Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tips belajar bahasa inggris otodidak

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Memiliki kemampuan untuk  bisa berbahasa Inggris? Bahasa Inggris saat ini menjadi kebutuhan bagi beberapa orang yang akan melanjutkan pendidikannya maupun melamar pekerjaan. Saat ini banyak sekali perguruan tinggi yang mengharuskan calon mahasiswa untuk memiliki sertifikat TOEFL, IELTS, atau lainnya. Banyak siswa yang memutuskan belajar bahasa Inggris otodidak tanpa bantuan tutor.

Namun, jika kamu mencari kursus bahasa Inggris, kamu bisa memilih ICAN English. Dipandu dengan tutor berpengalaman, kamu akan memahami berbagai materi bahasa Inggris secara lengkap.

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Belajar bahasa Inggris secara otodidak menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan oleh beberapa orang. Belajar secara otodidak memang sangat menyenangkan dan terlihat lebih seru karena banyak tantangan yang akan kamu hadapi.

Nah, bagi kamu yang terbaik untuk belajar otodidak berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan. 

Mempersiapkan Materi Pembelajaran 

Karena kamu akan belajar secara otodidak, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan materi pembelajaran. Kamu harus mengumpulkan berbagai macam materi pembelajaran bahasa Inggris, mulai dari buku, audio, bahkan visual. Pastikan juga kamu sudah memiliki kamus.

Baca juga : Panduan Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Membaca Buku Materi yang Sering Latihan Soal

Selanjutnya kaum bisa membaca buku materi yang telah dikumpulkan. Belajar dari buku materi memang akan membuat kamu merasa bosan. Disarankan untuk mencari buku seperti novel, komik, maupun majalah agar tidak bosan.

Sesekali kamu juga harus melakukan latihan soal yang didapatkan dari beberapa buku soal-soal bahasa Inggris. Kamu juga bisa mendapatkan soal-soal bahasa Inggris sebagai latihan di internet. Saat ini banyak juga aplikasi yang menyediakan proses pembelajaran bahasa Inggris dan sangat direkomendasikan untuk lebih mudah belajar.

Sering Mendengarkan Percakapan

Cobalah untuk sering mendengarkan percakapan bahasa Inggris. Cobalah untuk mendapatkan kosakata lebih banyak dengan berbagai macam intonasi dengan mendengarkan percakapan melalui radio berbahasa Inggris. Dengan begitu proses belajar kamu akan jauh lebih menyenangkan dan percakapan menjadi lebih hidup. 

Tidak Perlu Takut Salah 

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh seseorang yang ingin belajar bahasa Inggris adalah selalu takut salah. Semua orang pasti melakukan kesalahan dan hal tersebut sangat wajar bagi kamu yang belajar bahasa Inggris.

Jadikan kesalahan tersebut sebagai motivasi agar lebih bersemangat untuk belajar bahasa Inggris. Dari kesalahan kamu juga bisa mengetahui apa yang harus diperbaiki di kemudian hari.

Praktek Setiap Hari

Jika ingin lebih fasih dalam berbicara bahasa Inggris Maka lakukan Praktek setiap hari. Biasakan untuk mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris dan cobalah untuk mengajak beberapa orang di sekitar untuk menggunakan bahasa Inggris.

Kemampuan kamu akan meningkat dengan cepat jika lebih menyukai belajar bahasa Inggris secara kelompok. Untuk mendapatkan kelompok yang benar-benar mendukung kemampuan bahasa Inggris kamu, cobalah untuk ikut kursus bahasa Inggris.

Baca Juga : Trik Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Keunggulan Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

Belajar bahasa Inggris secara otodidak memiliki keunggulan. Kamu bisa belajar kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginan. Salah satu kunci untuk menguasai bahasa Inggris adalah mempraktekkan secara langsung. 

Dengan belajar otodidak kamu bisa melakukan dimanapun dan kapanpun untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat dan efektif. Misalnya kamu bisa memulainya jam istirahat kuliah untuk mendengarkan audio listening yang bisa didapatkan melalui internet.

Kamu bisa mencoba Mengisi berbagai macam modul atau aplikasi belajar bahasa Inggris secara gratis di smartphone. Tidak hanya itu, kamu bisa membaca novel atau buku bahasa Inggris dan membacanya ketika waktu senggang.

Belajar belajar bahasa Inggris otodidak memang menyenangkan. Kamu bisa menggunakan berbagai macam metode sehingga membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan cepat. 

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan