Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara mudah kuliah di singapura, siswa harus tahu!

Cara Mudah Kuliah di Singapura, Siswa Harus Tahu!

Beranda / Perkuliahan / Cara Mudah Kuliah di Singapura, Siswa Harus Tahu!

Calon mahasiswa perlu tahu cara mudah kuliah di Singapura yang akan kami paparkan berikut ini bila ingin melanjutkan pendidikan perkuliahan di negara ini. Karena seperti yang diketahui bahwa saat ini Singapura masih jadi magnet bagi pelajar tanah air.

Bukan hanya demi gengsi saja, akan tetapi memang kualitas pendidikan serta circle pergaulan jadi prioritas utama dan alasan kenapa banyak orang memilihnya. Lalu apakah mekanisme pendaftarannya sama dengan Indonesia? Tentu berbeda karena ada beberapa persyaratan khusus yang tidak diterapkan jika kamu menempuh perkuliahan di dalam negeri.

Informasi Penting sebelum Mendaftar Kuliah di Singapura

Cara mudah kuliah di Singapura perlu dimulai dari persiapan terlebih dahulu. Bukan hanya segi finansial terkait biaya pendaftaran, uang masuk kuliah atau biaya hidup selama disana saja. Namun juga persiapan pilihan kampus, syarat masuknya, serta berbagai dokumen lainnya. Berikut persiapan yang harus dilakukan sebelum mendaftar ke universitas di Singapura, antara lain:

Pilih Kampus

Dalam memilih universitas Singapura, sebaiknya cari tahu informasi seputar universitasnya minimal 2 tahun sebelum tahun akademik dimulai. Apakah ingin masuk ke universitas negeri atau swasta, keduanya perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Sebaiknya sesuaikan dengan passion dan peluang masuknya berdasarkan nilai akademik dan variabel lainnya. Sehingga bisa diterima ke universitas pilihan Anda.

Cari Tahu Soal Tes SAT

Ini adalah informasi penting yang perlu diperhatikan bila ingin mendaftar kuliah di Singapura. Karena beberapa universitas disana mewajibkan calon mahasiswanya ikut serta dalam ujian SAT. Yaitu salah satu ujian yang mirip seperti UN di Indonesia. Hasil ujian ini nanti yang akan digunakan untuk menentukan apakah kamu masuk ke dalam universitas pilihanmu atau tidak.

Ajukan VISA Pelajar

Meski ketika liburan ke Singapura tidak butuh VISA. Namun berbeda sekali bila kamu akan kuliah disana. Kamu harus memiliki VISA pelajar dulu (student pass). Ini merupakan poin penting dan wajib diperhatikan dan harus diurus dengan menyertakan beberapa dokumen pendukungnya. Yaitu surat penerimaan masuk universitas di Singapura.

Mengurus visa pelajar secara mandiri memang cukup rumit, kamu perlu memperhatikan berbagai hal dan risiko penolakan mungkin cukup tinggi. Untuk itu, tim dari ICAN Education Consultant akan memberikan bantuan dalam aplikasi visa ke negara yang kamu tuju. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kamu memiliki tim profesional untuk membantu kamu dalam proses aplikasi hingga pendaftaran universitas.

Baca juga : Kampus Dengan Jurusan Psikologi Di Singapura

Cara Mudah Kuliah di Singapura dengan Persiapan Dokumen Penting

TOEFL dan IELTS adalah sertifikat wajib bagi siapa saja yang ingin kuliah di luar negeri. Ada syarat score yang wajib dipenuhi yaitu TOEFL minimal 550 dan IELTS minimal 6,0. Kompetensi Bahasa Inggris diukur dari kedua sertifikat tersebut. Secara umum nantinya setiap mahasiswa harus mampu berkomunikasi dengan baik dan benar. Dan itu harus menggunakan bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris.

Sebagai persiapan supaya lulus sertifikasi tersebut sebaiknya mulai mengikuti kursus jauh hari sebelum pendaftaran dimulai. Jadi bila pada saat ujian sebelumnya masih belum memenuhi passing grade masih bisa mengulang. Selain bisa digunakan untuk syarat mendaftar kuliah, kedua sertifikasi tersebut bisa juga untuk mendaftar beasiswa.

Persiapan lainnya yang perlu disiapkan adalah test SAT, atau Scholastic Aptitude Test. Ini adalah syarat untuk masuk kuliah di luar negeri manapun Negara tujuannya. Seperti TOEFL dan IELTS, SAT bisa mengikuti kursus terlebih dahulu. Ini adalah tes yang diselenggarakan skala nasional untuk menguji kesiapan pelajar untuk kuliah sarjana di luar negeri.

Baca juga : Persyaratan Kuliah Di Singapura, Siswa Wajib Tahu!

Persiapan VISA juga perlu disiapkan, tentunya VISA pelajar. Ini adalah izin untuk tinggal sementara di Negara lain karena kebutuhan untuk berkuliah. Saat mendaftar nanti dokumen ini harus dilampirkan. Syarat mendapatkannya harus melampirkan paspor, akta lahir, pas foto, surat rekomendasi atau bukti bahwa kamu mampu melunasi biaya perkuliahan.

Memang sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan mendaftar kuliah dalam negeri. Maka perlu dilakukan jauh hari terutama dokumen yang memiliki masa berlaku panjang. Selanjutnya cukup siapkan keperluan lainnya setelah tahu cara mudah kuliah di Singapura.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan