Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Apa Itu Double Degree? Ini Penjelasannya

Apa Itu Double Degree? Ini Penjelasannya

Beranda / Perkuliahan / Apa Itu Double Degree? Ini Penjelasannya

Apa itu double degree? Masuk dunia perkuliahan mungkin ada berbagai macam istilah yang akan kamu temui, salah satunya adalah double degree. Double degree merupakan salah satu program yang ditawarkan dan akan membantu mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar sarjana sekaligus dari 2 perguruan tinggi yang berbeda.

Program ini merupakan salah satu pilihan yang menentang tetapi bisa memberikan keuntungan bagi mahasiswa yang memiliki komitmen akademik tinggi dan ingin memperluas di bidang keahlian. Ketika mengambil double degree sebaiknya dipikirkan dengan baik sehingga siap untuk menjalani semua tantangannya.

Apa itu Double Degree?

Double degree merupakan program gelar yang memungkinkan pelajar untuk mendapatkan dua gelar akademik dalam satu masa studi. Kebanyakan double degree merupakan program kerjasama antara intrinsik pendidikan dalam negeri dan institusi luar negeri.

Ketika lulus kuliah dan berhasil menyelesaikan studi kamu akan mendapatkan satu gelar dari dalam negeri dan satu gelar internasional. Sistem pembelajaran juga bisa disesuaikan dengan beban studi program yang diambil dan bisa menjadi kesempatan untuk belajar di luar negeri.

Umumnya program ini akan didesain dengan mendapatkan dua gelar akademik dalam satu jenjang studi yang sama. Sekalipun begitu, ada juga program double degree yang menawarkan program gelar sarjana dengan lanjutan program seperti gelar magister.

Double degree dengan jenjang pendidikan yang sama di Indonesia disebut sebagai gelar ganda reguler, misalnya sama-sama S1 dengan S1. sementara double degree dengan dua jenjang berbeda akan disebut sebagai akselerasi, misalnya S1 dan S2.

Lamanya durasi perkuliahan untuk double degree dapat disesuaikan dengan jenjangnya. Ada yang ditempuh dalam 4 – 5 tahun, atau lebih cepat yaitu memakan waktu hingga 8 tahun.

Baca juga :
Materi Seputar Degree Of Comparison

Kenapa Mengambil Program Double Degree?

Bagi kamu yang merasa ragu untuk memutuskan mengambil program kuliah double degree, berikut ini beberapa alasan kenapa banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengambil program kuliah double degree.

Melihat Kemampuan dan Minat

Alasan pertama dikarenakan kemampuan dan minat. Apabila kamu memiliki binatang kemampuan dalam dua bidang yang berbeda maka memutuskan untuk mengambil kuliah double degree bisa menjadi pilihan tepat.

Dengan mengambil program tersebut tentu kamu akan memperluas pengetahuan sesuai dengan fashion dan mendapatkan bonus yaitu double degree.

Kesempatan Kerja

Alasan selanjutnya dikarenakan kesempatan kerja yang didapatkan jauh lebih luas. Perusahaan selalu menginginkan seseorang produktif dan terampil dalam bidang yang menjadi tugasnya. Dengan mendapatkan double degree tentu mahasiswa lebih memiliki peluang dan kesempatan bekerja dalam berbagai macam bidang.

Hal ini dikarenakan kamu sudah memiliki skill dalam yang mumpuni dan diinginkan oleh banyak perusahaan.

Potensi Karir Lebih Tinggi

Program double degree memberikan potensi karir lebih tinggi dan jauh lebih baik. Siswa yang berhasil menyelesaikan double degree maka memiliki kesempatan untuk berkembang karena wawasan dan keahlian yang jauh lebih luas dibandingkan lulusan program reguler.

Baca juga:
Biaya Kuliah Program Double Degree dan Durasi Perkuliahannya

Lebih Fleksibel

Mungkin dengan mengambil program double degree kamu akan kesulitan untuk mengatur waktu dan kegiatan, karena menjalani dua program perkuliahan sekaligus. Tetapi memahami dua program tersebut dengan bidang yang berbeda akan membantu kamu lebih siap untuk beradaptasi dan tumbuh dalam berbagai macam lingkungan.

Memiliki Prestasi Akademis

Dengan mendapatkan program double degree ternyata bisa diartikan bahwa kamu memiliki catatan akademis yang jauh lebih kuat dan menonjol jika dibandingkan dengan beberapa orang yang mengambil program reguler. Hal ini menjadi beberapa alasan kenapa banyak orang lebih tertarik untuk mengambil program kuliah double degree.

Persiapan untuk Mengikuti Program Double Degree

Diketahui bahwa tidak sembarangan Mahasiswa dapat mengikuti program perkuliahan double degree ya. Pihak universitas selalu memberikan syarat-syarat dan peraturan bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengambil program tersebut.

Cara tersebut dibuat sebagai salah satu bukti bahwa peserta asal buku untuk menyelesaikan kuliah dengan dua bidang studi yang berbeda sekaligus. Apa saja persiapan yang dibutuhkan untuk mengambil program double degree? Berikut informasinya.

  • Memiliki IPK di atas 3.20 setelah mampu menjalani 60 – 80 SKS dalam proses perkuliahan S1
  • Dapat melampirkan transkrip nilai sebagai bukti sah jika IPK telah memenuhi persyaratan
  • Melampirkan fotocopy sertifikat bahasa Inggris dengan standar nilai yang disesuaikan dengan kampus.
  • Melampirkan fotokopi ijazah maupun surat keterangan Lulus
  • Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan untuk program kuliah double degree jenjang pendidikan S1
  • Membuat surat yang berisi pernyataan kesanggupan peserta niat untuk mengikuti program double degree.
  • Menyelesaikan tes tertulis dan berhasil lulus. Tes tertulis biasanya diadakan oleh universitas sesuai jadwal dan ketentuan kampus.
  • Ikuti dan lolos tes wawancara yang telah diadakan oleh universitas.

Selain memenuhi berbagai macam persyaratan, ada juga aturan untuk mengambil program double degree. Jadi program ini memiliki aturan bisa mengambil dua gelar S1 atau bachelor degree, dua gelar S2 atau master degree, dan gelar S1 dan S2 sekaligus.

Gelar yang didapatkan melalui perkuliahan tergantung dalam fokus studi, namun biasanya studi tersebut masih berkaitan satu sama lain.

Baca juga:
Perbedaan Double Degree dan Double Major
Ketahui Seputar Double Degree Akselerasi

Penutup

Apa itu double degree? Double degree bisa diartikan sebagai program perkuliahan untuk mendapatkan dua gelar akademik sekaligus dengan satu periode studi. Biasanya program ini diselenggarakan oleh dua kampus berbeda.

Apabila merasa tertarik untuk mengambil program double degree, ada baiknya jika kamu mencari informasi lebih banyak melalui agen pendidikan luar negeri terbaik ICAN Education. Ada berbagai macam informasi seputar program double degree yang diselenggarakan oleh beberapa kampus di Indonesia dan sudah bekerjasama dengan kampus luar negeri. Kesempatan untuk mendapatkan program double degree jauh lebih mudah dengan bantuan konsultan pendidikan luar negeri.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan