Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant

Apa itu Prestasi Non Akademik? Ini Penjelasannya

Beranda / Bacaan Umum / Apa itu Prestasi Non Akademik? Ini Penjelasannya

Apa itu prestasi non akademik? Jadi, prestasi non akademik adalah prestasi yang didapatkan dari hasil lomba atau kompetisi akademik. Prestasi ini bisa kamu dapatkan dari mengikuti kegiatan ekstrakulikuler atau kompetisi akademik, bisa juga melalui kegiatan organisasi di sekolah. 

Cakupan prestasi non akademik lebih luas dari prestasi akademik. Karena non akademik memiliki kegiatan yang lebih beragam. Selain itu prestasi non akademik lebih mengarah pada daya intelektual siswa dalam memahami dan menguasai pelajar di sekolah. 

Apa itu Prestasi Non Akademik?

Non akademik adalah salah satu istilah yang sering kita dengar dalam dunia pendidikan. Non akademik merujuk pada kemampuan intelektual seseorang. Kemampuan non akademik cukup sulit untuk diukur benar atau salahnya. Kemampuan ini hanya dapat dinilai melalui subjektivitas orang yang melihatnya.

Prestasi non akademik merujuk pada seseorang dalam mengembangkan bakat, minat dan keterampilan di luar konteks pembelajaran di sekolah. Sehingga kemampuan ini akan berbeda-beda pada setiap orang dan tidak bisa disamaratakan. Kegiatan non akademik bisa menjadi wadah bagi seseorang untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya.

Manfaat Prestasi Non Akademik

Kegiatan non akademik pada dasarnya mendorong kemampuan yang dimiliki seseorang. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dengan prestasi non akademik.

Mengembangkan Kemampuan Siswa

Memiliki prestasi non akademik membuat kamu semakin menggali potensi bakat yang kamu miliki, untuk melakukan itu kamu perlu memahami bagaimana jenis-jenis bakat, dan cara mengembangkan bakat agar dapat lebih mudah mendeteksi dan menyadari sebuah bakat dan passion, karena setiap orang memiliki potensi, dan minat yang berbeda-beda. 

Terkadang, potensi yang dimiliki tidak terlihat jika tidak digali. Selain mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang mampu untuk mengembangkan potensi, kamu juga dapat ikut serta ke dalam berbagai kursus atau les, seperti dibidang olahraga dan lainnya. 

Meningkatkan Kemampuan untuk Berorganisasi

Memiliki prestasi non akademik membuat kemampuan berorganisasi kamu semakin baik. Hal ini terjadi karena kamu sudah terbiasa berhadapan dengan situasi di depan orang banyak. Dengan berorganisasi, kemampuan dalam bekerja sama, bertanggung jawab, bersikap jujur, mandiri, dan bertoleransi, serta melatih kemampuan untuk menghargai setiap pendapat para anggota organisasi semakin baik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi non akademik berpengaruh terhadap kegiatan berorganisasi, karena dapat semakin melatih mental untuk bersikap dewasa dalam menghadapi masalah. Karakteristik kamu juga dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Mengusir Rasa Jenuh

Mengikuti kegiatan yang ada di bidang non akademik akan cara untuk mengusir rasa jenuh terhadap belajar. Bagi sebagian orang, belajar yang dilakukan setiap hari dapat menimbulkan rasa jenuh. Apabila hal ini terus dibiarkan maka akan membuat seseorang menjadi bosan, dan kemampuan belajarnya menjadi turun.

Oleh karena itu, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menjadi solusi untuk mengusir rasa jenuh. Bila kamu sudah mengetahui bakat yang dimiliki, maka akan dapat menunjang potensi dan bakat siswa. Kamu tidak perlu khawatir akan terganggunya kegiatan belajr dikelas, karena ekstrakurikuler biasanya dilakukan selama satu kali dalam seminggu, jadi kegiatan belajar tidak akan mengganggu sama sekali.

Contoh Kegiatan Non Akademik

Ada banyak kegiatan non akademik yang berkualitas dan bermanfaat yang bisa kamu pilih sesuai bidang peminatan. Berikut contoh kegiatan non akademik. 

Mengikuti Perlombaan

Mengikuti perlombaan olahraga seperti lomba karya tulis, lomba cabang olahraga, lomba debat dan lomba lainnya, menjadi nilai khusus untuk CV kamu nanti. Aktif mengikuti ajang perlombaan dipandang sebagai pribadi yang kompetitif dan aktif, hal ini akan semakin melatih mental. 

Setelah lulus kamu akan dihadapkan pada ratusan pesaing didunia kerja, dengan bermodal sertifikat lomba, kamu bisa selangkah lebih diuntungkan dalam melamar kerja. Sehingga penting bagi kamu sebagai calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba, sebagai bekal saat kamu lulus nanti.

Menjadi Panitia Acara

Bagi kamu yang masih belum mengetahui bakat yang dimiliki, kamu bisa mencoba menjadi panitia acara yang termasuk prestasi non akademik. Hal ini akan berguna untuk menjadi bekal kamu saat kamu lulus nanti. Menjadi panitia akan mengasah kemampuanmu dalam berkomunikasi, bekerjasama, berani memberi pendapat, pola pikir, manajemen waktu, kerjasama dan lainnya 

Kemampuan-kemampuan tersebut akan membantu kamu menjadi seorang yang profesional, entah menjadi seorang karyawan maupun pebisnis. Dengan menjadi salah satu panitia dalam sebuah acara, hal ini akan meningkatkan soft skill yang telah disebutkan sebelumnya. 

Kegiatan Organisasi

Mengikuti organisasi menjadi wadah untuk mengembangkan diri dengan cara yang lebih luas. Kegiatan organisasi tentu saja akan berbeda dengan belajar dikelas, karena organisasi akan membantu kamu untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang baru, unik atau berbeda. Organisasi juga dapat melatih kedisiplinan, keberanian, dan tanggungjawab. 

Biasanya dalam berorganisasi menyiratkan untuk melakukan sesuatu diluar keahlian. Sehingga disini dibutuhkan pembelajaran yang terkait hal-hal baru tersebut, yang nantinya akan menghasilkan keterampilan baru, mengembangkan perilaku berbeda dan memperluas pengetahuan. 

Penutup

Dalam dunia pendidikan dan pengembangan pribadi, pemahaman tentang non-akademik adalah kunci untuk pertumbuhan berkelanjutan. Hal ini sangat penting untuk menilai dan membentuk individu yang berkualitas. Apabila kamu tertarik untuk mencari tempat pendidikan yang dapat mengasah prestasi akademik, konsultasikan ke agen pendidikan profesional dan terpercaya Ican Education Consultant.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan