Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Times Higher Education World University Rankings 2024

Times Higher Education World University Rankings 2024

Beranda / Bacaan Umum / Times Higher Education World University Rankings 2024

Universitas Oxford menduduki peringkat pertama pada Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2024. Pencapaian Universitas Oxford di tahun 2024 ini menandakan kemampuan yang dipertahankan selama delapan tahun berturut-turut. Sedangkan 10 universitas teratas lainnya diisi oleh institusi Anglo-Amerika.

China semakin mendekati posisi 10 besar dan saat ini memiliki dua institusi yang masuk dalam 15 besar untuk pertama kalinya. Tsinghua dan Peking adalah dua universitas yang sama-sama menyalip University of Pennsylvania, Universitas Johns Hopkins, dan Universitas Columbia, menempati peringkat ke-12 dan ke-14 dalam pemeringkatan edisi ke-20 tahun ini.

Universitas lainnya adalah University of Tokyo di Jepang yang berhasil unggul atas University of Edinburgh, King’s College London, dan London School of Economics and Political Science. University of Tokyo berhasil naik 10 peringkat ke peringkat 29.

Daftar 10 Top Universitas Versi THE WUR 2024

Berikut adalah daftar 10 universitas yang berhasil masuk dalam peringkat Times Higher Education World University Rankings tahun 2024:

1. University of Oxford, UK

University of Oxford adalah perguruan tinggi tertua di dunia yang berbahasa Inggris. Universitas ini juga menjadi penyedia pendidikan tertua kedua yang masih ada.  Pengajaran di universitas tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1096.

Sebagai universitas modern yang didukung penelitian, Oxford unggul di bidang sains. Salah satu pencapaian terbaru adalah ranking satu di bidang kedokteran. Pencapaian lainnya adalah menjadi top 10 universitas terbaik secara global untuk ilmu hayati, ilmu fisika, ilmu sosial, serta seni dan humaniora.

2. Stanford University, US

Memiliki salah satu kampus terbesar di AS, Stanford University merupakan salah satu universitas paling bergengsi di dunia. Lembaga pendidikan ini berdiri pada tahun 1885. Stanford University akhirnya dibuka enam tahun setelah pembangunannya sebagai lembaga swasta pendidikan bersama dan non-denominasi.

Universitas ini terkenal dengan semangat kewirausahaannya dan menghasilkan industri mandiri yang kemudian menjadi Silicon Valley. Pada tahun 1970, Stanford University memiliki akselerator linier dan menjadi tuan rumah bagi sebagian jaringan awal yang kemudian menjadi landasan teknis internet.

3. Massachusetts Institute of Technology, US

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah universitas swasta berbasis riset yang independen di Cambridge. Didirikan pada tahun 1861, tujuan pembangunannya adalah memperluas ilmu pengetahuan dan mempersiapkan pelajar di bidang sains, teknologi, dan bidang studi lainnya.

Universitas tersebut mengklaim sebagai lembaga perguruan tinggi dengan 85 Pemenang Nobel, 58 pemenang Medali Sains Nasional, 29 pemenang Medali Teknologi dan Inovasi Nasional, dan 45 Penerima MacArthur Fellows. Hasil riset dan kemajuan teknologi dari MIT termasuk pengembangan radar, dan penemuan memori inti magnetik untuk pengembangan komputer digital.

4. Harvard University, US

Berdiri sejak tahun 1636, Harvard University adalah lembaga pendidikan tertua di AS. Harvard University juga dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia.

Lembaga swasta Ivy League ini memiliki koneksi dengan lebih dari 45 peraih Nobel, lebih dari 30 kepala negara, dan 48 pemenang hadiah Pulitzer. Saat ini, sudah ada lebih dari 323.000 alumni Harvard University, termasuk lebih dari 271.000 di AS dan hampir 52.000 di 201 negara lainnya.

5. University of Cambridge, UK

Didirikan pada tahun 1209, Universitas Cambridge adalah lembaga penelitian publik yang sudah berusia hingga 800 tahun. Usia tersebut menjadikannya sebagai universitas tertua keempat yang masih bertahan di dunia. Di Inggris, University of Cambridge menjadi universitas tertua kedua.

Cambridge melayani lebih dari 18.000 siswa dari seluruh penjuru dunia. Hampir 4.000 mahasiswanya adalah mahasiswa internasional dan berasal dari lebih dari 120 negara berbeda. Selain itu, Sekolah Musim Panas Internasional University of Cambridge menawarkan 150 kursus bagi mahasiswa dari lebih dari 50 negara.

6. Princeton University, US

Princeton University adalah salah satu lembaga pendidikan tertua di Amerika Serikat. Universitas ini adalah salah satu lembaga paling terkemuka di dunia yang berdiri sejak tahun 1746 sebagai College of New Jersey. Nama tersebut akhirnya resmi menjadi Princeton University pada tahun 1896.

Institusi Ivy League ini menawarkan akomodasi tempat tinggal bagi semua mahasiswa sarjananya selama empat tahun masa studi. 98 persen mahasiswa sarjana tinggal di akomodasi kampus. Princeton University juga salah satu universitas riset terkemuka di dunia yang memiliki koneksi dengan lebih dari 40 peraih Nobel, 17 pemenang National Medal of Science, dan lima penerima National Humanities Medal.

7. California Institute of Technology, US

California Institute of Technology (Caltech) adalah lembaga riset dan pendidikan sains dan teknik terkenal di dunia. Caltech memiliki enam divisi akademik yang unggul pada pengajaran dan penelitian sains dan teknologi. Universitas ini memiliki proses penerimaan kompetitif yang memastikan hanya sedikit mahasiswa paling berbakat yang diterima.

Universitas tersebut memiliki hasil penelitian tinggi dan banyak fasilitas berkualitas tinggi, baik di kampus maupun secara global. Beberapa diantaranya adalah Laboratorium Propulsi Jet, Laboratorium Seismologi Caltech dan Jaringan Observatorium Internasional.

Baca juga : CALTECH Menjadi Kampus Terbaik Versi Times Higher Education

8. Imperial College London, UK

Imperial College London adalah sebuah lembaga pendidikan berbasis sains. ICL adalah salah satu institusi terkemuka di Inggris. Perguruan tinggi ini memiliki sekitar 15.000 mahasiswa dan 8.000 staf, dengan fokus empat bidang utama: sains, teknik, kedokteran, dan bisnis.

Imperial mendapatkan penghargaan pada tahun 1907, setelah menggabungkan Royal College of Science, Royal School of Mines dan City & Guilds College. Lembaga ini memiliki 14 pemenang Hadiah Nobel, termasuk Sir Alexander Fleming, penemu penisilin.

Alumni Imperial College London termasuk H.G. Wells (Penulis Fiksi Ilmiah), Queen Brian May (Gitaris), dan Rajiv Gandhi (Mantan Perdana Menteri India).

9. University of California, Berkeley, US

University of California, Berkeley, sebuah universitas riset publik, adalah salah satu universitas negeri paling bergengsi di AS. Perguruan tinggi ini adalah bagian dari University of California System, didirikan pada tahun 1868.

Universitas ini berlokasi di Bay Area San Francisco. Kapasitas kampus mampu menampung sekitar 27.000 mahasiswa sarjana dan 10.000 mahasiswa pascasarjana. Staf pengajar di Berkeley telah memenangkan 19 hadiah Nobel, sebagian besar di bidang fisika, kimia, dan ekonomi.

Alumni terkemuka University of California, Berkeley termasuk novelis dan jurnalis Jack London, aktor pemenang Oscar Gregory Peck, mantan perdana menteri dan presiden Pakistan Zulfikar Ali Bhutto, penulis Joan Didion dan pesepakbola Amerika Serikat yang berhasil memenangkan Piala Dunia Wanita, yaitu Alex Morgan.

10. Yale University, US

Universitas Yale adalah universitas riset swasta Ivy League yang merupakan institusi pendidikan tinggi tertua ketiga di AS. Pada tahun 1701 didirikan Collegiate School di Saybrook, Connecticut. Pada tahun 1718, namanya diubah menjadi Yale College dan menjadi universitas pertama di AS yang memberikan gelar PhD di tahun 1861.

Universitas ini terdiri dari 14 fakultas, dan mahasiswanya mengikuti kurikulum seni liberal, yang mencakup humaniora dan seni, sains, dan ilmu sosial sebelum memilih jurusan departemen. Siswa juga menerima pengajaran keterampilan menulis, penalaran kuantitatif dan bahasa asing.

Baca juga : Kings Education Info Session: Pathway To Top 100 University!

Kuliah di Universitas Terbaik Versi THE WUR 2024 Bersama ICAN

Di universitas terkemuka dunia, versi Times Higher Education World University Rankings 2024, kamu akan mendapatkan pendidikan yang kualitasnya lebih tinggi dibandingkan universitas lain. Profesor di sana biasanya berada di garis depan dalam bidang studi, memberi informasi terkini tentang perubahan dan penemuan terbaru sesuai pilihan jurusan.

Untuk mempermudah rencana belajar di kampus terbaik dunia, ICAN Education mempunyai konselor. Kami dapat mendampingi setiap pelajar untuk mengurus aplikasi dan kebutuhan studi.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan