Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kuliah gelar master of science (msc) - pilihan universitas dan prospek kerja

Kuliah Gelar Master of Science (MSc) – Pilihan Universitas dan Prospek Kerja

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Kuliah Gelar Master of Science (MSc) – Pilihan Universitas dan Prospek Kerja

M sc adalah singkatan gelar Master of Science, yaitu gelar pascasarjana dengan perkuliahan selama dua tahun. Gelar ini menunjukkan bahwa mahasiswa penyandang gelar mempunyai pengetahuan mendalam dan spesialisasi di bidang spesifik, seperti Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bioteknologi, dan jurusan lainnya yang masih di bidang sains.

Untuk melakukan admisi di perkuliahan MSc, calon mahasiswa harus menyelesaikan perkuliahan jenjang Sarjana terlebih dahulu dan menyandang gelar Bachelor of Science (BSc) dari universitas atau kolese yang telah diakui.

Mata Kuliah MSc

Mata kuliah MSc menyediakan kursus dan kuirkulum yang komprehensif. Silabus MSc bervariasi, bergantung pada institusi dan program spesifik yang ditawarkan. Setiap universitas mempunyai penawaran kuliah dan syarat masuk yang berbeda.

Secara umum, pada semester awal, mahasiswa MSc akan belajar tentang Mathematical Physics, Analytical Chemistry, Inorganic Semimicro, hingga Genes dan Genomics. Sedangkan pada semester akhir, mahasiswa Pascasarjana MSc belajar tentang Bioanalytical Chemistry, Green Chemistry, Polymer Science, dan Medicinal Chemistry.

Pembelajaran yang ada di perkuliahan jenjang Master tersebut bergantung pada disiplin ilmu yang kamu pilih. Misalnya, kamu bisa mengambil jurusan MSc. Computer Science, MSc Food Technology, MSc Earth Science, MSc IT, dan lainnya. Semua pembelajaran tersebut melibatkan kegiatan belajar di kelas, teori dan praktik, termasuk melakukan kegiatan riset.

Syarat Masuk Kuliah Master of Science

Syarat masuk kuliah m sc adalah calon mahasiswa harus menyelesaikan studi jenjang sarjana di universitas yang telah diakui. Syarat persentase yang diajukan lembaga perguruan tinggi bagi mahasiswa gelar Sarjana yang akan daftar program Master of Science bervariasi. Biasanya, tidak ada batasan usia untuk mendaftar kuliah di jurusan yang ditawarkan dengan gelar MSc.

MSc juga menyediakan keterampilan bervariasi bagi mahasiswanya, seperti keterampilan teknik, keterampilan ilmiah, dan keterampilan sosial maupun kecerdasan emosional. MSc juga merupakan gelar yang menyediakan keterampilan sains yang berhubungan dengan keterampilan analisa. Ketika kamu ingin mendaftar program jurusan dengan gelar MSc, kamu harus memiliki beberapa keterampilan berikut:

  • Keterampilan observasi
  • Keterampilan analisa
  • Keterampilan eksperimental
  • Keterampilan memecahkan masalah
  • Keterampilan berpikir logis
  • Keterampilan interpersonal
  • Keterampilan riset

Banyak universitas yang menyediakan program MSc mempertimbangkan nilai akademik calon mahasiswanya pada jenjang pendidikan terakhir, yaitu Sarjana. Selain itu, banyak juga yang menyediakan tes masuk terlebih dahulu dalam melakukan seleksi penerimaan mahasiswa pascasarjana MSc.

5 Daftar Universitas dengan Program MSc Terbaik

Buat rencana kuliah di luar negeri jurusan MSc terwujud dengan mempertimbangkan beberapa universitas terbaik berikut, versi THE Times Higher Education Rankings:

1. University of Oxford

University of Oxford

Berada di Oxford, UK, University of Oxford menawarkan perkuliahan yang menguntungkan mahasiswa dan jajaran akademisi. Universitas ini mempunyai bangunan luas dan mendapatkan pengakuan internasional dengan beberapa pilihan MSc, diantaranya M.S.c Research in Experimental Psychology dan M.S.c Applied Cancer Science.

Menyabet ranking pertama, universitas dan kampus bekerja bersama untuk mengelola pengajaran dan kegiatan riset. Pengajaran tersebut menjadikan universitas berhasil mendapatkan nilai tinggi pada Global Student Satisfaction Awards tahun 2021.

2. Stanford University

Stanford University

Stanford University berada di US, tepatnya di Stanford tidak jauh dari San Francisco dan San Jose. Lembaga perguruan tinggi tersebut menjadi salah satu pusat pengajaran dan riset terkemuka di dunia sejak dibuka pada tahun 1891. Beberapa contoh program jurusan MSc yang disediakan yaitu M.Sc Bioengineering, M.S.c Chemistry, dan M.S.c Applied Physics.

Menduduki peringkat ke-2, Stanford University unggul dalam hal sains, humaniora, dan ilmu sosial. 18 laboratorium independen, pusat-pusat penelitian, disediakan untuk membangun interaksi antara mahasiswa dan fakultas di universitas tersebut.

3. MIT

MIT USA

Masscahusetts Institute of Technology berada di Cambridge, US, yang berfokus pada pengajaran di bidang sains dan teknologi. Beberapa program MSc yang ditawarkan di MIT yaitu M.Sc. Aeronautics and Astronautics, M.Sc. Architecture Studies (Design), dan M.Sc. Building Technology.

Sejak 1861, MIT menawarkan pendidikan inovatif dengan komunitas yang dibentuk agar mampu memecahkan berbagai masalah dalam bidang sains. Pembelajaran melibatkan riset terkini termasuk tentang isu nanoteknologi, energi berkelanjutan, hingga ketahanan pangan.

4. Harvard University

Harvard University

Pilihan lainnya untuk destinasi pendidikan MSc di Cambridge yaitu Harvard University. Universitas tersebut mampu menyediakan kualitas pengajaran, pembelajaran, dan riset kelas dunia Beberapa program bergelar MSc di Harvard University yaitu M.Sc. Epidemiology dan M.Sc. Science.

Universitas mengadakan pembelajaran di Cambridge dan Boston, Massachusetts dengan adanya hingga lebih dari 20.000 kandidat mahasiswa di semua jenjang. Saat ini, Harvard University telah menghasilkan hingga lebih dari 360,000 alumni, semuanya berasal dari berbagai belahan dunia.

5. University of Cambridge

University of Cambridge

Terakhir, University of Cambridge mempunyai 18.000 mahasiswa lebih, dari berbagai penjuru dunia. Salah satu program MSc yang disediakan yaitu M.Sc. History of Art and Visual Culture.

Selama kegiatan riset, mahasiswa mempunyai peluang mendapatkan bekerja di bidang riset, mewakili departemen dan kolese. Kamu juga bisa belajar membantu staf akademik dalam menjalankan kelas riset di laboratorium.

Mengapa Harus Menyandang Gelar Master of Science?

Berikut adalah alasan mengapa kamu harus menyandang gelar master of science:

Berwawasan Tinggi

Kamu berpeluang meningkatkan wawasan sesuai subjek yang telah kamu pelajari sejak kuliah Sarjana. Misalnya, saat mengambil Bachelor of Food Science, kamu bisa memperdalam wawasan di bidang tersebut dengan melanjutkan studi Master of Food Science.

Semakin tinggi wawasan tersebut, semakin banyak keterampilan yang kamu kuasai. Kamu juga jadi lebih ahli di subjek yang kamu pelajari tersebut. Pendidikan hingga jenjang master di subjek yang relevan akan membuat nilai CV kamu semakin unggul.

Membangun Relasi

Saat kuliah jenjang Sarjana, kamu bertemu dengan banyak orang berbeda untuk membangun relasi. Tetapi, ketika kuliah Master, kamu mempunyai cara pandang yang lebih matang. Kamu akan dipersiapkan untuk membangun karir yang lebih baik dan bagaimana bisa menjadi seorang ahli di bidang studi yang kamu pilih.

Gelar Master membuat kamu mempunyai jaringan, termasuk orang-orang fakultas, kenalan bisnis, dan dosen tamu. Semua orang tersebut sangat berpeluang memberikan kamu pekerjaan dengan gaji menjanjikan.

Berpotensi Gaji Tinggi

Gelar MSc merupakan investasi terbaik dalam kehidupan. Baru-baru ini, terdapat temuan riset di UK yang membandingkan gaji rata-rata orang-orang setiap tahun dengan gelar Bachelor dan Master. Hasilnya, gelar Master memberikan hingga 16% gaji lebih tinggi daripada gelar Bachelor. Di US, lulusan pascasarjana bahkan bisa menghasilkan 255 gaji lebih tinggi!

Hasil riset tersebut juga menyatakan bahwa mahasiswa dengan gelar Master mempunyai peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan tingkat keterampilan tinggi. 78% mahasiswa pascasarjana dapat bekerja kurang dari 6 bulan setelah lulus, yang mana hanya 66% mahasiswa sarjana dapat memperoleh kesempatan tersebut.

Mengembangkan Keterampilan Personal

Kuliah gelar Master membuat kamu harus melakukan banyak usaha secara personal dalam proses pembelajaran. Kamu akan mengembangkan kepribadian diri yang baru, keterampilan sosial, termasuk tingkat kemandirian, motivasi diri, manajemen waktu, dan sebagainya.

Interaksi dengan mahasiswa lainnya dari negara dan usia berbeda akan membantu mengembangkan keterampilan sosial dan rasa percaya diri dalam berkomunikasi. Jika kamu memilih kuliah Master di luar negeri, kamu akan belajar banyak hal, termasuk budaya di negara tersebut. Keterampilan dalam menjalani hidup di luar negeri tersebut akan membantu dalam perkembangan diri, termasuk ketika berkarir.

Meningkatkan Karir

Banyak mahasiswa menyandang gelar Sarjana akhirnya dapat bekerja di tempat yang baik. Tetapi, dengan mengambil gelar m sc adalah keputusan tepat apabila kamu ingin meningkatkan karir lebih menjanjikan. Kamu bisa menggunakan gelar tersebut untuk mencapai pekerjaan dengan posisi lebih tinggi, meningkatkan gaji, dan menjadi aset yang lebih bernilai di perusahaan yang kamu pilih.

Prospek Kerja Lulusan MSc

Lulusan MSc mempunyai peluang tinggi di berbagai bidang sesuai spesialisasi yang dipilih. Berikut adalah beberapa contoh pilihan karir yang bisa kamu dapatkan setelah menyandang gelar MSc:

Ahli Matematika

Ahli matematika merupakan seorang profesional yang mampu menggunakan berbagai teori dan teknik dalam menghadapi persoalan Matematika. Selain itu, juga mampu menghasilkan atau memahami prinsip-prinsip ilmiah, pandan menyelesaikan masalah dalam berbagai bidang. Sehingga, ahli Matematika selalu dibutuhkan dalam bidang bisnis, pemerintahan, dan ilmu pengetahuan sosial.

Peneliti

Research scientist bekerja sebagai seorang profesional, bertugas merancang, menguasai, dan menganalisa data yang diperoleh dari percobaan di laboratorium ataupun hasil investigasi. Seorang peneliti bisa bekerja di laboratorium pemerintah, organisasi lingkungan, atau lembaga lainnya.

Biochemist

Seorang ahli yang bekerja dalam menciptakan berbagai obat untuk berbagai macam jenis penyakit dikenal dengan biochemist. Beberapa tugas sehari-hari yang dikerjakan yaitu melakukan analisa DNA, enzim, molekul, pengaruh obat, hingga pengaruh makanan pada proses biologis.

Pengawas Makanan

Pengawas makanan adalah seorang profesional yang bertanggungjawab memastikan semua produk olahan makanan dijamin aman untuk dikonsumsi masyarakat. Seorang pengawas makanan dan obat-obatan, atau dikenal dengan bagian quality control inspector bertugas menguji makanan atau obat-obatan pada beberapa tahap pengemasan produk dan memastikan sudah sesuai standar kualitas yang berlaku.

Selain mengisi semua posisi tersebut, seorang lulusan MSc juga dibutuhkan di berbagai sektor lainnya yaitu sebagai seorang dosen atau tenaga pendidik di lembaga akademik atau di sektor perhotelan, perjalanan, jurnalistik, media, farmasi, dan lembaga pemerintahan maupun organisasi non-profit.

Mau tahu lebih banyak tentang gelar Master of science dan perkuliahannya? Hubungi agen perkuliahan luar negeri, ICAN Education untuk konsultasi bebas tanpa biaya!

Penutup

Dengan gelar master, kamu akan memiliki pengetahuan yang dibutuhkan untuk membuka peluang baru bagi diri sendiri. Ini berfungsi sebagai pendorong karier, membantu berpindah ke manajemen tingkat atas, posisi dengan keamanan lebih, dan kemungkinan peran dengan gaji lebih tinggi. Hal ini mungkin bisa memberi Anda keunggulan dibandingkan rekan-rekan Anda yang memiliki pengalaman kerja serupa tetapi tidak memiliki gelar master.

Manfaat lain dari mempelajari gelar master adalah memungkinkan kamu mengubah bidang karir. Banyak gelar master di dunia saat ini menerima siswa yang sebelumnya mengejar gelar sarjana yang tidak terkait. Ini memberikan kesempatan untuk melakukan perubahan di pertengahan karier dan menjelajahi sesuatu yang baru.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan