Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Universitas terbaik di Thailand

Universitas Terbaik di Thailand QS WUR 2024

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Universitas Terbaik di Thailand QS WUR 2024

Universitas terbaik di Thailand bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki impian untuk melanjutkan studi di negara tersebut. Siapa yang tak tergoda oleh pesona eksotis negeri Gajah Putih ini? Dari gemerlap kota Bangkok yang tak pernah tidur hingga keindahan alam pantai yang menakjubkan, Thailand menawarkan pengalaman kuliah yang tak terlupakan bagi para mahasiswa internasional.

Tidak hanya dikenal dengan keindahan alam dan budayanya yang kaya, Thailand juga menjadi destinasi kuliah yang semakin diminati. Dengan institusi pendidikan berkualitas, biaya hidup yang terjangkau, dan beragam program studi yang tersedia dalam bahasa Inggris, kuliah di Thailand menjadi pilihan menarik bagi banyak mahasiswa dari seluruh dunia.

3 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Thailand

Thailand mungkin menjadi salah satu negara yang tidak terlalu populer untuk bidang pendidikan di kawasan Asia, dibandingkan dengan Singapura. Namun sebenarnya  memutuskan untuk kuliah di Thailand bisa menjadi opsi bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri tetapi tidak terlalu jauh dari Indonesia.

Sebenarnya Thailand memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia ada berbagai macam keunggulan lainnya yang mungkin tidak banyak diketahui. Selama menjalani masa studi di Thailand bisa saja kamu mendapatkan pengalaman luar biasa dan keunggulan lain yang menarik untuk dijalani.

Nah, berikut ini beberapa alasan yang akan membantu kamu lebih yakin untuk menempuh pendidikan tinggi di Thailand.

1. Syarat Bahasa Inggris Lebih Mudah

Bagi kamu yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris sempurna, tidak perlu khawatir sebab syarat bahasa Inggris untuk kuliah di Thailand ternyata jauh lebih mudah lagi dibandingkan dengan beberapa negara luar negeri lainnya.

Persyaratan bahasa Inggris untuk masuk kampus dan mendapatkan beasiswa di Thailand cenderung mudah untuk dipenuhi. Sebagai contoh, untuk mendaftar program beasiswa S2 dari Universitas Chulalongkorn, skor IELTS 5.0 atau TOEFL ITP 500 sudah cukup. Tapi apakah harus menguasai bahasa Thailand sebagai gantinya?

Namun, selama perkuliahan, bahasa pengantar yang digunakan umumnya adalah bahasa Inggris karena banyak universitas yang telah mengadopsi program internasional. Maka dari itu, tidak perlu khawatir untuk menguasai bahasa Thailand secara khusus saat hendak mendaftar beasiswa kuliah di negeri ini. Sekalipun begitu tetap belajar bahasa Thailand untuk berkomunikasi sehari-hari ya, agar lebih mudah.

2. Kualitas Pendidikan Sudah Mulai Meningkat

Alasan selanjutnya karena beberapa universitas di Thailand sudah meningkatkan kualitas pendidikan dan beberapa diantaranya juga termasuk kampus unggulan. Jadi ada beberapa perguruan tinggi di Thailand yang memiliki peringkat cukup mengesankan di antara negara-negara ASEAN lainnya. 

Misalnya saja, Universitas Chulalongkorn menempati peringkat 208 secara global dan peringkat 43 di Asia. Menurut laporan US News and World Report 2021, Thailand bahkan berada di posisi tiga teratas sebagai negara dengan pendidikan terbaik di ASEAN, setelah Singapura dan Malaysia.

3. Biaya Hidup Lebih Terjangkau

Kuliah di luar negeri, biaya hidup adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Biaya hidup di Thailand saat menempuh pendidikan di sana cukup terjangkau. Biaya untuk akomodasi, makanan, dan transportasi masih terbilang murah, dengan perbedaan yang minim dibandingkan dengan di Indonesia.

Secara keseluruhan, kondisi ekonomi Thailand lebih stabil. Jika berhasil mendapatkan beasiswa penuh, biaya hidup ini akan dicakup oleh beasiswa tersebut, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang keuangan selama menjalani pendidikan di Thailand.

Pilihan Universitas Terbaik di Thailand

Setelah mengetahui beberapa alasan kuliah di Thailand  untuk membantu meyakinkan kamu, maka saatnya kamu mengetahui juga beberapa universitas terbaik di Thailand yang bisa menjadi tujuan untuk menempuh pendidikan tinggi, seperti berikut:

Chulalongkorn University

Chulalongkorn Universityatau Universitas Chulalongkorn merupakan universitas tertua dan  berhasil menjadi universitas terbaik nomor 1 di Thailand. Jika dalam peringkat dunia, universitas yang satu ini berhasil mendapatkan peringkat ke 211 versi QS World Ranking 2024.

Kampus ini terletak di Pathum Wan, Bangkok, dan menerima sudah lebih dari 37.000 mahasiswa yang dipilih secara ketat dari seluruh negeri untuk mengejar studi di 20 fakultas yang tersedia. Fasilitas lengkap dan sistem pembelajaran terbaik menjadi pendukung utama bagi pendidikan tinggi di sini.

Berbagai jurusan tersedia, mulai dari kesehatan, arsitektur, ekonomi, hukum, psikologi, pertanian, keperawatan, farmasi, kedokteran, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk kuliah di kampus ini?

Mahidol University

Selanjutnya juga ada universitas terbaik di Thailand yaitu Mahidol University. Mahidol University atau MU menduduki peringkat ke-382 dalam QS World Ranking 2024. Awalnya, universitas ini didirikan sebagai institusi kedokteran pada tahun 1943 dan telah meluluskan dokter pertama di Thailand.

Kampus MU terkenal dengan dua fakultas kedokterannya, yaitu Fakultas Kedokteran RS Siriraj dan Fakultas Kedokteran RS Ramathibodi. Seiring berjalannya waktu, Mahidol University terus berkembang dengan menambahkan berbagai bidang studi lainnya, menjadikannya salah satu universitas umum terkemuka di Thailand. MU juga merupakan universitas negeri pertama di Thailand yang memperkenalkan program internasional, yang kini disatukan di Mahidol University International College (MUIC).

Chiang Mai University

Universitas terbaik di Thailand selanjutnya ada Chiang Mai University yang dikenal sebagai universitas riset negeri yang sangat berfokus pada bidang-bidang seperti teknik, sains, pertanian, dan kedokteran. Berlokasi di Thailand utara, CMU didirikan pada tanggal 8 Juni 1964. Dalam QS World Ranking 2024, CMU menempati peringkat ke-571.

Dengan total 17 fakultas dan 107 departemen, universitas ini menawarkan berbagai program akademik, termasuk 87 program sarjana, 163 program pascasarjana dan diploma, serta 3 program sertifikasi. CMU juga menyediakan 18 program magister dan doktor, serta 2 program sarjana khusus bagi mahasiswa internasional.

Thammasat University

Thammasat University, yang didirikan pada 27 Juni 1934, telah menjadi salah satu institusi pendidikan tertua di Thailand. Sebelumnya dikenal sebagai University of Moral and Political Science Act, universitas ini telah menjelma menjadi universitas nasional. Dalam QS World Ranking 2024, Thammasat University menempati peringkat ke-600.

Dengan populasi mahasiswa sekitar 33.000 orang, universitas ini menawarkan berbagai program studi mulai dari tingkat sarjana hingga doktor. Fokus utama Thammasat University adalah pada ilmu sosial dan ilmu budaya, yang menjadikannya tujuan yang sangat diminati. Karena tingginya minat, seleksi mahasiswa baru untuk kedua bidang studi ini sangat ketat di Thammasat University.

Kasetsart University

Kasetsart University, yang didirikan pada 2 Februari 1943, merupakan institusi pertanian pertama di Thailand dan menjadi perintis pendidikan agrikultur di negara tersebut. Terletak di Chatuchak, Bangkok, universitas ini juga merupakan yang terbesar di Thailand. Dalam QS World Ranking 2024, Kasetsart University menduduki peringkat antara 751-760.

Dengan lebih dari 20 fakultas, universitas ini menawarkan berbagai program studi, termasuk program internasional di berbagai bidang seperti pertanian, teknik, pariwisata, ekonomi, manajemen hotel,  agro industri, sains, administrasi bisnis, dan ilmu humaniora.

Kasetsart University terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan berkontribusi pada pengembangan sektor pertanian dan ilmu pengetahuan di Thailand.

Penutup

Ada banyak perguruan tinggi terbaik di Thailand yang bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi di luar negeri. Kualitas pendidikan yang ditawarkan di Thailand semakin jauh lebih baik dan menerima mahasiswa internasional dengan berbagai macam fasilitas dan program pembelajaran yang menggunakan  pengantar bahasa Inggris agar lebih memudahkan.

Jika sudah merasa yakin untuk kuliah di Thailand, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan agen pendidikan luar negeri profesional ICAN Education.

Agen pendidikan luar negeri yang satu ini akan memberikan berbagai macam tips menarik untuk kuliah di Thailand dan apa saja yang dibutuhkan agar bisa lolos di salah satu  universitas terbaik di Thailand. 

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan