Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
surat rekomendasi untuk kuliah di luar negeri, seperti apa

Surat Rekomendasi untuk Kuliah di Luar Negeri, Seperti Apa?

Beranda / Perkuliahan / Surat Rekomendasi untuk Kuliah di Luar Negeri, Seperti Apa?

Surat rekomendasi kuliah luar negeri atau letter of recommendation adalah surat menggambarkan kesaksian orang lain atau pendapat personal mereka tentang kamu. Di sini, kamu bisa menceritakan apa saja kelebihan, kemampuan, pencapaian akademik, serta pengalaman yang kamu miliki.

Surat rekomendasi merupakan syarat wajib saat kamu hendak mengajukan program beasiswa. Kamu juga membutuhkan surat rekomendasi sebagai syarat daftar kuliah ke luar negeri. Hampir semua universitas luar negeri termasuk berbagai program beasiswa mewajibkan para pelamar menggunakan surat rekomendasi.

Bagaimana Cara Memperoleh Surat Rekomendasi

Bagi pihak penyedia beasiswa juga lembaga kampus, surat rekomendasi sangat penting karena memberikan informasi tentang kamu dari sudut pandang orang lain. Walaupun, penilaian tersebut dalam bentuk tulisan.

Jika kamu mempunyai surat rekomendasi bagus, penyedia beasiswa atau pihak kampus juga akan terkesan sehingga dapat mempertimbangkan supaya kamu bisa menjadi mahasiswa internasional sekaligus menerima bantuan beasiswa. Berikut adalah cara memperoleh surat rekomendasi:

Download format surat rekomendasi

Ada banyak tempat mencari format surat rekomendasi beasiswa kuliah, misalnya menggunakan website penyedia beasiswa atau website Universitas tujuan. Program beasiswa seringkali menyediakan format surat rekomendasi supaya penyedia beasiswa mampu mengetahui berbagai poin yang memang ingin mereka ketahui dari calon penerima beasiswa sesuai pendapat orang lain.

Artinya, jika penyedia beasiswa sudah menyediakan format surat rekomendasi, maka kamu harus mengikuti dan menggunakan format tersebut. Jika tidak, resiko terbesarnya adalah kamu tidak memenuhi persyaratan dan tidak lolos seleksi penerima beasiswa tersebut.

Menulis surat rekomendasi secara mandiri

Tidak semua tawaran beasiswa kuliah menyediakan format surat rekomendasi bagi para pelamar beasiswa tersebut. Artinya, kamu bebas menulis surat rekomendasi tersebut secara mandiri sehingga dan isi surat sepenuhnya adalah hak dari pelamar beasiswa.

Walaupun begitu, tidak boleh menulis surat rekomendasi secara sembarangan karena harus menunjukkan profesionalitas. Misalnya kamu bisa menggunakan internet untuk mencari berbagai contoh surat rekomendasi kuliah.

Tips Menulis Surat Rekomendasi Kuliah

Agar rencana perkuliahan di luar negeri lebih mudah, kamu bisa mempelajari bagaimana cara menulis surat rekomendasi kuliah luar negeri sebagaimana disarankan oleh ICAN Education consultant. Kamu juga bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri agar proses perkuliahan berjalan lancar. Pastikan ada beberapa elemen penting dalam konten yang kamu buat.

Pertama, surat rekomendasi harus menyebutkan berapa lama orang tersebut mengenal kamu dan bagaimana kapasitas penulis surat rekomendasi tersebut. Jelaskan apakah penulis surat tersebut adalah seorang penasehat, guru, pengawas, atau teman sekelas. 

Selanjutnya, surat rekomendasi akan tampak menarik jika penulis menyatakan hal seperti “Saya telah mengenal calon mahasiswa ini dan mengamati bagaimana kapasitasnya saat bekerja dalam sebuah Project dari Mr. X.”, misalnya penulisan seperti ini menunjukkan bahwa seseorang yang merekomendasikan kamu, telah mengamati bagaimana kamu bekerja di grup lain yang dipimpin oleh orang lain.

Surat rekomendasi juga harus menjadi penilaian akurat tentang eligibilitas dan kesesuaian kamu pada program jurusan tersebut. Dokumen ini harus menyebutkan bagaimana kamu di kelas terutama pada mata yang sesuai dengan jurusan yang kamu pilih.

Dalam surat ini tidak boleh menampilkan berapa nilai atau skor tes yang kamu miliki karena hal tersebut sudah disebutkan pada dokumen pendaftaran lainnya. Sehingga terkesan seperti pengulangan informasi atau terlalu bertele-tele. Jangan lupa untuk memasukkan informasi penting sekalipun hal tersebut adalah hal personal dan sensitif, selama hal tersebut penting untuk bagian pendaftaran.

Terakhir, sebutkan kualitas dan kontribusi unik apa yang akan kamu tawarkan. surat rekomendasi kuliah luar negeri yang terbaik datang dari seseorang yang lebih dari sekedar senang menuliskan surat tersebut untuk kamu.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan