Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apa itu student loan cari tahu di sini!

Apa Itu Student Loan? Cari Tahu di Sini!

Beranda / Bacaan Umum / Apa Itu Student Loan? Cari Tahu di Sini!

Sebagian mahasiswa mungkin pernah mendengar seputar student loan. Namun, apa tu student loan dan bagaimana cara kerjanya? Student loan adalah jenis pinjaman yang dirancang untuk membantu siswa membayar biaya pendidikan pasca sekolah menengah seperti uang sekolah, buku, perlengkapan, dan biaya hidup.

Jika kamu mengajukan permohonan bantuan keuangan, sekolah kemungkinan akan memasukkan student loan sebagai bagian dari paket bantuan keuangan. Penting untuk memahami jenis pinjaman apa yang ditawarkan. Secara umum, ada dua jenis pinjaman mahasiswa, yakni Federal dan pinjaman mahasiswa swasta.

Lebih Jauh Seputar Student Loan

Student loan sendiri adalah uang yang dipinjam dari pemerintah atau pemberi pinjaman swasta untuk membayar kuliah. Pinjaman harus dibayar kembali nanti, bersama dengan bunga yang menumpuk dari waktu ke waktu.

Uang tersebut biasanya dapat digunakan untuk biaya kuliah, kamar dan makan, buku, atau biaya lainnya. Tetapi beberapa siswa menggunakan uang pinjaman mereka untuk hal-hal lain di luar kebutuhan studi mereka.

Student Loan Federal

Pinjaman Federal dibuat oleh pemerintah federal. Pinjaman federal memiliki banyak keuntungan dalam meminjam dibandingkan pinjaman pribadi. Mereka biasanya menawarkan suku bunga yang lebih rendah dan memiliki opsi pembayaran yang lebih fleksibel daripada bank atau lembaga keuangan swasta lainnya.

Untuk menerima pinjaman mahasiswa federal, kamu harus mendaftar setiap tahun dengan mengajukan Aplikasi Gratis untuk Bantuan Mahasiswa Federal (FAFSA). Ini akan digunakan untuk menentukan kelayakan kamu. Sekolah pilihan kemudian akan menentukan paket bantuan keuangan akhir.

Sebelum kamu mengambil pinjaman, penting untuk memahami kewajiban dan tanggung jawab hukum untuk membayar kembali pinjaman itu beserta bunganya. Dua pinjaman mahasiswa federal yang paling umum adalah pinjaman mahasiswa bersubsidi dan tidak bersubsidi.

Jika kamu memenuhi syarat untuk Pinjaman Bersubsidi Langsung, tingkat bunga pinjaman akan disubsidi oleh pemerintah federal selama pendaftaran di perguruan tinggi. Di sisi lain, jika kamu menerima pinjaman mahasiswa Langsung Tanpa Subsidi, maka bunganya akan lebih tinggi. Kamu bisa membayar bunga ini saat kuliah untuk mencegah bunganya semakin besar.

Pinjaman Mahasiswa Swasta

Pada dasarnya, pinjaman pelajar swasta biasanya lebih mahal dan memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman federal, dan siswa harus mulai melakukan pembayaran bulanan saat mereka masih di sekolah.

Semua syarat dan ketentuan akan tergantung pada pemberi pinjaman. Selain itu, siswa bertanggung jawab atas semua pembayaran bunga tidak ada lagi bantuan dari pemerintah.

Jika berencana mengambil pinjaman ini, kamu harus membaca secara lengkap semua persyaratan dan memperkirakan apakah kamu bisa membayar bunga saat di sekolah. Hal ini untuk mencegah pinjaman semakin besar.

Perlu informasi lebih lengkap seputar perkuliahan luar negeri? Kamu bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant. Tim professional kami akan memberikan informasi lengkap seputar perkuliahan yang akan kamu jalankan di luar negeri.

Kelebihan dan Kekurangan Student Loan

Sangat penting untuk memahami sepenuhnya seputar proses aplikasi, pencairan dan persyaratan pembayaran yang terkait dengan pinjaman ini.

Proses untuk mengambil pinjaman ini dapat bervariasi, tergantung pada jenis pinjaman dan berapa banyak dukungan keuangan yang kamu butuhkan. Jangan lupa untuk mengecek juga kelebihan dan kekurangan dari pinjaman pelajar ini untuk mengetahui secara lengkap terkait informasinya.

Kelebihan Pinjaman Pelajar

Pinjaman ini menawarkan dukungan keuangan bagi siswa yang ingin melanjutkan perkuliahan. Kamu tidak membutuhkan Riwayat kredit untuk menerima pinjaman pelajar.

Pinjaman ini seringkali memiliki tingkat bunga yang lebih rendah daripada pinjaman pribadi. Student loan sendiri juga memiliki suku bunga tetap untuk mencegah persyaratan pinjaman berubah dari waktu ke waktu.

Student loan ini juga memberikan rencana pembayaran yang fleksibel dan disesuaikan dengan pendapatan peminjam dan biaya hidup.

Selain biaya kuliah, pinjaman ini juga dapat digunakan untuk membayar akomodasi, serta buku pelajaran dan peralatan yang diperlukan untuk studi.

Kekurangan Pinjaman Pelajar

Untuk student loan, biasanya terdapat Batasan jumlah bantuan federal yang dapat diterima siswa. Jika kamu keluar dari masa perkuliahan tanpa menyelesaikannya, kamu harus segera membayar kembali pinjaman tersebut.

Pinjaman ini bisa saja mahal, tergantung pada berapa banyak uang yang kamu pinjam dan berapa tingkat bunga kamu. Tergantung pada kebutuhan keuangan, siswa mungkin tidak memenuhi syarat untuk beberapa pinjaman.

Untuk memenuhi syarat, kamu harus berusia 18 tahun atau lebih dan diterima atau belajar di lembaga terakreditasi. Jika kamu seorang siswa penuh waktu, kamu memerlukan seseorang untuk menandatangani bersama sebagai penjamin.

Bagaimana Membayar Kembali Student Loan Tepat Waktu?

Cara terbaik untuk melunasi pinjaman mahasiswa adalah dengan membayar lebih dari minimum setiap bulan. Semakin banyak kamu membayar pinjaman, semakin sedikit bunga yang harus kamu bayar nantinya.

Tidak pernah ada penalti untuk membayar pinjaman mahasiswa lebih awal atau membayar lebih dari minimum. Kamu dapat melakukan pembayaran tambahan kapan saja dalam sebulan, atau kamu dapat melakukan pembayaran pinjaman siswa sekaligus pada tanggal jatuh tempo. Keduanya dapat menghemat banyak uang.

Semua pinjaman mahasiswa sejak tahun 1998 telah dilunasi melalui penggajian seperti pajak penghasilan. Artinya, begitu kamu bekerja, perusahaan akan memotong pembayaran dari gaji kamu sebelum diberikan langsung kepada kamu. Jadi jumlah yang kamu terima di rekening bank setiap bulan akan berkurang.

Artinya, jika kamu seorang karyawan, tidak ada penagih utang yang akan mengejar karena kamu tidak punya pilihan dalam hal ini dan akan membayarnya secara otomatis.

Setelah mengetahui apa itu student loan, kamu bisa mempertimbangkan apakah perlu mengambil pinjaman ini atau tidak. Baca secara lengkap syarat dan ketentuan dari pinjaman ini agar kamu bisa mengambil langkap apakah akan meminjam atau tidak.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan