estimasi biaya kuliah di kuala lumpur malaysia

Estimasi Biaya Kuliah di Kuala Lumpur Malaysia

Beranda / Perkuliahan / Estimasi Biaya Kuliah di Kuala Lumpur Malaysia

Informasi seputar biaya kuliah di Kuala Lumpur sangat penting bagi kamu yang tertarik kuliah di Kuala Lumpur. Kuala Lumpur merupakan ibukota Malaysia, yang saat ini tengah menjadi pusat perhatian mahasiswa internasional di kawasan Asia sejak beberapa tahun terakhir. Salah satu alasan kenapa banyak pelajar internasional yang tertarik untuk kuliah di Kuala Lumpur karena mereka bisa mendapatkan biaya perkuliahan yang cukup terjangkau dibandingkan dengan beberapa negara lain.

Di Kuala Lumpur kamu bisa merasakan bagaimana ekonomi dapat berjalan dengan dinamis serta masyarakat yang aman dan damai. Tidak hanya itu tetapi juga banyak beberapa perguruan tinggi berkualitas internasional yang sudah diakui oleh dunia hadir di Kuala Lumpur.

Seputar Kota Kuala Lumpur Malaysia

Kuala Lumpur merupakan ibukota dari negara Malaysia dan menjadi pusat ekonomi, kebudayaan, serta pemerintahan dari negara tersebut. Kuala Lumpur dikenal dengan gedung pencakar langit, berbagai macam atraksi wisata, serta keanekaragaman yang dimiliki. Sebagai pelajar internasional tentu kamu ingin mendapatkan informasi lebih seputar kualitas pendidikan yang ditawarkan di kota Kuala Lumpur,  Malaysia.

Untuk bidang pendidikan di kota Kuala Lumpur, sering dijadikan sebagai tujuan populer pelajar internasional karena kualitas pendidikan tinggi yang sudah diakui dunia. Bahkan tidak sedikit Universitas internasional yang  datang dari negara Eropa maupun Australia, kemudian memiliki kampus di kawasan Kuala Lumpur. Universitas-universitas unggulan tersebut menawarkan Berbagai macam program studi dalam bahasa Inggris sehingga memudahkan belajar internasional untuk menyesuaikan diri.

Ada banyak sekali alasan kenapa Kuala Lumpur menjadi kota yang tepat bagi pelajar internasional, misalnya seperti berikut:

  • Kualitas pendidikan terjamin. Kuala Lumpur dikenal memiliki banyak institusi pendidikan berkualitas, baik Universitas lokal maupun Universitas cabang dari beberapa perguruan tinggi internasional ternama. Beberapa universitas terbaik di Kuala Lumpur bisa menjadi pilihan bagi pelajar internasional.
  • Kuliah di Kuala Lumpur  lebih irit biayanya. Kuala Lumpur telah dikenal sebagai salah satu kota yang paling terjangkau bagi pelajar internasional. Bahkan biaya perkuliahan di manusia lebih lebih rendah dibandingkan dengan beberapa negara-negara seperti Singapura, Australia, Inggris, dan beberapa negara barat lainnya.
  • Sekalipun bahasa Malaysia merupakan bahasa resmi, tetapi kuliah di Kuala Lumpur juga menggunakan bahasa Inggris yang sangat umum ditemukan. Bahkan, beberapa perguruan tinggi menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada beberapa jurusan, sehingga bisa memudahkan  pelajar internasional untuk mengikuti perkuliahan.

Dan masih banyak alasan lainnya yang bisa membantu kamu semakin yakin untuk mengambil perkuliahan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Untuk dapat kuliah di Malaysia, terutama di Kuala Lumpur, kamu harus memenuhi syarat masuk khusus untuk universitas dan program yang kamu minati.

Meskipun kriteria penerimaan berbeda antar institusi, hampir semua universitas di Malaysia mengharuskan kamu untuk lulus pendidikan sekolah menengah terlebih dahulu.

Baca Juga: Estimasi Biaya Kuliah Di Xiamen University Malaysia

Universitas Terbaik di Kuala Lumpur

Kuliah di Kuala Lumpur pastikan kamu  mendaftarkan diri di salah satu perguruan tinggi terbaik. Ada beberapa perguruan tinggi unggulan yang telah diakui dunia di Kuala Lumpur dan bisa menjadi pilihan bagi pelajar internasional, seperti berikut:

Universiti Malaya

Salah satu universitas terbaik di Kuala Lumpur adalah Universiti Malaya.Perguruan tinggi ini juga menjadi salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di Malaysia, di mana sudah berdiri sejak 1905. Tidak hanya diakui di negara Malaysia, tetapi Universiti Malaya juga mendapatkan peringkat sebagai salah satu perguruan tinggi yang diakui  global di Asia maupun dunia.

Universiti Malaya dikenal dengan program-program akademik yang kuat, penelitian yang inovatif, dan kerjasama internasional yang luas.

Universiti Kebangsaan Malaysia

Selanjutnya perguruan tinggi yang unggulan di Malaysia dan lokasinya berada di Kuala Lumpur adalah Universiti Kebangsaan Malaysia. Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1970 dan juga termasuk perguruan tinggi terkemuka dalam kelompok universitas  riset di Malaysia. Perguruan tinggi ini terus meningkatkan kualitas pendidikan dan posisinya dalam berbagai macam berkat internasional dan Asia.

Tidak hanya fokus terhadap kualitas pendidikan dan pengajaran, tetapi Universiti Kebangsaan Malaysia kamu juga meningkatkan kualitas pada penelitian signifikan dan keterlibatan masyarakat.

Universiti Kebangsaan Malaysia

Selanjutnya juga ada Universiti Kebangsaan Malaysia yang sudah berdiri sejak 1970 dan menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Malaysia. Kampus ini didirikan dengan visi untuk mengangkat bahasa Melayu sebagai pengantar di lembaga pendidikan tinggi, memenuhi impian intelektual Melayu sejak awal abad ke-20.

Saat ini ada  13 fakultas yang bisa dipilih oleh pelajar internasional dalam berbagai macam bidang ilmu ermasuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Sains dan Teknologi, dan banyak lagi. Selain itu, UKM juga memiliki 12 institut penelitian unggulan yang berfokus pada berbagai bidang seperti teknologi kesehatan, perubahan iklim, dan nanoteknologi.

International Islamic University Malaysia

International Islamic University Malaysia juga menjadi kampus unggulan di Kuala Lumpur. Kamu sini menawarkan berbagai macam program-program unggulan seperti, Hukum Islam, Ekonomi Islam, dan berbagai bidang lainnya yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai Islam​. Lokasi kampus utama IIUM terletak di Gombak, Kuala Lumpur, dengan beberapa kampus lainnya di lokasi berbeda.

International Medical University

Universitas terbaik di Kuala Lumpur selanjutnya ada International Medical University. Kampus ini terkenal di bidang kedokteran dan kesehatan dan memiliki peringkat ke-21 di Malaysia. Program studi yang ditawarkan tentu dalam lingkup medis dan kesehatan yang sudah diakui secara internasional, termasuk Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, dan Ilmu Kesehatan​.

Informasi Biaya Kuliah di Kuala Lumpur

Setelah mengetahui ada banyak perguruan tinggi bulan di Kuala Lumpur yang bisa menjadi pilihan, kini saatnya untuk mempertimbangkan biaya perkuliahan. Sebenarnya bukan rahasia lagi jika biaya kuliah di Kuala Lumpur jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa negara tujuan studi lainnya, misalnya seperti Singapura, Korea, Jepang, Australia, dan beberapa negara lain.

Berikut ini beberapa informasi biaya perkuliahan di perguruan tinggi Kuala Lumpur dengan  masing-masing jenjang pendidikan.

  • Program D3 di Malaysia membutuhkan biaya mulai dari RM21,587 – RM.82,716 per tahun.
  • Program S1 di Malaysia membutuhkan biaya perkuliahan sangat beragam mulai dari RM21,446 – RM 61.000 per tahun.
  • Sedangkan untuk perkiraan biaya S2 di Malaysia berkisar dari RM21,070 – RM74,415 per tahun.

Tentu saja biaya perkuliahan tersebut berbeda disesuaikan dengan perguruan tinggi dan jurusan yang kamu ambil. Jika ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait biaya perkuliahan,  kamu bisa mengunjungi website resmi perguruan tinggi favorit di Kuala Lumpur.

Informasi Biaya Hidup di Kuala Lumpur

Tidak hanya sekedar biaya perkuliahan, tetapi biaya hidup di Malaysia tentu jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa negara-negara lain. Bagi pelajar internasional menyiapkan biaya hidup selama masa studi adalah hal yang penting. Kamu bisa membuat anggaran sebelum berangkat ke Malaysia untuk menempuh pendidikan. Berikut ini perkiraan biaya hidup selama di Malaysia.

Biaya Akomodasi

Akomodasi adalah salah satu hal yang perlu dipikirkan dengan baik bahkan sebelum keberangkatan ke Malaysia. Biaya akomodasi ini sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan jenis tempat tinggal yang kamu pilih. Jika kamu memilih tempat tinggal seperti kos atau apartemen dengan 1 kamar tidur, paling tidak membutuhkan biaya sekitar RM 1,300 – RM 2,500 (sekitar Rp 4,5 juta – Rp 8,5 juta) per bulan.

Tetapi jika kamu memilih menggunakan apartemen bersama maka biaya yang dibutuhkan RM 203 – RM 1,017 (sekitar Rp 700 ribu – Rp 3,5 juta) per bulan. Sedangkan untuk kondominium bersama, biayanya RM 407 – RM 3,256 (sekitar Rp 1,4 juta – Rp 11 juta) per bulan​. Pilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Biaya Makan

Selanjutnya biaya makan juga disesuaikan dengan pilihan serta gaya hidup kamu. Jika memilih untuk makan di luar, paling tidak biaya yang dibutuhkan sekitar RM 800 – RM 1,200 (sekitar Rp 2,8 juta – Rp 4,2 juta) per bulan. Sedangkan jika memilih untuk  makan di kantin kampus atau masak sendiri bisa lebih murah tergantung dengan kebiasaan memasak kamu dan pilihan bahan makanan yang digunakan.

Biaya Transportasi

Biaya transportasi juga termasuk salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan baik. Selama masa studi dan tinggal di Kuala Lumpur tentu kamu akan membutuhkan transportasi. Jika menggunakan transportasi publik, biaya sekitar RM 100 – RM 200 (sekitar Rp 350 ribu – Rp 700 ribu) per bulan. Sedangkan menggunakan transportasi pribadi, maka biaya bisa lebih tinggi disesuaikan dengan penggunaan.

Biaya Lain-Lain

Ada juga biaya lain-lain yang harus dianggarkan juga bagi mahasiswa internasional, seperti biaya listrik, air, dan internet  yang mungkin butuh sekitar RM 150 – RM 250 (sekitar Rp 525 ribu – Rp 875 ribu) per bulan​. Namun, hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang ya.

Baca juga:
Tentang Epsom College Malaysia dan Informasi Akademik Kampus
Daftar Universitas Terbaik di Kuala Lumpur

Syarat Kuliah di Kuliah di Kuala Lumpur Secara Umum

Apabila sudah semakin yakin untuk mengambil perkuliahan di Kuala Lumpur, penuhi persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Biasanya masing-masing perguruan tinggi memiliki persyaratan yang berbeda-beda, bahkan disesuaikan dengan jurusan yang diambil. Berikut ini beberapa persyaratan  secara umum yang perlu disiapkan.

  • Persyaratan akademik harus memiliki ijazah dan transkrip nilai. Jika mendaftar untuk program D3 dan S1, paling tidak kamu harus memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas yang setara. Tetapi jika mendaftar program S2, kamu harus memiliki gelar dan  S1 yang telah diakui. 
  • Ada beberapa perguruan tinggi yang mewajibkan calon mahasiswa mengikuti program foundation terlebih dahulu, terutama bagi yang berasal dari kurikulum internasional. 
  • Persyaratan kemampuan bahasa Inggris juga wajib dipenuhi. Apabila menggunakan IELTS minimal skor 5.0, TOEFL iBT skor minimal 40, Duolngo skor minimal 105, dan PTE Academic sekitar 47.
  • Menyertakan beberapa dokumen pendukung seperti paspor, catatan medis, surat rekomendasi, dan dokumen identitas diri lainnya.

Masih banyak persyaratan yang harus disiapkan oleh calon pelamar tidak tertarik kuliah di Kuala Lumpur. Untuk mempermudah proses pendaftaran ada baiknya jika kamu menggunakan bantuan dari agen pendidikan luar negeri seperti ICAN Education. Melalui agen pendidikan luar negeri akan lebih mudah  untuk mendapatkan informasi seputar perkuliahan dan pendaftaran di salah satu perguruan tinggi Kuala Lumpur.

Selain itu, kamu juga bisa menganggarkan dengan pasti biaya perkuliahan serta biaya hidup selama berada di Malaysia ketika menempuh pendidikan. Agen pendidikan luar negeri akan  mendampingi kamu dengan konsultan pendidikan  luar negeri yang profesional, sehingga proses pendaftaran dan kuliah di Kuala Lumpur jadi lebih mudah.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan