mengenal tingkatan sekolah di inggris

Mengenal Tingkatan Sekolah di Inggris

Beranda / Sekolah / Mengenal Tingkatan Sekolah di Inggris

Jika kamu sudah mempunyai keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke Inggris, maka hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengenal seperti apa tingkatan sekolah di Inggris. Negara ini menjadi destinasi pendidikan populer mahasiswa internasional karena merupakan pusat kesenian, budaya dan sejarah.

Masyarakat lokalnya terkenal dari berbagai bangsa sehingga kamu bisa belajar budaya beragam sekaligus menikmati pendidikan berkualitas sesuai standar internasional. Hal ini wajib diperhatikan oleh pelajar internasional yang ingin belajar dalam waktu singkat untuk menghemat uang dan waktu karena sistem pembelajaran intensif, selesai lebih cepat.

Tingkatan Pendidikan di Inggris

Walaupun pembelajaran berjalan singkat dan lebih intensif, penguasaan materi dan sistem pengajarannya mampu mendorong para pelajar supaya berpikir kritis dan mandiri. Department for Education dan Department For Business Innovation And Skills adalah pihak paling bertanggung jawab tentang pelaksanaan pendidikan di Inggris.

Sistem pendidikan Inggris dibagi dalam empat bagian yaitu: primary education, secondary education further education, dan higher education, berikut adalah penjelasannya:

1. Primary and Secondary Education

Usia pendidikan dasar di Inggris yaitu Mulai umur 5 tahun hingga 11 tahun. Sedangkan untuk pendidikan menengah atau secondary education adalah dari usia 11 sampai 16 tahun. pada secondary education, siswa sudah disiapkan mengambil GCSE.

Di Inggris, adalah hal wajib bagi seluruh masyarakat untuk mengambil pendidikan dasar dan menengah sedangkan setelah usia 16 tahun adalah pilihan opsional untuk pendidikannya. Biasanya, belajar memilih belajar 10 mata pelajaran dari hasil kombinasi ujian tertulis dan tugas siswa.

2. Further Education

Jika pelajar telah menyelesaikan secondary education, maka bisa melakukan pendidikan tingkat lanjutan pendidikan A-level, International Baccalaureatte, serta Cambridge Pre-U. Pendidikan A-level ditempuh selama 2 tahun bagi siswa usia 16 tahun atau telah memperoleh GCSE.

Kemudian pelajar juga harus mengambil beberapa subjek A-level untuk syarat masuk kuliah ke Universitas. Masing-masing subjek dinilai sesuai tugas, dan ujian tertulis. Untuk program internasional baccalaureate, setara dengan GCE A-level, sering kali menjadi syarat populer agar bisa daftar kuliah di Inggris tingkatan sekolah di Inggris ini sekaligus  harus diikuti dengan ujian kualifikasi supaya bisa masuk sekolah swasta atau negeri.

Baca Juga :
Keunggulan Sistem Pendidikan Di Inggris Yang Perlu Kamu Tahu

3. Higher Education

Higher education untuk program sarjana profesional dilakukan penilaian dengan kombinasi partisipasi seminar, tugas disertasi, dan ujian tertulis. Jika program pendidikan sarjana telah selesai kamu berhak memperoleh gelar.

Masa kuliah di Inggris dalam program sarjana membutuhkan waktu 3 tahun terdapat pula sandwich program dimana kamu bisa mengikuti perkuliahan 2 tahun di Universitas. Sedangkan pada tahun ketiga dapat melakukan magang kerja di luar area kampus. Kemudian pada tahun keempat bisa kembali untuk menyelesaikan S1 di Universitas.

Untuk mendaftar program higher education maka para pelajarnya wajib daftar lewat Universities And College Admission System secara online.

Ada juga program pascasarjana profesional program S2 yang membutuhkan waktu 1 tahun sekaligus menjadi program kompetitif. Hal ini karena di negara lain membutuhkan waktu 2 tahun untuk menyelesaikan program pascasarjana. Sedangkan program doktoral di Inggris membutuhkan waktu studi 3 tahun.

Para mahasiswa jurusan program pascasarjana akan belajar meningkatkan kemampuan manajerial, kemampuan menganalisis kemampuan membuat keputusan, dan banyak pilihan program pascasarjana sesuai kebutuhan industri. Untuk bisa mengikuti program pascasarjana jurusan administrasi, mahasiswa wajib mempunyai pengalaman bekerja pada bidang manajerial minimal 3 tahun.

Itulah mengapa program pascasarjana jurusan administrasi di Inggris biayanya jauh lebih mahal dibandingkan dengan program jurusan administrasi di negara lain.

Baca Juga :
Estimasi Biaya Sekolah Di Inggris

Fakta Menarik Lainnya Tentang Inggris

Inggris adalah negara klasik dengan asuransi kesehatan gratis jika kamu adalah pelajar internasional. Setelah mengetahui apa saja tingkatan sekolah di Inggris, kamu juga wajib tahu bahwa Inggris menawarkan biaya studi kompetitif. Bahkan banyak universitas di Inggris yang masuk dalam ranking dunia teratas.

Bahkan kamu juga berkesempatan untuk keliling negara Eropa karena biaya transportasi dan akomodasi khusus tersedia di Inggris. Hal menarik lainnya yang wajib kamu ketahui adalah Inggris menyediakan berbagai sarana hiburan bervariasi termasuk galeri seni teater, pertandingan olahraga restoran atau lainnya sebagai selingan ketika kamu butuh hiburan saat liburan kuliah.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan