Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara kuliah di luar negeri

Cara Kuliah di Luar Negeri

Beranda / Perkuliahan / Cara Kuliah di Luar Negeri

Cara kuliah di luar negeri bisa membantu kamu untuk melanjutkan pendidikan tinggi berkualitas. Sebutkan pendidikan tinggi di luar negeri mungkin menjadi impian bagi sebagian pelajar di Indonesia. Namun, untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri tidak mudah karena ada berbagai macam persyaratan dan proses seleksi yang cukup ketat.

Salah satu tantangan jika ingin kuliah di luar negeri adalah proses pendaftaran. Sistem dan cara pendaftaran beberapa perguruan tinggi di luar negeri ini sangat berbeda dengan di Indonesia, bahkan beberapa kampus memiliki aturan yang berbeda-beda di setiap negara.

Cara untuk Kuliah di Luar Negeri

Untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negara asal, kamu perlu memperhatikan berbagai hal penting. Nah, untuk membantu proses persiapan hingga pendaftaran, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant. Kami adalah agen pendidikan luar negeri yang memberikan kemudahan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk kuliah di luar negeri yang bisa kamu lakukan:

Tentukan Jurusan, Kampus, dan Negara Tujuan

Hal pertama yang paling penting adalah kamu harus menentukan terlebih dahulu jurusan kampus tujuan dan negara tujuan. Hal tersebut merupakan bagian dasar yang harus dipertimbangkan karena bisa mempengaruhi peluang untuk diterima di kampus favorit. Tidak mungkin juga kamu mendaftar kuliah dengan jurusan dan universitas di negara lain yang sebenarnya belum kamu ketahui seluk-beluknya. 

Maka dari itu, kamu harus mencari informasi dan mematangkan tiga hal tersebut, yaitu jurusan, kampus dan negara tujuan. Cobalah untuk tidak memiliki salah satu pilihan jurusan maupun program di satu universitas. Ada beberapa negara yang melakukan pendaftaran secara khusus dengan persyaratan lebih dari satu pilihan program pada satu kampus.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah semua syarat dan ketentuan dari universitas di luar negeri tersebut. Informasi terkait syarat dan ketentuan pendaftaran ini biasanya tersedia di halaman website universitas yang akan menjadi tujuan. Pastikan kamu memperhatikan semua persyaratan mulai dari si akademik, bahasa Inggris, atau mungkin ada kualifikasi tertentu yang berlaku bagi perguruan tinggi tersebut.

Perbedaan kurikulum membuat sebagian besar universitas di luar negeri tidak menerima pelajar dengan menggunakan SMA atau kurikulum nasional untuk mendaftar program S1. Jadi hanya pelajar dengan ijazah internasional seperti International baccalaureate atau A level saja yang mungkin bisa langsung mendaftar. Jika kamu lulus sekolah dengan menggunakan kurikulum nasional, maka kamu bisa mengambil program foundation atau terlebih dahulu untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Persiapkan IELTS atau TOEFL

Selanjutnya kamu bisa mempersiapkan IELTS atau TOEFL sebagai salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Hampir semua universitas di luar negeri pasti meminta sertifikasi bahasa Inggris sebagai salah satu syarat. Hal tersebut diutamakan bagi pelajar internasional.

Sebelum melakukan pendaftaran ke kampus tujuan, pastikan kamu sudah mengikuti ujian IELTS maupun TOEFL dengan skor yang sesuai dengan persyaratan kampus tujuan. Pastikan kamu mengikuti ujian tersebut dari Lembaga resmi yang mengadakan.

Sumber Dana Pendidikan Harus Jelas

Pendidikan di luar negeri tentu membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada di Indonesia. Oleh karena itu, kamu harus memiliki sumber dana yang jelas, dengan berbagai macam proses mulai dari pendaftaran ke rumah biaya kuliah, syarat untuk pengurusan visa, biaya hidup, dan lain sebagainya. 

Jika kamu berharap mendapatkan suntikan dana, maka bisa mendaftarkan diri untuk ikut beasiswa di berbagai macam lembaga tertentu. Banyak universitas yang menyediakan potongan biaya studi bagi calon mahasiswa yang mendaftar dengan kualifikasi tertentu. Cari tahu informasi dengan jelas tentang beasiswa atau potongan sebelum kamu mendaftar di program maupun jurusan tersebut.

Tulis Motivation Letter

Salah satu persyaratan lain yang sangat penting adalah motivation letter. Motivation letter merupakan karya tulis yang umumnya berisi alasan kenapa kamu ngambil jurusan maupun Universitas tujuan, serta alasan kamu memutuskan untuk melanjutkan studi di negara tersebut. Karya tulis tersebut tentu harus dalam bentuk bahasa Inggris ya.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana kamu bisa menyampaikan sesuatu motivasi atau alasan tersebut dengan kuat dan berkesan. Banyak orang yang percaya bahwa motivation letter ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk dipilih dan lulus di kampus pilihan luar negeri. 

Terjemahkan Semua Dokumen

Selanjutnya persyaratan administrasi yang harus disiapkan adalah menerjemahkan semua dokumen persyaratan pendaftaran. Dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran kuliah harus dikirim menggunakan versi bahasa Inggris. Untuk itu kami membutuhkan jasa penerjemah tersumpah agar bisa menerjemahkan semua dengan jaminan keasliannya. 

Walaupun tampak sepele, tetapi banyak juga pelajar yang lupa untuk menerjemahkan dokumen. Apalagi jika melakukan gerak secara pribadi, di mana kamu tidak melakukan sampai sekarang. 

Cara kuliah di luar negeri bisa dilakukan dengan mempersiapkan enam hal tersebut. Akan banyak persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa lolos dan kuliah di luar negeri. Lakukan 6 hal tersebut satu persatu dengan kurun waktu yang cukup, agar kamu bisa melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri dengan waktu yang tepat. 

3 Alasan Kamu Harus Kuliah di Luar Negeri

Hingga kini, banyak orang memilih untuk kuliah di luar negeri dengan berbagai alasan. Apapun alasannya, kuliah di luar negeri memang akan memberikan benefit tersendiri untuk siapapun yang memilihnya. Nah, berikut beberapa alasan kamu harus kuliah di luar negeri:

1. Pendidikan Berkualitas

Di manapun kamu belajar, tujuannya tentu mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang bagus. Menjadi mahasiswa internasional dapat membantu kamu memperluas wawasan belajar. Misalnya, Amerika Serikat, Inggris, dan Australia memiliki persentase universitas dengan peringkat tertinggi di dunia dalam jumlah besar.

2. Belajar Bahasa Baru

Manfaat besar lainnya dari belajar di luar negeri adalah mempelajari bahasa baru. Ini bisa menjadi tantangan bagi sebagian besar orang, namun tahukah kamu bahwa otak kamu tetap akan aktif jika mempelajari bahasa baru? Dengan kuliah di luar negeri, kamu bisa mempelajari bahasa Inggris dengan lebih baik, atau juga bahasa baru lainnya di negara yang menjadi tujuanmu.

3. Belajar Mandiri

Ke mana pun kamu pergi, jika jauh dari tempat di mana kamu dibesarkan akan membuat kamu benar-benar mandiri dari keluarga. Apalagi, jika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Menjadi mandiri merupakan sebuah tantangan tersendiri, namun akan membentuk kamu menjadi pribadi dewasa yang siap menghadapi dunia dan sukses di kemudian hari.

Dengan alasan-alasan ini, kamu bisa lebih yakin untuk kuliah di luar negeri dan menemukan minat atau bakat yang saat ini kamu cari.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
UTS College
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan