Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tips memilih akomodasi kampus luar negeri

Tips Memilih Akomodasi Kampus Luar Negeri

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Tips Memilih Akomodasi Kampus Luar Negeri

Ada banyak hal yang perlu kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Namun, memilih tempat tinggal adalah salah satu keputusan yang lebih rumit. Kemungkinan besar kamu harus tinggal di akomodasi kampus luar negeri di tahun pertama. Beberapa universitas mewajibkan hal tersebut.

Setiap siswa biasanya bisa memulai aplikasi akomodasi setelah kamu menerima tawaran kursus. Namun, kamu bisa menanyakan kepada universitas untuk detail prosesnya. Untuk akomodasi kampus luar negeri biasanya berbentuk halls of residence yang dapat menampung ratusan siswa.

Bagaimana Memilih Akomodasi di Kampus Luar Negeri?

Penting untuk memilih lokasi yang tepat dan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Beberapa akomodasi kampus luar negeri biasanya terletak di area kampus, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi.

Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk memilih akomodasi kampus luar negeri.

Pilih Opsi yang Paling Tepat

Jenis asrama mahasiswa biasanya mencakup kamar asrama bersama di asrama yang dikelola universitas hingga apartemen pribadi. Memilih jenis kamar yang cocok untuk kamu biasanya tergantung pada ketersediaan kamar dan tentu saja anggaran kamu.

Banyak siswa internasional lebih memilih suasana sosial di asrama mahasiswa untuk membantu mereka menemukan teman baru. Tinggal di asrama universitas adalah pilihan paling populer untuk mahasiswa tahun pertama atau mahasiswa baru. Akomodasi ini biasanya berbentuk kamar bersama atau pribadi di aula dan lengkap dengan jadwal makan yang rutin.

Lakukan Riset

Salah satu hal penting adalah meneliti setiap akomodasi secara menyeluruh. Jika kamu memilih tempat tinggal di universitas, kamu akan memiliki akses mudah ke semua fasilitas dan tidak ada biaya perjalanan yang perlu keluarkan.

Sebelum memutuskan untuk tinggal di akomodasi kampus luar negeri, kamu perlu mengenali area tersebut. Ada baiknya juga melakukan pencatian online untuk memastikan area yang kamu pikirkan benar-benar ramah untuk mahasiswa dan tentunya aman. Pastikan juga bahwa area akomodasi tersebut memiliki akses ke transportasi umum untuk memudahkan mobilitas kamu.

Baca juga:
Informasi QS Ranking Australian National University dan Akomodasi

Pilih Harga yang Sesuai Anggaran

Perumahan mahasiswa adalah biaya paling penting di universitas. Kamar bergaya asrama universitas cenderung menjadi pilihan yang terjangkau, sehingga kamu bisa menghemat biaya. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus berbagi kamar dan fasilitas lainnya dengan mahasiswa lainnya.

Jika kamu memutuskan untuk tinggal di akomodasi luar kampus, kamu perlu memperhatikan bahwa biayanya bisa lebih mahal. Biaya per bulannya mungkin juga belum termasuk biaya utilitas yang harus kamu bayarkan, seperti tagihan air dan listrik.

Jika masih bingung dalam memilih akomodasi kampus luar negeri, kamu bisa menghubungi pihak universitas secara langsung. Atau kamu juga bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di agen pendidikan professional, salah satunya ICAN Education Consultant. Tim kami akan memberikan informasi lengkap seputar akomodasi dan hal lainnya yang kamu butuhkan.

Baca juga:
Pilihan Negara di Luar Negeri dengan Biaya Hidup yang Murah
Tips Memilih Akomodasi Saat Kuliah Di Inggris, Penting!

Pertimbangan dalam Memilih Akomodasi

Untuk bisa mendapatkan akomodasi di luar negeri, kamu perlu membayar uang jaminan. Jumlah yang harus kamu bayarkan biasanya sebesar sewa satu bulan, dan akan dikembalikan saat kamu memutuskan untuk pindah.

Ada beberapa akomodasi di luar kampus yang tidak termasuk biaya utilitas. Biaya ini biasanya kana menjadi tambahan di akomodasi pribadi. Sedangkan, di aula universitas, biaya ini biasanya sudah termasuk dalam sewa bulanan kamu.

Perhatikan juga biaya tambahan lain, misalnya penggunaan tempat parkir, fasilitas laundry dan beberapa layanan lainnya.

Untuk akomodasi kampus biasanya menyediakan akses ke fasilitas, seperti kolam renang atau gym. Siswa biasanya harus membayar untuk keanggotaan di fasilitas tersebut.

Untuk asrama universitas, biasanya sudah memiliki area yang aman dan system keamanannya terjaga. Misalnya, pintu masuk yang aman, petugas keamanan, atau CCTV di area umum. Jika kamu memilih akomodasi di luar kampus, hal ini perlu diperhatikan dengan sangat baik. Pilih akomodasi yang aman dan memiliki system keamanan yang baik.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan