Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
asiknya jadi mahasiswa di amerika

Asiknya Jadi Mahasiswa di Amerika

Beranda / Bacaan Umum / Asiknya Jadi Mahasiswa di Amerika

Banyak pelajar yang ingin mendaftar kuliah dan menjadi mahasiswa di Amerika. Negeri Paman Sam tersebut terkenal karena mempunyai banyak universitas inovatif.

Menurut QS World University Rankings, terdapat hingga lima institusi pendidikan tinggi Amerika Serikat masuk dalam 10 besar universitas top di dunia. Menurut rankings tersebut, peringkat pertama hingga peringkat ketiga universitas top dunia berada di Amerika Serikat.

5 Alasan Harus Jadi Mahasiswa di Amerika

Bisa menjadi mahasiswa di Amerika sangat mengasyikkan. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus kuliah di Amerika, yaitu:

1. Kurikulum Pendidikan

Amerika Serikat merupakan destinasi pendidikan nomor satu untuk para pelajar internasional yang ingin kuliah di luar negeri. Pendidikan berkualitas, kurikulum terbaik, dan juga lingkungan multicultural membuka peluang lebih besar.

Amerika Serikat juga mempunyai banyak program unggulan pada banyak bidang. Para pelajar juga punya kesempatan terlibat pada berbagai riset dan juga kesempatan akademis lainnya. Tidak sedikit lembaga pendidikan punya reputasi tinggi karena kualitas pengajaran dan riset.

Lulusan dari kampus Amerika membuat kamu punya peluang menjadi manusia yang punya potensi lebih banyak, kualitas pendidikan mumpuni adalah kunci utama dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas.

2. Perguruan Tinggi di Amerika Kelas Dunia

Ada banyak universitas terkemuka di seluruh penjuru dunia, salah satunya Amerika Serikat. Begitu banyak universitas di Amerika yang konsisten masuk pada peringkat tinggi universitsa top.

Beberapa diantaranya yaitu Harvard, Yale, Standford, University of Arizona, dan lainnya untuk menghasilkan lulusan berkualitas. Amerika Serikat juga mampu menjadi tempat pelajar internasional terbanyak di dunia. Dari 200 universitas terkemuka di dunia, 40% di antaranya yaitu berlokasi di Amerika Serikat.

3. Gelar Global

Alasan mengapa kuliah di Amerika sangat mengasyikkan adalah setelah lulus yaitu mendapatkan gelar secara global, pengalaman melanjutkan kuliah di negara tersebut akan menguntungkan karir kamu saat mencari kerja.

4. Prospek Luas

Beberapa pelajar memilih jadi mahasiswa di Amerika karena adanya banyak dukungan yang membuat pelajar internasional merasa betah. Tidak hanya lokakarya, kamu juga dapat ikut kursus praktik dalam Bahasa Inggris, pelatihan, orientasi, atau bantuan lainnya yang akan mempermudah dalam beradaptasi selama studi.

Mempunyai gelar secara global membantu agar para lulusan memperoleh pekerjaan pada perusahaan multinasional di Indonesia dan di luar negeri. Banyak perusahaan mencari calon karyawan dengan pengetahuan luas, mudah beradaptasi, dan pengalaman lainnya selama kamu melanjutkan perkuliahan.

Perusahaan hanya membutuhkan individu yang tidak hanya menguasai kemampuan multi Bahasa atau multi budaya, tetapi mampu berkomunikasi, bernegosiasi, serta melakukan bisnis dalam melintasi beragam budaya.

5. Teknologi Canggih

Lembaga pendidikan di Amerika unggul pada bidang teknologi, riset, dan teknik serta membuat berbagai macam peralatan dan sumber daya terbaik. Mahasiswa juga bisa ambil berbagai pengalaman riste untuk memperoleh tambahan dana studi dari berbagai proyek penelitian.

Ada banyak program studi pascasarjana menyediakan kesempatan pelatihan dan pengajaran untuk memungkinkan mahasiswa sebagai asisten dosen, dnegna syarat adalah mahasiswa sarjana ataupun asisten peneliti pada proyek riset khusus.

Baca Juga : Kurikulum Pendidikan Di Amerika

Besaran Biaya Kuliah di Amerika

Amerika adalah salah satu tujuan pendidikan tinggi terpopuler di dunia – dan juga salah satu yang termahal. Meskipun biayanya mungkin cukup membuat kamu kaget, ada baiknya mengeksplorasi semua jalur pendanaan dan bantuan keuangan sebelum memutuskan kuliah di negara ini.

Biaya kuliah berkisar dari $5,000 hingga $50,000 per tahun. Kebanyakan gelar sarjana berlangsung selama empat tahun.

Universitas-universitas Amerika membedakan antara mahasiswa dalam negeri dan luar negeri ketika menghitung biaya kuliah. Perguruan tinggi negeri berdurasi empat tahun pada umumnya membebankan biaya $10,200 kepada mahasiswa dalam negeri, sedangkan mahasiswa luar negeri dikenakan biaya $26,290. Ada juga perguruan tinggi swasta nirlaba, yang mengenakan biaya rata-rata $35,800. Ini termasuk universitas seperti Harvard, Stanford dan Yale.

Mahasiswa di Amerika harus mempersiapkan biaya universitas dan biaya hidup. Akomodasi dan biaya hidup bergantung pada gaya hidup pribadi. Besaran biaya kuliah mulai $10.000-$55.000 USD tiap tahunnya. Sedangkan biaya akomodasi sangat bergantung pada pilihan universitas atau pilihan kota tempat tinggal.

Besaran akomodasi ketika kuliah di Amerika Serikat yaitu $4.000 hingga $8.000 USD per tahun. Apabila memilih apartemen untuk tempat tinggal, kamu juga harus mengeluarkan biaya tambahan termasuk biaya transportasi, listrik, saluran telepon, furniture, dan biaya makanan.

Kalau kamu bingung dalam mengatur rencana kuliah ke luar negeri, seperti Amerika, kamu dapat meminta bantuan ICAN Education Consultant. Agen perkuliahan luar negeri ini akan memberikan informasi lengkap terkait bagaimana syarat pendaftaran, cara daftar kuliah, mengurus visa dan akomodasi, serta lainnya.

Kegiatan Seru Selama Menjadi Mahasiswa di Amerika

Leonardo edwin

Simak selengkapnya di Youtube Leonardo Edwin!

Apabila memiliki peluang untuk mengikuti beberapa kegiatan mahasiswa, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena tentunya kegiatan mahasiswa Amerika akan cukup berbeda dengan di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa kegiatannya di bawah ini!

Mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Kegiatan pertama yang dapat dilakukan adalah mengikuti UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. Sama halnya seperti Indonesia, universitas di Amerika pun menyediakan UKM. Beberapa kampus pun menyediakan UKM yang cukup menarik serta menyenangkan. Misalnya saja di Bowling Green State University yang menyediakan UKM BG Undead.

Kegiatan di UKM ini adalah mengajak para anggotanya untuk berpura-pura menjadi zombie. Selain UKM yang bersifat hiburan, terdapat pula UKM dengan kegiatan mengabdi. Misalnya saja UKM Adopt-A-Grandparent di University of Toledo. UKM ini memiliki kegiatan untuk mengunjungi panti jompo. Lalu para mahasiswa akan menemani dan bermain dengan lansia.

Part Time (Kerja Paruh Waktu)

Di beberapa negara, khususnya di Amerika terdapat program magang yang disediakan oleh Cafe atau restoran. Para mahasiswa di Amerika yang berasal dari negara asing biasanya akan mengisi waktunya dengan part time. Selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan part time pun berpotensi menambah uang saku selama berkuliah dan hidup di negara Amerika.

Jangan terkejut apabila pelayan di Caf atau restoran memang diisi oleh banyak mahasiswa. Karena menjalani part time sudah menjadi hal yang tidak asing di negara ini. Khususnya part time yang dilakukan oleh para mahasiswa. Kegiatan part time ini tidak akan mengganggu kuliah. Karena dilakukannya hanya setengah hari setelah menyelesaikan perkuliahan.

Baca juga : Kuliah Murah Di Amerika

Weekend for Travel

Kegiatan terakhir yang dapat dilakukan adalah weekend for travel. Ketika memiliki hari libur, tidak ada salahnya untuk mengisi hari libur dengan traveling. Kuliah di Amerika biasanya akan memiliki banyak waktu libur. Sehingga dapat diisi dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik, seru, dan terjangkau.

 

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan