Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kisaran biaya hidup di sydney australia

Kisaran Biaya Hidup di Sydney Australia

Beranda / Bacaan Umum / Kisaran Biaya Hidup di Sydney Australia

Ketika memilih studi di luar negeri, maka salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan adalah berapa besaran biaya hidup. Mahasiswa Indonesia harus mampu mengatur berapa besaran biaya hidup di Sydney Australia agar anggaran keuangan benar-benar efektif untuk mendukung kebutuhan akomodasi, makanan, dan juga biaya kesehatan maupun transportasi.

Jadi, tidak hanya untuk urusan perkuliahan saja yang harus dipikirkan, tetapi juga berapa biaya hidup untuk menyelesaikan perkuliahan dari awal masuk sampai mendapatkan gelar. Kamu bisa memperkirakan pengeluaran pengeluaran untuk biaya hidup dengan bantuan ICAN Education Consultant sebagai agen perkuliahan luar negeri yang dapat memberikan gambaran mengenai perkuliahan di Australia.

Sydney merupakan salah satu destinasi pendidikan paling populer di Australia karena gaya hidup yang benar-benar menarik. Sydney merupakan kota pertama di Australia sekaligus menjadi tempat pendaratan Armada pertama yaitu pada tahun 1788 dan menjadi dewan kota pertama yang bergabung pada tahun 1842.

Estimasi Biaya Hidup Rata-rata di Sydney

Sydney mempunyai Landmark yang sangat ikonik yaitu Sydney Opera House yang terpopuler di dunia serta Sydney Harbour Bridge. Keduanya merupakan tujuan penting yang wajib kamu lihat selama menjalani perkuliahan di Australia.

Selama menjalani perkuliahan, kamu juga dapat berbaur pada berbagai acara olahraga maupun budaya termasuk saat perayaan malam tahun baru spektakuler. Ada juga perayaan tahun baru Cina terbesar yang ada di luar Asia. Berikut adalah estimasi besaran biaya hidup di Sydney Australia per minggu:

Jenis Pengeluaran Biaya
Sewa tempat tinggal $165-440
Makanan $100-150
Listrik/Gas $35-140
Internet/Telepon $20-55
Lainnya $50
Total $370-885

Adalah kewajiban untuk seluruh pelajar Indonesia yang memilih Australia sebagai pilihan destinasi, dengan memperoleh asuransi kesehatan yang mempunyai biaya rata-rata berkisar AUD 500. Pertimbangkan juga untuk estimasi biaya mengurus visa pelajar yaitu sebesar AUD 575.

Biaya hidup lainnya yang harus kamu tanggung adalah biaya komunikasi sebagai pelajar dari Indonesia untuk menghubungi keluarga maupun teman di rumah. Pastikan mempunyai simpanan anggaran sebesar AUD 150 untuk tiap tiga bulan sebagai biaya tagihan telepon dan juga data internet. Carilah panggilan yang dapat menghemat biaya dan memberikan diskon supaya kamu bisa tetap terhubung dengan orang-orang yang kamu sayang di Indonesia dalam anggaran bulanan.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selama tinggal dan kuliah di Australia, khususnya Sydney. Tidak hanya bisa menikmati tempat makan dan belanja hebat, tapi kamu juga akan menemukan seni dan budaya yang tercermin pada arsitektur bangunan menakjubkan.

Baca Juga: Universitas terbaik  di Sydney australia

Kisaran Biaya Kuliah Di Australia

Tidak hanya informasi tentang berapa besaran biaya hidup di Sydney Australia, kamu juga wajib tahu tentang berapa kisaran biaya kuliah di negara kanguru tersebut. Pengeluaran biaya kuliah sangat bergantung pada jenis kualifikasi maupun pilihan Universitas atau sekolah yang kamu pilih.

Bagi para pelajar Indonesia yang memiliki gelar dokter hewan maupun medis, maka harus mengeluarkan biaya kuliah jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan gelar lainnya. Rata-rata besaran biaya kuliah yang harus kamu tanggung pada salah satu lembaga perguruan tinggi Australia mencapai AUD 20.000 hingga AUD 30.000 per tahun.

Biaya kuliah jadi lebih murah apabila kamu memilih kursus pada bidang humaniora, pendidikan, dan bidang seni, sementara pada pelajaran seperti kedokteran dan teknik justru lebih mahal. Biaya kuliah juga bisa lebih tinggi dengan biaya bervariasi tergantung pilihan program apabila kamu ingin menjalani perkuliahan pada tingkat pascasarjana. Kamu bisa mendapatkan biaya perkuliahan lebih murah kalau melamar perkuliahan melalui jalur beasiswa.

Tips Hemat Selama Kuliah di Australia

Menurut pemerintah Australia, jumlah minimum yang diperlukan untuk menutupi biaya hidup di Australia adalah AU $20,290 per tahun (tidak termasuk perjalanan ke dan dari Australia dan biaya sekolah).

Bagi pelajar internasional, biaya akomodasi dan perkuliahan merupakan pengeluaran tertinggi selama belajar di Australia. Nah, berikut beberapa tips berhemat yang bisa kamu lakukan selama kuliah di Sydney, Australia:

Carilah Pekerjaan Paruh Waktu

Australia dikenal membayar upah layak, bukan upah minimum. Tips ini cukup membantu bagi pelajar yang sedang mencari pekerjaan sambilan. Siswa internasional diperbolehkan bekerja paruh waktu sambil belajar. Jika kamu menggunakan visa pelajar, maka diperbolehkan bekerja 40 jam setiap dua minggu. Kamu dapat bekerja sebagai pelayan atau barista untuk mendapatkan sedikit uang belanja. 

Rencanakan Anggaran

Berdasarkan pendapatan dan pengeluaran, rencanakan anggaran kamu terlebih dahulu. Dengan memantau keuangan, hindari pengeluaran melebihi anggaran yang kamu miliki. Bagilah pengeluaran menjadi item-item yang ‘penting’ dan ‘tidak penting’. Misalnya, membayar biaya akomodasi kampus itu penting, tapi makan junk food tidak penting. Ingatlah juga untuk menabung sejumlah uang untuk keadaan darurat.

Manfaatkan Diskon Pelajar

Australia adalah negara yang penuh dengan kejutan luar biasa bagi pelajar. Jika kamu belajar di Australia dengan kartu ISIC, maka kamu dapat memanfaatkan kartu tersebut sebaik-baiknya. Mulai dari transportasi hingga penerbangan dengan diskon pelajar, Australia menawarkan beberapa diskon kepada pelajar. Bahkan diskon pelajar bisa kamu dapatkan di beberapa toko dan outlet. Jika memungkinkan, manfaatkan konsesi siswa yang kamu miliki.

Meskipun salah satu hal tersulit dalam belajar di Australia adalah menjaga anggaran. Kamu tetap bisa menjaga keuangan dengan keterampilan manajemen yang tepat untuk mempertahankan kendali.

Penutup

Australia saat ini merupakan tujuan terpopuler ketiga bagi pelajar internasional di negara-negara berbahasa Inggris, setelah Amerika Serikat dan Inggris. Banyak pelajar internasional memilih belajar di sana karena keragaman budaya, penduduk asli yang ramah, dan kualitas pendidikan yang tinggi.

Lulusan dari sekolah-sekolah Australia sangat dicari karena reputasi internasional yang mengesankan dari sistem pendidikan Australia. Sistem ini diatur secara hati-hati oleh pemerintah untuk menjaga standar tinggi pendidikan yang terkait dengan negara tersebut.

Standar hidup Australia termasuk yang tertinggi di dunia. Biaya hidup dan biaya kuliah di Australia jauh lebih rendah dibandingkan di Amerika Serikat dan Inggris. Siswa internasional dapat bekerja paruh waktu selama mereka belajar, sehingga mereka dapat mengimbangi biaya hidup mereka. Ada juga kemungkinan beasiswa, yang membantu menurunkan biaya belajar bagi siswa internasional.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan