Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara kuliah di singapura untuk siswa internasional

Cara Kuliah di Singapura Untuk Siswa Internasional

Beranda / Perkuliahan / Cara Kuliah di Singapura Untuk Siswa Internasional

Singapura memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Kuliah di Singapura akan membuka peluang karir yang sangat baik. Dengan fokus pada pentingnya inovasi pendidikan, Singapura tujuan studi yang sangat populer bagi siswa. Kamu perlu tahu cara kuliah di Singapura sebelum berangkat ke negara ini sebagai siswa internasional.

Universitas di Singapura juga terkenal memiliki fasilitas dan lingkungan pendidikan yang sangat baik. Inilah alasan universitas dan perguruan tingginya menjadi yang terbaik di dunia. Sebagai salah satu negara teraman di dunia, Singapura menjadi tempat yang sempurna bagi siswa internasional.

3 Langkah untuk Kuliah di Singapura

Negara ini menjadi pusat pendidikan tinggi yang sedang berkembang dengan universitas yang berkualitas. Tidak hanya universitas berperingkat tinggi dan rekam jejak yang terbukti baik, namun universitasnya di negara ini juga berada di peringkat atas untuk kepuasan siswa dan reputasi global.

Jika kamu berencana untuk studi di Singapura, berikut beberapa cara yang perlu kamu perhatikan sebagai siswa internasional.

1. Persyaratan Bahasa

Siswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Singapura harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, sebab bahasa ini menjadi bahasa pengantar dalam universitas di Singapura.

Untuk kamu yang menggunakan bahasa ibu selain bahasa Inggris, umumnya universitas akan menetapkan sendiri nilai IELTS atau TOEFL di mana siswa harus memenuhi persyaratan tersebut.

Baca juga : Inilah Cara Kuliah Di Singapura Dengan Mudah

2. Persyaratan Visa

Untuk belajar di Singapura, siswa memerlukan Student’s Pass. Beberapa siswa akan memerlukan visa untuk memasuki negara tersebut bersama dengan Student’s Pass. Setelah kamu masuk di universitas pilihan, visa pelajar akan diajukan oleh universitas itu sendiri.

Namun, kamu harus mengajukan Student Pass ke Immigration & Checkpoints Authority (ICA) melalui Student’s Pass Online Application & Registration System (SOLAR), dalam waktu dua bulan sebelum kursus mulai. Kamu bisa mengakses SOLAR menggunakan detail dari universitas setelah resmi menjadi mahasiswanya dan mengirimkan beberapa dokumen berikut:

  • e-Form 16
  • Detail paspor
  • Alamat universitas pilihan
  • Alamat email pribadi
  • Foto ukuran paspor

3. Biaya Kuliah

Sebelum memulai perkuliahan kamu juga harus mempersiapkan dana kuliah. Mengetahui biaya kuliah akan memungkinkan kamu untuk mempersiapkannya sejak jauh hari. Di bawah ini adalah tabel perkiraan biaya kuliah untuk setiap program:

  • Foundation / Pre-U: S$ 12,000 – S$ 18,000
  • Diploma: S$ 6,000 – S$ 18,000
  • Bachelor’s degree: S$ 30,000 – S$ 60,000
  • Master’s degree: S$ 30,000 – S$ 50,000 (non-medical programmes), S$ 50,000 – S$ 90,000 (Medical Programmes)

Cari tahu informasi lebih lanjut seputar perkuliahan di Singapura dengan mengunjungi ICAN Education Consultant dan melakukan konsultasi kuliah luar negeri bersama dengan tim konselor berpengalaman.

Baca Juga : Universitas Negeri Terbaik Di Singapura

Tipe Pendidikan Tinggi di Singapura

Sistem pendidikan tinggi di Singapura menawarkan berbagai profil dan gelar pendidikan yang berbeda. Di bawah ini adalah berbagai jenis institusi pendidikan tinggi di Singapura yang perlu kamu tahu:

  • Public Universities: Didanai oleh pemerintah, dan terbuka untuk pelajar lokal dan internasional
  • Private Universities: Meskipun didanai swasta, lembaga ini menerima dana pemerintah bagi siswa untuk mengejar gelar paruh waktu atau penuh waktu yang disubsidi
  • Polytechnic Institutions: Menawarkan studi berorientasi praktik di tingkat diploma
  • Institute of Technical Education (ITE): ITEs Menawarkan studi berorientasi teknis dan mengembangkan pengetahuan teknis dan keterampilan siswa
  • Foreign Universities: Menawarkan gelar sarjana dan pascasarjana yang ditawarkan oleh universitas asing dengan kampus cabang di Singapura

Siswa internasional juga perlu mempertimbangkan biaya hidup mereka. Namun, tak perlu khawatir karena kamu dapat bekerja hingga 16 jam per minggu selama masa kuliah, dan penuh waktu selama liburan.

Keunggulan Pendidikan di Singapura

Singapura terkenal dengan kehebatan intelektualnya, tidak hanya di Asia tetapi juga di seluruh dunia. Sistem pendidikan di negara ini dianggap memiliki kualitas terbaik, dan bakat akademisnya dikembangkan dengan baik dan kompetitif.

Sistem pendidikan dasar dan menengah Singapura terkenal dengan kurikulumnya yang ketat dan standar akademik yang tinggi. Kementerian Pendidikan merumuskan kurikulum, yang dikenal sebagai Kerangka Kurikulum Singapura (SCF), yang menekankan mata pelajaran inti, pengembangan karakter, dan keterampilan abad ke-21.

Penilaian rutin, seperti Ujian Kelulusan Sekolah Dasar (PSLE) dan ujian GCE Ordinary Level (O-Level) dan GCE Advanced Level (A-Level), memastikan bahwa siswa memenuhi hasil pembelajaran yang disyaratkan. Kementerian Pendidikan juga melakukan inspeksi sekolah secara berkala untuk menjaga standar kualitas.

Institut Pembelajaran Tinggi Singapura, termasuk politeknik dan universitas, terkenal karena ketelitian akademis dan relevansinya dengan industri. MOE dan Komite Pendidikan Swasta (CPE) memastikan jaminan kualitas pendidikan tinggi.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan