Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
10 universitas perhotelan terbaik di dunia

Universitas Perhotelan Terbaik di Dunia, Simak di Sini!

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Universitas Perhotelan Terbaik di Dunia, Simak di Sini!

Universitas perhotelan terbaik di dunia telah terbukti kualitasnya, karena tidak hanya mampu mencetak para alumni berkualitas dan bergaji tinggi. Tapi, universitas tersebut sudah mampu memenuhi berbagai syarat; contohnya dengan memiliki hotel, restoran, atau lainnya.

Prospek kerja yang sangat baik di bidang ini menjadikan universitas dengan jurusan perhotelan selalu menarik perhatian banyak siswa. Tak heran jika universitas di berbagai negara menghadirkan jurusan perhotelan. Peminat jurusan ini juga selalu meningkat dari tahun ke tahun.

10 Universitas untuk Jurusan Perhotelan Terbaik di Dunia

Berikut adalah universitas perhotelan terbaik di dunia tahun 2023 menurut QS World University Rankings by Subject: Hospitality and Leisure Management.

1. EHL Hospitality Business School

Sekolah perhotelan tersebut berada di Lausanne, Switzerland ini menawarkan perkuliahan dengan sistem pendidikan berkukalitas Swiss. Perpaduan antara pengalaman dunia nyata dan teknik manajemen terapan akan kamu pelajari dengan menjadi mahasiswa di sekolah bisnis perhotelan tersebut.

Lembaga pendidikan ini juga menghubungkan mahasiswanya dengan pelopor industri dan fakultas yang ahli untuk memberikan pembelajaran praktik terbaik, melakukan riset, dan menerapkan inovasi. EHL juga merupakan anggota HES-SO di Switzerland, University of Applied Sciences and Arts atau dikenal UAS. Selain mendapatkan pengakuan dari pemerintah Swiss, lembaga ini juga telah diakreditasi NECHE.

Baca juga:
Pilihan Universitas Perhotelan Inggris dan Prospek Kerja Lulusan

2. University of Nevada – Las Vegas

Apakah kamu ingin melanjutkan studi perhotelan di US? Maka, University of Nevada ini bisa menjadi pilihan tepat. Lembaga pendidikan ini berdiri sejak tahun 1957 dengan total 29.000 mahasiswa telah menyandang gelar dari lembaga tersebut. University of Nevada juga menyediakan lebih dari 3.000 fakultas dan staff. Kamu bisa memilih belajar pada jenjang sarjana, master, hingga doktoral di kampus tersebut.

UNLV telah mendapatkan akreditasi dari Northwest Commission on Colleges and Universities, disingkat NWCCU. Universitas ini mempunyai hingga 15 unit major academic, dan unggul di bidang sains, teknologi, manajemen bisnis, dan hukum.

3. SHMS – Swiss Hotel Management School

Sekolah manajemen perhotelan ini berada di Switzerland, tepatnya di Caux. SHMS menawarkan manajemen pendidikan perhotelan kelas dunia berbasis pada tradisi dan warisan budaya perhotelan di Swiss. Pembelajaran berfokus pada penerapan perhotelan di Swiss secara profesional dipadukan kompetensi manajemen internasional.

Semua program di SHMS menunjukkan keberagaman sektor layanan dan dirancang agar dapat memenuhi kebutuhan industri sesuai standar di abad ke-21 ini. SHMS juga telah mendapatkan penghargaan bergengsi yaitu “Apple Distinguished School”, pengakuan ini menunjukkan jika lembaga pendidikan tersebut merupakan pusat pendidikan berkualitas didukung inovasi penggunaan teknologi.

Profil Lengkap Swiss Hotel Management School di Sini

4. Les Roches Global Hospitality Management Education

Letaknya di Crans-Montana, Switzerland, Les Roches adalah lembaga pendidikan yang didirikan pada tahun 1954. Les Roches menyediakan perkuliahan jenjang pendidikan sarjana dan pascasarjana di bidang perhotelan, pariwisata, dan manajemen acara. Sekolah ini mendapatkan peringkat global top 3 lembaga di bidangnya untuk reputasi lulusan. 94% lulusannya langsung mendapatkan kerja setelah lulus.

Sistem pendidikan yang ditawarkan mengikuti model pembelajaran ala Swiss, yang berfokus pada pengalaman pelajar. Salah satu program sarjana yang ditawarkan adalah Bachelor in Global Hospitality Management. Universitas ini hanya menyediakan program-program full-time.

Profil Lengkap Les Roches Global Hospitality Management di Sini

5. Glion Institute of Higher Education

Sekolah ini berada di Glion-sur-Montreux, Switzerland sejak tahun 1962 dan telah berhasil membuat standar tertinggi dalam kualitas pendidikan dan perhotelan. Saat ini, lembaga tersebut berada di peringkat ke 3 terbaik di dunia untuk bidang perhotelan dan manajemen pariwisata. Sedangkan dalam bidang reputasi lulusan, berhasil menduduki top 2 global.

Glion Institute of Higher Education menyediakan dua kampus di Switzerland dan London. Selama perkuliahan, kamu akan mendapatkan kualitas pengajaran premium didukung pengajaran keterampilan praktik bersama para ahli di bidang relevan. Kamu juga akan bertemu banyak teman, karena mahasiswa di lembaga pendidikan ini berasal dari 100 kebangsaan.

Profil Lengkap Glion Institute of Higher Education

6. Cesar Ritz Colleges Switzerland

Letaknya berada di Le Bouveret, Switzerland, Cesar Ritz Colleges Switzerland telah mempunyai pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang pendidikan. Terdapat program jenjang sarjana dan pascasarjana yang berfokus pada perhotelan di lembaga pendidikan tersebut.

Mahasiswa sarjana di  Cesar Ritz College akan mendapatkan perkuliahan spesialisasi di bidang perhotelan dan kepemimpinan melalui program Bachelor of Arts in Hospitality Business Management. Program ini adalah hasil kerjasama kampus dengan Washington State University, USA.

Sedangkan mahasiswa pascasarjana dapat memilih Master of Arts in Entrepreneurship for Global Hospitality and Tourism Industry untuk menyediakan kurikulum kontemporer. Tujuannya adalah mempersiapkan lulusan yang berkarir di bidang bisnis dan bersaing secara global.

7. Hotel Institute Montreux

Pilihan sekolah perhotelan terbaik di dunia yang berada di Switzerland selanjutnya adalah Hotel Insitute Montreux. Sejak didirikan pada tahun 1985, Hotel Institute of Montreux disingkat HIM, menawarkan pendidikan modern di bidang manajemen ala Swiss, dipadukan dengan pandangan manajemen bisnis kontemporer ala Amerika.

Mahasiswa akan belajar seni manajemen perhotelan dipadukan spesialisasi di bidang keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan manajemen bisnis. Kombinasi pengajaran ini berfokus pada berbagai program bisnis, kegiatan praktik, dan pengalaman kerja di lapangan. Tujuannya, agar mahasiswa HIM mampu menggunakan pendidikannya sebagai gerbang untuk berkarir di berbagai bidang.

8. Culinary Arts Academy Switzerland

Lokasinya berada di Le Bouveret, Switzerland, Culinary school dari Swiss ini adalah anggota Swiss Education Group. Lembaga tersebut menyediakan program pelatihan untuk jenjang sarjana. Lembaga yang berdiri di tahun 1991 menerima hingga 300 pelajar setiap tahunnya di dua kampus, Lucerne dan Le Bouveret.

Lucerne adalah kampus bagi mahasiswa sarjana dan mahasiswa kuliner, sedangkan Le Bouveret adalah kampus bagi mahasiswa spesialisasi chocolate and pastry. Mahasiswa sarjana mempunyai opsi kuliah gelar ganda di seni kuliner. Untuk program tersebut, sekolah perhotelan ini menggandeng University of Derby, UK. Dalam program ini, terdapat program internship untuk pengalaman kerja.

9. Hotelschool The Hague

Berada di The Hague, Netherlands, Hotelschool the Hague adalah universitas sektor ilmu pengetahuan terapan yang berdiri pada tahun 1929. Lembaga ini mempunyai reputasi internasional solid di bidang manajemen perhotelan. Keunggulan lembaga tersebut adalah karena kemampuannya dalam menjalin koneksi kuat dengan sektor industri relevan.

Kampusnya menjadi tempat belajar bagi mahasiswa untuk berkembang, melakukan riset, dan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan perhotelan dalam lingkungan belajar yang nyata. Sehingga, mahasiswanya mempunyai keterampilan leadership yang berguna untuk memulai karir di sektor industri setelah lulus.

10. Macao Institute for Tourism Studies – IFTM

Berada di Macao, Macau, lembaga pendidikan ini didirikan pada tahun 1995 sebagai insitut perguruan tinggi negeri. Program yang tersedia adalah program gelar dan pelatihan profesional di bidang perhotelan dan pariwisata. IFTM menyediakan program di berbagai ilmu disiplin pariwisata, termasuk perhotelan, bisnis pariwisata, warisan budaya, acara, pemasaran, hiburan, hingga seni kuliner.

IFTM menjalankan perkuliahan di dua kampusnya dengan fasilitas modern, termasuk hotel dan restoran untuk pelatihan. Sehingga, mahasiswa bisa langsung belajar. Selain itu, terdapat pula kelas demo selama perkuliahan. 93% alumni menyebutkan bahwa IFTM membuat mereka lebih siap bekerja. IFTM menghasilkan lulusan yang merasa puas dengan pendidikan yang diterima.

Baca juga: Kuliah Perhotelan di Swiss, Apa yang Dipelajari?

Alasan Kuliah Jurusan Perhotelan

Memilih sekolah perhotelan terbaik di dunia adalah bidang studi yang tepat dan menjanjikan untuk beberapa alasan berikut:

Karir Menjanjikan

Ada banyak pilihan pekerjaan yang akan kamu dapatkan ketika memilih sekolah perhotelan. Kamu akan mendapatkan keterampilan inovatif di industri perhotelan yang berguna untuk beberapa pekerjaan di bidang tersebut. Misalnya, agensi perjalanan dan pariwisata, bisnis dan pemasaran, penyelenggara tur, pemandu wisata, buka bisnis restoran dan katering, buka bar dan tempat hiburan, serta lainnya.

Industri ini juga sangat menjanjikan karena adanya sejumlah bidang kerja dengan gaji tinggi. Hampir semua pelatihan pekerjaan tersedia untuk mengembangkan keterampilan. Misalnya, kamu bisa menjadi koordinator penjualan, dan melanjutkan karir menjadi manajer acara. Atau, seorang chef magang dengan kemauannya belajar selama bertahun-tahun bisa menjadi kepala chef.

Bisa Go Internasional

Bisakah kamu membayangkan pekerjaan yang mengizinkan kamu untuk mencoba berbagai peluang? Misalnya, kamu bisa bekerja di hotel bintang tujuh di Dubai yang terkenal sangat modern? Atau, bekerja di berbagai penginapan di Carribean? Semua itu dapat kamu capai, bahkan dengan cara dibayar, ketika bekerja di sektor perhotelan. Kamu dibayar untuk mengikuti konferensi pengembangan dan bertemu orang baru.

Gaji Tinggi

Ada beberapa bidang dalam  sektor pariwisata, travel, dan pariwisata dengan gaji lebih rendah dibandingkan dengan sektor industri lainnya. Meskipun demikian, banyak peran di sektor tersebut yang dapat menawarkan gaji lebih menjanjikan.

Misalnya, jika kamu bekerja di sebuah perusahaan hotel dengan layanan terbaik bagi para tamu, maka para karyawan terbaik akan mendapatkan gaji tinggi. Contohnya, di Kanada, perolehan gaji rata-rata pekerja di industri perhotelan adalah $42,283 setiap tahunnya atau setara dengan $21.68 per jam. Bahkan, kamu juga berpeluang mendapatkan bonus dan tawaran menarik lainnya.

Menjadi Individu Lebih Kreatif

Menjadi individu yang berorientasi bisnis, perhotelan adalah salah satu bidang kreatif. Kamu bisa mencoba berbagai ide baru untuk membuat pelanggan merasa lebih senang. Agar berhasil menjadi manajer hotel, tugas kamu adalah menawarkan dan menerapkan berbagai ide baru saat bekerja. Misalnya, menyenangkan tamu hotel dengan menyuguhkan minuman afternoon teas.

Kerja Lebih Fleksibel

Apakah kamu senang bangun di pagi hari, di waktu yang sama, sarapan yang sama, hingga naik bis yang sama menuju ke kantor setiap hari? Jika iya, maka jurusan perhotelan bukanlah pilihan yang tepat untuk melanjutkan studi. Lulusan perhotelan dituntut untuk bekerja dengan waktu yang lebih spesifik. Sehingga, banyak yang bekerja di bidang perhotelan sambil kuliah.

Baca Juga: Universitas Perhotelan di Swiss

Prospek Kerja Lulusan Perhotelan

Apakah kamu berencana mengambil perkuliahan jurusan manajemen perhotelan? Manajemen perhotelan mempunyai bidang yang sangat luas, dengan tingkat penerimaan lulusan yang cukup tinggi. Berikut adalah prospek kerja untuk lulusan perhotelan:

  • Guest Relations
  • Tourism Management
  • Event Planning
  • Entertainment and Leisure Industries
  • Hotel manager

Gelar manajemen perhotelan memberikan pemahaman mendalam tentang struktur dan operasi sektor perhotelan dan industri terkait. Kamu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang manusia dan manajemen bisnis, pemberian layanan, kepemimpinan, keuangan dan pemasaran, serta mengidentifikasi, memahami dan menanggapi kebutuhan klien. Kamu juga dapat memilih modul yang memajukan minat karir di bidang tertentu, misalnya konferensi dan acara.

Kamu dapat memilih untuk melakukan studi pascasarjana untuk mengambil spesialisasi di bidang perhotelan tertentu, seperti hotel, pariwisata, perhotelan internasional atau manajemen acara, atau untuk pindah ke bidang terkait seperti SDM atau pemasaran. Beberapa program pascasarjana mencakup studi atau penempatan kerja di luar negeri.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa sajauniversitas perhotelan terbaik di dunia dan prospek kerja bagi lulusannya. Ingin tahu lebih banyak tentang perkuliahan perhotelan di luar negeri? Hubungi ICAN Education Consultant, agen perkuliahan luar negeri yang menyediakan layanan konsultasi. Kamu bisa tanya banyak hal sebelum memutuskan kuliah di perhotelan.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan