Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
3 tantangan terbesar dalam belajar bahasa inggris

Tantangan Terbesar dalam Belajar Bahasa Inggris

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Tantangan Terbesar dalam Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris selalu menjadi tantangan bagi banyak orang. Banyaknya aspek yang berbeda dengan bahasa asal negara tertentu membuatnya semakin sulit untuk dipahami. Banyak tantangan belajar bahasa Inggris yang perlu kamu lewati untuk mencapai level yang lebih tinggi.

Bahasa Inggris mungkin merupakan bahasa yang populer untuk dipelajari, namun tidak berarti bahasa ini sederhana untuk dikuasai, ada banyak tantangan yang dihadapi orang-orang saat belajar bahasa Inggris.

3 Tantangan Belajar Bahasa Inggris yang Mungkin Dirasakan

Bahasa Inggris memang salah satu bahasa paling populer untuk dipelajari, bahkan mungkin yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Banyak orang memilih untuk belajar bahasa Inggris untuk membuka peluang yang lebih baik untuk pekerjaan dan pendidikan.

Namun, ada beberapa tantangan belajar bahasa Inggris yang biasanya harus dilewati banyak orang untuk naik ke level selanjutnya.

1. Tantangan dalam Grammar

Grammar menjadi salah satu aspek bahasa Inggris yang rumit, sulit untuk diingat dan dikuasai. Kamu mungkin sudah mempelajari semua teori, dan peraturan dalam grammar, namun belum tentu kamu mahir menggunakannya, kecuali jika kamu mempraktikkannya dalam keseharian.

Grammar memiliki banyak aturan dan pengecualian. Karena tidak beraturan, grammar seringkali sulit untuk diingat dan bahkan lebih sulit untuk diterapkan. Aturan koma, aturan kata ganti, dan bentuk jamak kata memiliki banyak pengecualian dan kasus khusus yang dapat membingungkan para pelajar bahasa Inggris.

Baca juga : Kosakata Bahasa Inggris Yang Sulit Diucapkan

2. Tantangan Memahami Slang

Bahasa Inggris memiliki kosakata yang luas dan tata bahasa yang rumit. Bahkan penutur asli bahasa Inggris seringkali menggunakan kata-kata slang atau bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari. Ini akan menjadi tantangan sendiri jika kamu berkomunikasi langsung dengan penutur asli dan kemungkinan besar kamu tidak mengerti maksud ucapannya.

Kata-kata slang biasanya perlu dipelajari melalui interaksi dengan sekelompok orang dan diterapkan pada kehidupan nyata. Hal ini menimbulkan tantangan bagi banyak pelajar bahasa Inggris, karena mereka sudah terbiasa mempelajari dasar-dasar bahasa. Mempelajari dialek dari wilayah tertentu atau kata-kata slang dapat menambah pekerjaan rumah bagi pelajar.

3. Tantangan dalam Pengucapan

Bahasa Inggris memiliki banyak kata yang terdengar sama ketika diucapkan. Ini membuat banyak kata-kata cukup sulit untuk diucapkan. Bahasa tersebut memiliki ejaan berbeda yang membuat suara serupa dan juga memiliki kata-kata dengan huruf bisu.

Ketika kamu salah mengucapkan sebuah kata, penutur asli bahasa Inggris pasti akan memperhatikan dan bahkan mungkin menjadi bingung tentang arti dan maksud kamu secara keseluruhan. Selain itu, tergantung pada bahasa pertama pelajar, seringkali sulit untuk mengucapkan kata-kata tertentu dengan benar, karena tidak pernah mengucapkannya sebelumnya.

Baca Juga : Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Bagaimana Melewati Tantangan dalam Bahasa Inggris?

Belajar bahasa Inggris bisa kamu lakukan melalui film, music dan berbagai media menyenangkan lainnya. Namun, kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di ICAN English agar pembelajaran yang kamu dapatkan bisa lebih lengkap dan mudah untuk dipahami.

Apapun tantangan terbesar yang kamu hadapi, tentu ada banyak cara agar bisa melewati berbagai tantangan tersebut.

Untuk melewati berbagai tantangan dalam belajar bahasa Inggris, pastikan kamu mempraktikkannya sesering mungkin. Jika kamu tidak mempraktekkan apa yang kamu pelajari, kamu tidak mungkin mengingatnya.

Cobalah untuk berbicara bahasa Inggris setiap hari dengan percakapan yang ringan. Kamu dapat menggunakan sejumlah kata baru setiap hari atau mendengarkan siaran TV, radio atau internet berbahasa Inggris. Selain itu, penting untuk mengulangi hal yang kamu pelajari sehingga kamu tidak melupakannya. Namun, luangkan waktu untuk mencoba dan mempelajari hal baru.  

Salah satu cara paling efektif dan mudah untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan membenamkan diri dalam bahasa tersebut sepenuhnya. Temukan stasiun radio berbahasa Inggris untuk didengarkan, tonton film atau acara TV berbahasa Inggris, atau kelilingi diri dengan orang-orang yang melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Dengarkan baik-baik percakapan di restoran, di bus atau di toko dan cobalah untuk memahami penggunaan bahasa tersebut sehari-hari.

Hal ini tidak hanya akan membantu keterampilan mendengarkan, tetapi juga dapat mencoba mengucapkan sendiri kata-katanya sesuai konteks untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Dengan teknologi dan aplikasi modern, hal ini dapat dilakukan secara praktis di mana saja.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan