Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Pahami Syarat Masuk Jurusan Fashion Design 

Pahami Syarat Masuk Jurusan Fashion Design 

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Pahami Syarat Masuk Jurusan Fashion Design 

Mengetahui apa saja syarat masuk jurusan fashion design akan  membantu kamu mempersiapkan diri dengan baik. Apabila kamu salah satu orang yang tertarik dengan industri fashion dunia, mengambil program studi fashion design bisa membantu kamu memahami berbagai macam perkembangan yang ada didalamnya.

Jurusan fashion pesanan tentang suatu program studi yang saat ini adalah banyak diminati oleh generasi muda. Hal ini dikarenakan kesempatan dalam industri fashion semakin banyak. Untuk bisa mendapatkan jurusan terbaik kamu  dapat bergabung dengan universitas  terkemuka dunia dengan varietas pendidikan terjamin.

Mengenal Jurusan Fashion Design

Saat ini masih banyak pelajar yang menganggap bahwa jurusan fashion desain hanya meningkatkan kemampuan dalam menjahit saja. Namun sebenarnya ketika kamu sudah yakin memilih jurusan fashion design, maka memiliki kesempatan untuk belajar bagaimana cara membuat pakaian dari awal hingga akhir. 

Misalnya saja mulai dari pemilihan bahan, proses pembuatan sketsa, hingga nantinya bisa membuat pakaian sendiri. Program studi yang satu ini sangat kuat dan kamu tidak hanya terlibat dalam proses pembuatan pakaian saja.

Ada juga kesempatan untuk bisa merancang aksesori,  seperti membuat perhiasan, tas, topi, dan lain sebagainya. Apalagi di industri fashion yang sudah berkembang dengan cepat, sehingga kamu harus selalu meningkatkan keterampilan dalam program studi yang satu ini.

Syarat Masuk Jurusan Fashion Design

Untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa di jurusan fashion design, tentu ada beberapa persyaratan umum yang wajib kamu miliki. Berikut ini beberapa persyaratan yang bisa membantu kamu diterima di jurusan fashion design kampus favori.

Tidak Pernah Bosan Mengasah Keterampilan

Sebagai calon mahasiswa jurusan fashion design, sangat penting bagi kamu untuk memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan bidang studi tersebut. Jadi salah satu cara untuk bisa mengembangkan keterampilan dapat melalui pengalaman secara langsung di industri mode.

Untuk bisa mempertajam kemampuan yang diperlukan dalam mentransformasikan ide-ide kreatif kamu agar menjadi sebuah produk tentu dibutuhkan ketekunan dan semangat untuk berlatih di luar lingkungan akademis. Jadi pengalaman secara langsung dapat diperoleh melalui program magang dengan perusahaan desain, stylish pribadi di industri fashion, atau bahkan menjadi produsen pakaian.

Memiliki Ketertarikan dalam Fashion Design

Syarat masuk jurusan fashion design selanjutnya tentu saja harus memiliki ketertarikan dalam fashion design. Jadi kamu harus menunjukkan ketertarikan pada studi tersebut karena dapat menunjukkan bahwa  kamu benar-benar peduli dan antusias terhadap apa yang akan dipelajari.

Memiliki ketertarikan dan minat terhadap fashion desain merupakan hal penting, Sebab di dalamnya ada  kebutuhan akan pemahaman dalam bidang bisnis yang diperlukan agar perusahaan bisa berjalan dengan baik. 

Jadi dalam mempelajari fashion design, kamu tidak hanya fokus terhadap aspek kreatif saja tetapi juga memahami apa yang akan terjadi di balik layar, misalnya adanya manajemen keuangan, bagaimana strategi penjualan dilakukan,  dan lain sebagainya. 

Buat Portofolio dari Awal

Salah satu syarat yang wajib disiapkan oleh calon pelamar di jurusan fashion design adalah portofolio. Jika kamu memiliki portofolio, maka jauh lebih baik sebab hal tersebut dibutuhkan agar perancang busana bisa memamerkan bakat mereka kepada calon klien. Mereka juga perlu membuat portofolio bisa menunjukkan keterampilan dan kepekaan  terhadap kreativitas.

Portofolio menjadi salah satu syarat penerimaan jurusan fashion design biasanya bisa terdiri dari sketch  secara kasar atau moodboard. Portofolio tersebut tentu bisa Kamu buat sendiri untuk memamerkan berbagai macam keterampilan, termasuk kemampuan membuat sketsa, menjahit, dan membuat pola.

Selalu Ikuti Trend

Nah syarat selanjutnya yang harus kamu miliki adalah selalu mengikuti trend fashion terkini ya. Jadi industri fashion selalu berkembang dari musim ke musim, sehingga sangat penting bagi calon Desainer Fashion untuk bisa mengikuti trend tersebut. Kamu dapat melakukan hal ini dengan banyak membaca jurnal penelitian dan majalah mode secara teratur.

Kenapa Harus Mengambil Jurusan Fashion Design?

Setelah mengetahui berbagai macam syarat masuk jurusan fashion design, Apakah kamu masih ragu untuk mengambil jurusan yang satu ini? Kamu mungkin bertanya apakah jurusan ini tepat bagi kamu. Tapi jangan khawatir sebab ada banyak alasan kenapa jurusan desain adalah pilihan yang sempurna.

Jadi ketika belajar fashion desain di perguruan tinggi, kamu akan memahami dan mempelajari tentang pasar komersial, pasar mewah, pasar sedang, pasar yang berkembang, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memilih spesialis yang jauh lebih kecil dalam bidang tekstil, inovasi berkelanjutan, ataupun manajemen merk. 

Sebagai mahasiswa tentu kamu bisa menciptakan karya desain yang memperhatikan etika tetapi dapat menggunakan strategi untuk bisa mendorong peran global dan bersaing di pasar. Setelah lulus kamu juga memiliki pengetahuan komprehensif terhadap bidang fashion desain, sehingga bisa mempersiapkan kamu untuk menghadapi berbagai macam konteks industri yang ada dan melanjutkan studi lebih lanjut.

Penutup

Syarat masuk jurusan fashion design  sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan perguruan tinggi tujuan. Tapi secara umum, beberapa syarat yang wajib kamu miliki adalah daya kreativitas tinggi, memiliki ketertarikan dalam dunia fashion design, dan lain sebagainya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan