Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Tips dan Cara Mengambil Double Degree

Tips dan Cara Mengambil Double Degree

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Tips dan Cara Mengambil Double Degree

Bagaimana cara mengambil program double degree? Informasi tersebut tentu menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh pelajar Indonesia yang tertarik untuk mengambil program gelar ganda. Seperti yang kita tahu bahwa double dipri merupakan salah satu program perkuliahan yang bisa meraih 2 gelar Akademik dalam satu periode studi.

Dua gelar akademik yang ditempuh bisa didapatkan dari Universitas dalam negeri maupun luar negeri sehingga kamu bisa memiliki kerjasama yang baik dari kedua kampus tersebut.

Awalnya program double degree diciptakan untuk melakukan upaya percepatan penyetaraan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, tetapi saat ini program tersebut dilihat sebagai peluang agar bisa memiliki standar internasional dan mampu bersaing secara global.

Cara Mengambil Double Degree

Kamu harus tahu bahwa mengambil program double degree tidak bisa dilakukan oleh semua mahasiswa, sebab ada persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua universitas. Jadi setiap universitas maupun institusi pendidikan pasti memiliki ketentuan yang berbeda dan sebagai pelajar wajib memenuhi hal tersebut untuk mendapatkan program double degree.

Misalnya saja beberapa kampus mewajibkan program tersebut harus diambil sejak awal, tetapi ada juga beberapa perguruan tinggi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan program double degree telah menyelesaikan kuliah sampai semester tertentu.

Jadi idealnya kamu harus merencanakan program double degree sebelum memasuki universitas. Cobalah untuk mencari tahu informasi yang lengkap dan program apa saja yang ditawarkan, sehingga kamu lebih paham untuk mengambil program dan mempersiapkan semua persyaratannya.

Sekalipun ada program double degree yang bisa diambil setelah mengikuti perkuliahan Di semester tertentu, tetap saja ada persyaratan khusus yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar. Misalnya saja, sudah harus terdaftar di kelas internasional maupun terdaftar dalam program khusus sejak awal masuk.

Jadi cara untuk mengambil program double degree sebenarnya sederhana yaitu mempersiapkan diri untuk memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan oleh kampus pilihan.

5 Tips Kuliah Double Degree Agar Lancar

Setelah berhasil mendapatkan program double degree di universitas pilihan dengan program studi yang telah disesuaikan dengan minat masing-masing, kini saatnya bagi kamu untuk menyelesaikan berbagai macam tantangan, sehingga bisa mendapatkan kedua gelar yang diinginkan.

Berikut ini beberapa tips kuliah double degree yang akan membantu kamu lebih mudah menyelesaikannya.

Baca Juga:
Seperti Apa Pengalaman Kuliah Double Degree?

1. Pelajari Profil Kampus dan Mitranya

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah mulai mempelajari tentang profil kampus penyedia program double degree dan mitranya. Memahami profil kampus dengan baik adalah sebuah kewajiban bagi calon pelamar. Jadi kamu bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin terkait kampus tersebut.

Mempelajari profil kampus penyedia program double degree memiliki tujuan untuk memastikan bahwa perjalanan perkuliahan kamu di kampus tersebut tidak akan menemukan kendala yang besar. Selain itu kamu juga bisa memastikan bahwa kamu tersebut memiliki kualitas terbaik dan mampu menjalankan program double degree secara profesional.

2. Perhatikan Syaratnya dan Penuhi

Tips selanjutnya bisa dilakukan adalah memperhatikan semua persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh kampus penyedia. Mahasiswa yang mengambil program double degree tetap memiliki resiko adanya diskualifikasi dari program tersebut.

Untuk itu sangat dianjurkan bagi calon mahasiswa agar bisa memahami dengan baik setiap detail persyaratannya.

3. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris

Tips selanjutnya agar program double diberi berjalan dengan lancar adalah memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar.

Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dalam perkuliahan program double degree di kampus luar negeri. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan mahasiswa mengikuti perkuliahan di program reguler menggunakan bahasa pengantar sesuai dengan negara tempat kamu belajar.

4. Siapkan Biaya Tidak Terduga

Biaya perkuliahan program double degree juga perlu diperhatikan dengan baik agar tidak ada gangguan dalam proses perkuliahan. Seperti yang kita tahu bahwa biaya program double degree tentunya lebih mahal jika dibandingkan dengan perkuliahan biasa.

Selain mempersiapkan biaya perkuliahan, disarankan agar kamu juga menyiapkan beberapa biaya untuk kebutuhan tidak terduga. Biaya tidak terduga tersebut memiliki tujuan mengamankan kondisi finansial, khususnya ketika kamu sedang menjalani program perkuliahan di luar negeri.

Baca juga:
Biaya Kuliah Program Double Degree dan Durasi Perkuliahannya

5. Cari Pengalaman Sebanyak Mungkin

Tips selanjutnya adalah mencari pengalaman sebanyak mungkin dan memanfaatkan waktu belajar di luar negeri untuk mendapatkan hal-hal yang bermanfaat. Pengalaman tidak hanya berhubungan dengan bidang akademis, sebab kamu bisa mengeksplor berbagai macam hal yang diminati selama kuliah di luar negeri untuk program double degree.

Penutup

Cara mengambil double degree sebenarnya cukup sederhana kamu hanya perlu memenuhi berbagai macam persyaratan yang telah ditentukan oleh kampus penyedia dan mitranya. Selain itu, da berbagai macam tips menarik untuk melancarkan program double degree, seperti mempelajari profil kampus, memperhatikan syarat, menyiapkan biaya tak terduga, dan lain sebagainya.

Agar lebih mudah untuk mengambil program double degree, konsultasikan keinginan dengan agen pendidikan luar negeri profesional ICAN Education. Melalui agen pendidikan luar negeri ada berbagai macam tips menarik sehingga pendaftaran program double degree bisa terlaksana dengan mudah.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan