Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
perbedaan mendasar associate degree dan bachelor degree

Perbedaan Mendasar Associate Degree dan Bachelor Degree

Beranda / Perkuliahan / Perbedaan Mendasar Associate Degree dan Bachelor Degree

Jika kamu berencana kuliah di luar negeri, maka kamu harus mengetahui gelar yang bisa kamu dapatkan. Beberapa gelar yang tersedia di luar negeri biasanya Associates degree, Diploma, Bachelor dan lainnya. Jika masih belum memahami sepenuhnya, kamu perlu mengetahui perbedaan associate degree dan bachelor degree.

Dua gelar ini mungkin terdengar asing di telinga siswa Indonesia. Namun, begitu kamu perlu mengetahui perbedaan mendasar antara kedua gelar tersebut. Penting untuk mengetahui lebih jelas seputar semua gelar yang tersedia di universitas luar negeri.

Associate Degree dan Bachelor Degree, Apa Bedanya?

Sebelum kuliah di luar negeri, penting untuk mengetahui perkuliahan di negara tujuan kamu. Bahkan, untuk gelar yang tersedia juga perlu kamu ketahui secara menyeluruh, Jika masih bingung seputar perkuliahan di luar negeri, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant dengan para konselor yang telah berpengalaman.

Nah, untuk perbedaan associate degree dan bachelor degree ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Associate Degree

Gelar ini adalah ketegori gelar undergraduate yang setara dengan D3 di Indonesia. Program dalam gelar ini akan mengajarkan kamu soal ilmu pengetahuan dan keahlian teknis dasar. Kamu akan mendapatkan kemampuan yang dapat ditransfer ke berbagai bidang dalam dunia kerja.

Gelar ini biasanya dapat selesai dalam durasi dua tahun. Namun, ada beberapa jurusan dan universitas yang menawarkan program dengan durasi lebih dari dua tahun. Gelar ini bisa kamu pilih sebagai persiapan sebelum melanjutkan ke program gelar bachelor atau sarjana.

Program gelar associate tersedia sebagai gelar pekerjaan atau kejuruan, yang melatih siswa dalam keterampilan tertentu. Siswa juga dapat menyelesaikan gelar transfer associate dengan tujuan mentransfer ke perguruan tinggi atau universitas empat tahun.

Jika sudah berhasil menyelesaikan gelar associate degree, kamu dapat langsung melanjutkan ke program sarjana dengan durasi tambahan dua tahun. Biaya untuk menempuh program ini akan lebih murah dua sampai tiga kali lipat daripada program sarjana.

Program dalam gelar ini biasanya lebih fokus ke kurikulum yang lebih luas. Mahasiswa di jenjang ini akan mempelajari mata pelajaran di luar jurusan yang mereka pilih.

Beberapa jenis program associate degree adalah Associate of Arts, Associate of Science, Associate of Applied Science dan Associate of Applied Arts. Gelar ini lebih khusus untuk mempersiapkan siswa agar siap untuk memulai pekerjaannya.

Meskipun biaya kuliah dan biaya sangat bervariasi di setiap universitas, umumnya biaya untuk mendapatkan gelar associate lebih rendah daripada biaya untuk gelar bachelor. Biaya kuliah dan biaya tahunan rata-rata untuk perguruan tinggi negeri dua tahun kurang dari $3.500.

Baca juga: 3 Universitas Dengan Associate Degree Online Programs

Bachelor Degree

Bachelor dehree adalah gelar yang cukup populer dan menjadi favorit banyak siswa. Gelar ini setara dengan S1 di Indonesia. Bachelor degree termasuk gelar lanjutan setelah kamu menamatkan SMA atau SMK.

Gelar bachelor yang sangat populer dan menjadi favorit banyak siswa adalah Bachelor of Arts (B.A) dan Bachelor of Sciences (B.Sc). Program gelar sarjana fokus pada jurusan tertentu, atau topik studi. Kamu dapat menyelesaikan pendidikan umum atau kursus kurikulum inti dalam berbagai bidang (termasuk seni rupa, seni bahasa, sains, dan sejarah) serta kursus wajib dan pilihan yang terkait dengan jurusan kamu.

Gelar ini biasanya bisa kamu selesaiakan dalam waktu 4 tahun dan mengajarkan bidang studi yang sangat spesifik, seperti bisnis, matematika dan psikologi.

Di luar negeri, gelar ini bisa selesai jika kamu berhasil menempuh 120 SKS. Sedangkan, untuk di Indonesia, gelar ini bisa dirampungkan dengan menyelesaikan 140 SKS.

Untuk siswa lokal yang memilih untuk kuliah di perguruan tinggi negeri empat tahun menghabiskan biaya sekitar $9.400. Biaya ini tentu berbeda tergantung program dan universitas yang kamu pilih.

Untuk siswa yang belum bisa masuk ke gelar bachelor, maka kamu bisa mengambil gelar associate degree terlebih dahulu.

Gelar Mana yang Harus Kamu Pilih?

Untuk mengetahui gelar apa yang paling tepat, kamu harus mengetahui berbagai aspek, mulai dari durasi, biaya, persyaratan masuk dan lain sebagainya.

Gelar associate degree terdiri dari 60 kredit dan dapat selesai dalam kurun waktu 2 tahun. Namun, bachelor degree terdiri dari 12 kredit dan dapat selesai selama 3-4 tahun. Maka, durasi associate degree lebih singkat dibandingkan bachelor degree.

Untuk biaya, associate degree memiliki biaya yang lebih murah. Kredit yang didapatkan di gelar ini juga dapat ditransfer ke gelar bachelor. Jika mengambil gelar associate degree kamu akan menghemat biaya kuliah, dan bisa mendapatkan pengalaman kuliah yang lebih beragam.

Associate degree memiliki persyaratan masuk yang lebih mudah daripada bachelor. Inilah alasan mengapa gelar ini sangat disarankan untuk siswa yang belum bisa masuk ke gelar bachelor.

Gelar apapun yang akan kamu pilih sebenarnya akan sangat bergantung pada tujuan kuliah dan karir kamu. Jika kamu belum bisa masuk ke gelar sarjana atau bachelor, maka persiapkan diri untuk masuk ke gelar associate degree terlebih dahulu.

Baca juga : Seputar Bachelor Top Up Degree

Transfer dari Gelar Associate ke Gelar Sarjana

Mentransfer dari gelar associate ke gelar sarjana seringkali sangat sederhana. Selama kredit kursus kamu relevan dan diterima oleh universitas yang menawarkan gelar sarjana, kamu dapat mentransfernya dan bergabung dengan program sarjana di tengah jalan, atau dikenal sebagai format 2 + 2.

Jika kamu ingin memiliki opsi ini, pastikan kamu meneliti institusi pilihan dan persyaratannya. Sebab, kamu mungkin perlu mengambil kelas atau jam kredit tertentu untuk memastikan kamu sepenuhnya siap untuk pindah ke program sarjana.

Beberapa universitas yang menawarkan associate degree dan bachelor degree adalah:

  • University of the People
  • The University of Arizona
  • Oregon Colleges
  • Massachusetts Colleges
  • Michigan Colleges
  • Minnesota Colleges
  • Ohio University

Memutuskan akan melanjutkan ke gelar associate atau bachelor mungkin menjadi keputusan yang sulit. Program gelar yang kamu pilih harus selaras dengan tujuan pribadi, professional dan keuangan kamu. Nah, penting untuk mengetahui perbedaan associate degree dan bachelor degree agar kamu bisa membuat keputusan yang tepat.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan