi mereka tanpa mengkhawatirkan praktik kehidupan sehari-hari. Aspek budaya Jepang ini juga dapat memberikan pelajaran berharga kepada siswa dalam disiplin dan tanggung jawab.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan