Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apa yang dimaksud master degree simak artinya secara lengkap

Apa yang Dimaksud Master Degree? Simak Artinya Secara Lengkap

Beranda / Perkuliahan / Apa yang Dimaksud Master Degree? Simak Artinya Secara Lengkap

Pernah dengar seputar gelar lulusan luar negeri? Jika iya, kamu mungkin sudah tidak asing dengan Master Degree. Sebagian siswa mungkin masih akan bertanya master degree artinya apa sebenarnya. Nah, sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, kamu perlu tahu dulu mengenai gelar yang satu ini.

Gelar master dapat menjadi pilihan yang layak bagi kamu yang ingin meningkatkan pengetahuan tentang bidang tertentu, menjelajahi bidang minat lain setelah menyelesaikan gelar sarjana, atau meningkatkan prospek karir.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Master Degree

Sifat program gelar master berarti calon siswa harus dipersiapkan untuk pengalaman belajar intensif yang menggabungkan studi sarjana atau pengalaman mereka yang diperoleh dari pekerjaan atau studi sebelumnya.

Mester Degree artinya adalah kualifikasi akademik yang diberikan di tingkat pascasarjana kepada individu yang telah berhasil menjalani studi tingkat tinggi dalam bidang studi tertentu atau bidang praktik profesional.

Siswa yang lulus dengan gelar master harus memiliki pengetahuan lanjutan tentang topik teoretis dan terapan khusus, keterampilan dan teknik tingkat tinggi yang terkait dengan bidang studi pilihan mereka.

Master degree atau gelar master biasanya membutuhkan waktu hingga satu hingga tiga tahun. Gelar ini bisa ditempuh melalui studi paruh waktu atau penuh waktu. Durasi akan berbeda tergantung pada subjek, negara tempat belajar dan jenis gelar yang dipilih.

Dalam hal kredit studi, sistem pendidikan tinggi standar Eropa menetapkan siswa harus memiliki 90-120 kredit European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS). Sedangkan di Inggris dibutuhkan 180 kredit untuk menyelesaikan program master, dan 36 hingga 54 semester kredit di Amerika Serikat.

Baca Juga : Program Master Degree Di Inggris

Tipe Gelar Master yang Tersedia

Secara garis besar, ada dua jenis utama gelar master: gelar master yang diajarkan dan gelar master penelitian. Gelar master yang diajarkan (juga disebut gelar master berbasis kursus) jauh lebih terstruktur. Di sini siswa mengikuti program kuliah, seminar dan supervisi, serta memilih proyek penelitian mereka sendiri untuk dijelajahi.

Gelar master penelitian, membutuhkan lebih banyak pekerjaan mandiri, memungkinkan siswa untuk mengejar proyek penelitian yang lebih lama dan waktu pengajaran yang lebih sedikit. Ada juga program master yang ditujukan untuk profesional dan program master yang mengikuti langsung dari gelar sarjana. Jenis gelar master dan nama serta singkatan yang digunakan juga bervariasi tergantung pada bidang studi dan persyaratan masuk.

Gelar MA biasanya berfokus pada mata pelajaran humaniora, sedangkan gelar MS cenderung mempersiapkan siswa untuk bidang teknis. Namun, terdapat tumpang tindih antara keduanya. Misalnya, kamu dapat menerima gelar MA atau MS dalam pendidikan khusus. Beberapa tipe gelar master yang biasanya dipilih adalah:

  • Master of Business Administration (MBA)
  • Master of Education (MEd)
  • Master of Fine Arts (MFA)
  • Master of Research (MRes)
  • Master of Philosophy (MPhil)
  • Master of Social Work (MSW)
  • Master of Studies (MSt)
  • Master of Technology (MTech)
  • Master of Laws (LLM)
  • Master of Library Sciences (MLS)

Apakah kamu ingin mengintegrasikan gelar master dalam karir siswa jangka panjang, fokus pada penelitian yang sedang berlangsung, atau sekadar memperoleh pengetahuan yang lebih terspesialisasi di bidang, kamu memiliki banyak pilihan gelar dan opsi untuk dikejar sebagai seorang profesional.

Karena banyak gelar master dirancang untuk para profesional yang bekerja, gelar ini biasanya tersedia dalam berbagai mode studi yang fleksibel, misalnya:

  • Pembelajaran jarak jauh, di mana siswa dapat belajar sepenuhnya secara online
  • Pembelajaran paruh waktu, setiap siswa dapat menyusun jadwal kursus di tengah pekerjaan mereka
  • Kelas malam dan akhir pekan

Perlu informasi tambahan terkait gelar master ini? Kamu bisa melakukan konsultasi secara lengkap di ICAN Education Consultant. Para konselor kami akan memberikan informasi mengenai perkuliahan luar negeri, khusus untuk kamu yang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami bekerja secara professional untuk memberikan layanan perkuliahan terbaik.

Baca juga : Perbedaan Top Up Degree Vs Normal Degree

Jika berencana melanjutkan gelar master, kamu harus mengetahui persyaratan umum untuk sebagian besar aplikasi gelar master. Kamu juga perlu mempersiapkan pernyataan pribadi. Ini adalah kesempatan untuk menjelaskan alasan mengapa kamu memilih program studi tersebut. Kamu juga perlu menjelaskan tentang alasan mengapa mengejar gelar master dan menyebutkan keterampilan, studi atau pengalaman kerja yang relevan.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan