Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
syarat pertukaran pelajar sma ke amerika

Syarat Pertukaran Pelajar SMA ke Amerika

Beranda / Bacaan Umum / Syarat Pertukaran Pelajar SMA ke Amerika

Syarat pertukaran pelajar SMA ke Amerika atau Student Exchange Program adalah hal utama yang harus kamu penuhi jika ingin menikmati pengalaman pendidikan di Negeri Paman Sam. Program tersebut tidak akan mengganggu konsentrasi sekolah, justru memberikan keuntungan baik secara personal maupun akademik.

Ketika kamu berhasil terpilih sebagai salah satu pelajar yang bisa ikut pertukaran pelajar ke Amerika saat di bangku SMA, kamu akan memperoleh pengalaman pendidikan di luar negeri. Bahkan, kamu bisa belajar bahasa dan budaya secara langsung.

3 Daftar Program Pertukaran Pelajar SMA Ke Amerika

Beruntungnya, kamu bisa mengikuti program pertukaran pelajar dari pemerintah Amerika. Berikut adalah pilihan bagi para mahasiswa SMA yang ingin mengikuti program pertukaran pelajar di negara tersebut:

1. KL-YES

Merupakan singkatan dari Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study Program. Program tersebut sudah ada sejak tahun 2002 dengan menyediakan Beasiswa bagi para pelajar usia 15-17 tahun.

Syarat pertukaran pelajar SMA ke Amerika ini juga hanya tersedia bagi para pelajar yang berasal dari negara dengan populasi muslim besar di dunia salah satunya adalah Indonesia. Bagi para pelajar asal Indonesia yang terpilih juga akan menikmati pengalaman belajar 1 tahun di Amerika Serikat.

Kamu akan tinggal bersama host family satu keluarga Amerika, ikut sekolah pada SMA di Amerika, ikut berbagai kegiatan dan mempelajari tentang Amerika lebih jauh. Kamu juga mengikuti kegiatan leadership dengan mengajarkan para pemuda Amerika tentang budaya Indonesia.

2. IYLP

The Indonesian Youth Leadership Program, singkatan dari IYLP, adalah program bantuan nasional bagi 20-30 mahasiswa Indonesia per tahun. Dalam kesempatan tersebut, kamu akan belajar selama 1 bulan di Amerika Serikat untuk memperkenalkan budaya Indonesia serta belajar leadership maupun Pendidikan Kewarganegaraan.

Syarat mendaftar program pertukaran pelajar ini adalah merupakan pelajar dari berbagai latar belakang suku maupun agama dan ekonomi. Program ini dikelola oleh Center For Civic Education Indonesia dengan total 300 orang Indonesia turut aktif dalam program tersebut.

3. IIEF

Indonesian International Education Foundation berasal dari Indonesia dan merupakan program di mana kamu punya kesempatan daftar kursus bahasa Inggris pada berbagai universitas di Amerika Serikat. Syaratnya adalah mengikuti masa studi selama 8 minggu.

Tujuan program tersebut adalah agar dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris terutama untuk English for Academic purposes. Sebagai peserta, kamu juga berpeluang belajar bersama para pelajar asal Amerika termasuk belajar budayanya.

Kamu juga akan bergabung dalam sebuah program yang disebut Immersion Program sehingga bercampur dengan para peserta lain dari berbagai negara lainnya. Selain belajar bahasa Inggris kamu juga bergabung agar mempelajari program-program budaya.

Baca juga:
Pilihan Program Pertukaran Mahasiswa ke Amerika

Apa Saja Syarat Studi Di Amerika?

Ketika kamu ingin mendaftar ke sekolah maupun kampus Amerika Serikat untuk program pertukaran pelajar atau menjadi mahasiswa reguler, maka membutuhkan perencanaan yang matang. Konsultasi kuliah luar negeri bisa kamu lakukan terlebih dahulu dengan para konselor ICAN Education Consultant untuk mendapatkan informasi lengkap seputar perkuliahan di Amerika atau luar negeri.

Bukan hal berlebihan apabila seorang pelajar asal Indonesia Justru lebih memilih menggunakan agen perkuliahan luar negeri untuk memastikan bisa masuk ke sekolah ataupun Universitas pilihan di Amerika Serikat. Apalagi, Masing-masing sekolah pasti punya syarat berbeda.

Syarat pertukaran pelajar SMA ke Amerika bisa saja berbeda antara satu program dengan program lainnya, tergantung lembaga penyedianya. Jadi ketika kamu melihat adanya peluang program pertukaran pelajar seperti pilihan di atas, pelajari terlebih dahulu apa syarat yang diajukan.

Hal penting berikutnya yaitu Visa, dengan menggunakan visa pelajar yang harus kamu ajukan terlebih dahulu kepada Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Indonesia. Atau, kamu bisa mengajukannya pada kedutaan besar Amerika Serikat di Indonesia. Permohonan tersebut bisa kamu peroleh apabila mampu membuktikan telah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa pada sebuah lembaga pendidikan Amerika. Sekarang, kamu sudah tahu apa saja syarat pertukaran pelajar SMA ke Amerika.

Selain syarat-syarat khusus yang diajukan oleh program yang kamu pilih kamu juga harus memenuhi syarat yang diajukan oleh pemerintah Amerika Serikat terhadap seluruh mahasiswa internasional yang ingin menempuh studi di Amerika. Contohnya, pilih jenis visa yang tepat sesuai program studi yang kamu ambil.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan