Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
5 alasan menarik untuk study abroad di inggris

5 Alasan Menarik Untuk Study Abroad Di Inggris

Beranda / Perkuliahan / 5 Alasan Menarik Untuk Study Abroad Di Inggris

Selain terkenal sebagai pusat mode dunia, Inggris menjadi salah satu destinasi pendidikan yang paling populer di dunia bagi siswa internasional. Jika kamu tertarik untuk belajar di luar negeri, Inggris dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan yang tepat.

5 Alasan Untuk Kuliah di UK

Universitas di Inggris memiliki reputasi yang tak terbantah dalam hal keunggulan dan kualitas akademik. Berbagai program studi tersedia untuk siswa dan Inggris menjadi tujuan ideal selama beberapa dekade, setidaknya untuk lebih dari satu juta siswa internasional di seluruh dunia.

Ada banyak alasan mengapa Inggris adalah tempat yang bagus dan ideal bagi kamu untuk belajar di luar negeri. Yuk baca artikel di bawah ini!

1. Pendidikan Berkualitas Tinggi

Ketika study abroad in United Kingdom artinya kamu memiliki kesempatan untuk berkuliah di beberapa universitas terbaik dunia, seperti Oxford, Cambridge, dan Russell Group yang bergengsi. Banyak sekolah di Inggris yang menawarkan siswa pendidikan berkualitas tinggi dan mempekerjakan profesor terbaik di berbagai bidang. Bahkan Inggris merupakan rumah bagi universitas tertua dan paling bergengsi di dunia.

Namun jika kamu tidak ingin mengejar gelar penuh di Inggris, maka program study abroad bisa menjadi peluang bagus untuk mencoba salah satu universitas di Inggris peringkat teratas ini. Banyak sekolah yang memiliki program belajar di luar negeri yang memungkinkan siswa menghabiskan satu semester di Inggris, seperti Oxbridge. Jadi untuk yang bermimpi untuk pergi ke Harvard atau Yale juga dapat mempertimbangkan Inggris menjadi destinasi pendidikan kamu ya!.

2. Belajar di Lingkungan Multikultural

Inggris menawarkan banyak hal kepada kamu yang berkuliah di sana, terasuk lingkungan multikultural. Dengan populasi lebih dari 67 juta, Inggris adalah bangsa yang beragam. Karena itu siswa yang belajar di Inggris dapat memanfaatkan keragaman budaya bangsa yang kaya untuk mengenal lebih banyak budaya dari seluruh dunia.

Penduduk Inggris dari semua latar belakang telah berkontribusi pada budaya makanan negara tersebut, seperti fish and chips dan chicken tikka masala  yang telah menjadi hidangan nasional Inggris. Selain itu terdapat juga institusi seni dan budaya di London serta kota-kota besar lainnya di negara ini termasuk yang terbaik di dunia.

3. Salah Satu Destinasi Murah untuk Belajar di Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri memang merogoh kocek yang terbilang besar, namun Inggris merupakan tempat belajar yang terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan belajar di Amerika Serikat. Di Inggris, semua universitas terakreditasi menerima subsidi dari pemerintah untuk menjaga kestabilan biaya kuliah mereka di bawah batas tertentu. Namun kamu juga perlu mengingat bahwa tempat tinggal juga mempengaruhi biaya hidup. Seperti biaya hidup di kota besar, London lebih tinggi dibandingkan dengan biaya hidup di pinggiran kota atau desa.

Baca Juga:
Pilihan Universitas di UK Yang Menyediakan Program Studi Film

4. Tidak Terhalang oleh Hambatan Bahasa

Ketika belajar di Inggris kamu tidak perlu lagi pusing untuk belajar bahasa lokal karena bahasa Inggris merupakan bahasa utama penduduk disana. Jadi kamu dapat fokus untuk mengembangkan bahasa Inggris yang telah dipelajari sejak kecil untuk bisa berkomunikasi dengan penduduk lokal Inggris.

5. Banyak Peluang Kerja Dengan Gaji Tinggi

Salah satu keuntungan belajar di Inggris adalah visa pelajar yang memungkinkan kamu untuk bekerja hingga 20 jam per minggu selama semester. Inggris menawarkan banyak kesempatan untuk melamar pekerjaan dan magang. Sebagai ibu kota bisnis dan keuangan global, London adalah kota yang paling banyak dicari oleh para pencari kerja. Di seluruh bagian Inggris, mahasiswa dapat menemukan pekerjaan yang menguntungkan di banyak sektor, termasuk layanan makanan dan teknologi.

Selain itu, visa kerja pasca studi Inggris juga memungkinkan lulusan internasional dari universitas Inggris untuk tinggal di negara tersebut selama dua tahun setelah lulus untuk mengejar pekerjaan jangka panjang. Banyak universitas di Inggris menawarkan kesempatan untuk belajar dari yang terbaik, menjadikannya pilihan yang menarik bagi siswa internasional. 

Baca juga:
Mau Study Abroad? Begini Cara Menulis Motivasi Kuliah Di Luar Negeri Yang Tepat

Universitas Bergengsi di Inggris

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Inggris memiliki deretan universitas populer yang seringkali menjadi tujuan mahasiswa. Berikut beberapa universitas terbaik di Inggris menurut QS World Universities Ranking!

University of Cambridge

Peringkat pertama di Inggris tahun ini kembali ditempati oleh University of Cambridge yang juga mempertahankan peringkat kedua dalam Peringkat Universitas Dunia. Dengan meraih skor tinggi di semua indikator, Cambridge menduduki peringkat tertinggi di Inggris untuk reputasi pemberi kerja dan keempat di dunia untuk indikator ini.

Universitas Cambridge didirikan pada tahun 1209 dan, mirip dengan Oxford, terdiri dari 31 perguruan tinggi. Badan kemahasiswaan Cambridge sangat beragam dengan mahasiswa dan alumni yang sebagian besar berasal dari Eropa, Amerika Utara, Asia, dan sekitarnya. Universitas ini telah menghasilkan 121 Pemenang Nobel, 47 pemimpin dunia dan 210 peraih medali Olimpiade.

University of Oxford

 Tahun ini Oxford berada di peringkat kedua, peringkat ketiga secara global. Oxford dianggap sebagai universitas tertua di dunia berbahasa Inggris. Meskipun tidak ada tanggal pasti pendiriannya, praktik pengajaran di Oxford dimulai pada tahun 1096. Kemudian, pada tahun 1249, perguruan tinggi dan asrama pertama dibangun. Saat ini, Oxford terdiri dari 36 perguruan tinggi dan tiga perkumpulan.

Imperial College London

Pengambil posisi medali perunggu di Inggris adalah Imperial College London, universitas dengan peringkat tertinggi di ibu kota Inggris. Universitas ini tetap berada di peringkat keenam dunia dan juga mendapat nilai tinggi dalam reputasi perusahaannya.

Imperial College London berspesialisasi dalam mata pelajaran sains, teknik, kedokteran, dan bisnis dengan fokus pada praktik pendidikan berkualitas tinggi dan penelitian inovatif terkemuka di dunia. Universitas ini memegang penghargaan Silver Athena Swan yang merayakan upaya universitas untuk meningkatkan karir perempuan di bidang sains, teknologi, matematika, teknik, dan kedokteran.

UCL (University College London)

Yang tidak masuk dalam posisi tiga besar di Inggris adalah University College London (UCL), yang turun satu peringkat dalam peringkat global tahun ini menjadi peringkat kesembilan. Hal ini menjadikannya universitas pertama dalam peringkat Inggris yang masuk dalam 10 besar global. Skor tertingginya adalah untuk jaringan penelitian internasionalnya dan menempati posisi kedua di Inggris dan juga dunia.

University of Edinburgh

Peringkat kelima di Inggris dan ke-22 di dunia adalah The University of Edinburgh – satu-satunya institusi asal Skotlandia yang masuk dalam peringkat 10 besar. Universitas ini mendapat nilai sangat tinggi untuk jaringan penelitian internasionalnya, yang menunjukkan tingkat kerja akademis internasional yang diikuti oleh universitas tersebut, dan juga untuk keberlanjutan dimana universitas ini menempati peringkat keenam di dunia dan menyandang gelar universitas paling berkelanjutan di Inggris.

Inggris sendiri adalah rumah bagi 90 universitas yang masuk dalam QS World University Rankings tahun ini dan menjadikannya tempat yang bagus untuk belajar. Empat dari institusi-institusi tersebut masuk dalam peringkat 10 besar dunia dan 20 universitas lainnya masuk dalam peringkat 50 besar dunia.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan