Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
anti boros meski kuliah di luar negeri pakai tips ini

Anti Boros Meski Kuliah Di Luar Negeri Pakai Tips Ini

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Anti Boros Meski Kuliah Di Luar Negeri Pakai Tips Ini

Mahal dan boros mungkin menjadi hal yang dibayangkan banyak orang saat ingin berkuliah di luar negeri. Berbagai perlengkapan, sewa tempat tinggal hingga pakaian yang sesuai cuaca harus dipersiapkan sebelum memutuskan berkuliah di luar negeri.

Selain biaya sekolah, beberapa pengeluaran utama meliputi makanan, akomodasi, perjalanan dan hiburan. Namun, ada cara terbaik yang bisa kamu lakukan agar bisa berhemat selama kuliah di luar negeri. 

5 Tips Hemat Kuliah di Luar Negeri

Ada banyak manfaat besar tinggal di luar negeri, mengenal budaya lain, dan belajar lebih banyak tentang subjek yang kamu minati dari sudut pandang yang tidak biasa. Anggaran merupakan pertimbangan penting ketika kamu belajar di luar negeri karena anggaran yang sudah disiapkan bisa membuat proses kuliah kamu lebih lancar. Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat selama kuliah di luar negeri.

1. Jangan malu naik kendaraan umum

Transportasi umum menjadi primadona di luar negeri, hal ini karena warganya lebih memilih menggunakan bus atau kereta api untuk aktivitas sehari-hari. Kamu bisa gunakan cara mereka untuk berhemat dengan naik kendaraan umum untuk mmobilitas sehari-hari. Meski harus menggunakan kartu atau tiket untuk masuk ke transportasi umum, harga yang harus dibayarkan tidak semahal yang kamu pikirkan loh.

2. Manfaatkan fasilitas gratis

Ada banyak fasilitas gratis yang ternyata bisa kamu manfaatkan. Salah satunya adalah koneksi internet di sekitar kapus. Kamu bisa mengerjakan tugas di sekitar kampus untuk mendapatkan koneksi internet gratis tersebut. Fasilitas lain yang bisa kamu gunakan adalah pinjam buku di perpustakaan. Daripada membeli buku di luar, kamu bisa meminjamnya di perpustakan. Nah, dana yang kamu miliki bisa dialihkan ke hal lainnya.

Baca juga : Perbedaan Kuliah Di Indonesia Dan Luar Negeri

3. Belanja menjelang toko tutup

Kamu harus tahu, pasar atau supermarket yang akan tutup biasanya memberikan diskon hingga 50 persen! Kamu bisa membeli berbagai bahan makanan dengan harga yang cukup murah. Hal ini juga berlaku di toko roti yang akan segera tutup. Jadi, usahakan untuk berbelanja di sore hari ya. Kamu juga bisa mengunjungi pasar bekas untuk mendapatkan barang-barang elektronik dengan harga yang murah. Barang yang dijual masih dalam keadaan yang sangat baik loh!

4. Manfaatkan kartu mahasiswa

Ada banyak toko yang memberikan potongan harga bagi mereka yang menunjukan kartu tanda mahasiswa. Biasanya, para mahasiswa sering mendapat diskon di tempat wisata, transportasi dan panduan dalam kota. Diskon yang ditawarkan berkisar 10-20%. Jadi, jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa kartu mahasiswa kamu, ya!

5. Temukan pekerjaan paruh waktu

Bekerja bersamaan dengan studi bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan uang tambahan. Sebagian besar siswa dapat meluangkan waktu hingga 20 jam selama masa studi mereka, jadi ada baiknya kamu meneliti jenis pekerjaan apa yang dilakukan oleh siswa lain yang tinggal di kota tersebut, kemudian meluangkan waktu untuk melamar posisi tersebut ketika kamu sudah tiba dan siap untuk bekerja.

Pastikan untuk memeriksa ketentuan visa sebelum mencari pekerjaan karena beberapa negara tidak mengizinkan pelajar internasional untuk mengambil pekerjaan di luar masa studi mereka. Informasi dapat ditemukan di situs web pemerintah.

Baca juga : Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

Negara Populer untuk Kuliah di Luar Negeri

Pada tahun 2020, lebih dari 5,6 juta siswa memilih untuk mendapatkan belajar di luar negeri. Namun, angka ini diperkirakan akan mencapai hampir 8 juta pada tahun 2025 jika tingkat pertumbuhan saat ini terus berlanjut. Para siswa juga memiliki kota-kota populer yang bisa jadi pilihan untuk kuliah di luar negeri. Nah, berikut ini beberapa kota populer yang seringkali menjadi tujuan para siswa internasional untuk berkuliah.

Amerika Serikat

Selama beberapa dekade, Amerika telah menjadi tujuan studi luar negeri paling populer bagi pelajar internasional di seluruh dunia. Dengan lebih dari 5.000 universitas dan perguruan tinggi, AS adalah rumah bagi institusi bergengsi yang secara konsisten mendominasi peringkat universitas global.

Negara ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan, termasuk berbagai program akademik. Apa pun minat kamu, ada banyak subjek yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari teknik dan ilmu komputer hingga manajemen bisnis dan musik.

Inggris

Inggris tetap menjadi pilihan utama bagi pelajar internasional karena sistem pendidikannya yang terkenal, keragaman budaya yang kaya (enam juta orang yang tinggal di Inggris adalah warga negara non-Inggris pada tahun 2021) dan reputasi akademis global (dengan empat universitas yang masuk dalam peringkat 20 besar dunia. menurut QS World University Rankings 2023).

Dengan banyaknya universitas dan institusi bergengsi, Inggris menawarkan program studi dan gelar berkualitas tinggi di berbagai disiplin ilmu. Ini termasuk akuntansi, keuangan, psikologi, keperawatan ilmu olahraga, animasi dan banyak lagi.

Kanada

Setiap tahun siswa melakukan perjalanan dari jauh untuk belajar di Kanada. Negara ini memiliki sistem pendidikan tinggi yang mengesankan, dan banyak universitas Kanada yang masuk dalam peringkat global, termasuk University of Toronto, McGill University, dan University of British Columbia.

Sebagai negara bilingual, bahasa Prancis dan Inggris digunakan secara luas — menjadikan Kanada salah satu negara terbaik untuk belajar di luar negeri guna mempelajari bahasa baru.

Australia

Terkenal dengan pendidikannya yang berkualitas tinggi, universitas-universitas Australia secara konsisten menempati peringkat di antara negara-negara terbaik di dunia, menawarkan beragam program studi mutakhir dan peluang penelitian di berbagai disiplin ilmu.

Australia memiliki persentase pelajar internasional tertinggi dibandingkan dengan jumlah pelajarnya. Selain pantainya yang keemasan dan sinar matahari yang terjamin, para pelajar juga tertarik dengan universitas dan perguruan tinggi terbaik di negara ini.

Berkuliah di luar negeri juga membuat kamu lebih mandiri karena terpaksa jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat. Namun, dengan mengelola keuangan dengan baik kamu akan mendapatkan kehidupan yang layak meski jauh dari orang tua. Jadi, atur keuangan sebaik mungkin dan usahakan untuk tidak boros, ya!

Kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen pendidikan resmi seperti ICAN Education Consultant untuk mengetahui informasi lebih detail.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan