Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
gelar perkuliahan di inggris dan pilihan jurusan populernya

Gelar Perkuliahan di Inggris dan Pilihan Jurusan Populernya

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Gelar Perkuliahan di Inggris dan Pilihan Jurusan Populernya

Gelar perkuliahan di Inggris baik untuk Undergraduate dan Postgraduate termasuk dalam kualifikasi perguruan tinggi. Di Inggris, Undergraduate degree termasuk dalam level 4, 5, atau 6. Sedangkan Postgraduate degree berada dalam level 7, atau 8. Jika kamu ingin mendaftar kuliah tingkat Postgraduate, maka kamu harus menyelesaikan studi Undergraduate terlebih dahulu.

Menjalani perkuliahan Undergraduate (Sarjana) di UK artinya kamu akan belajar berbagai area studi yang luas. Sementara perkuliahan Postgraduate (Pascasarjana) adalah program studi yang lebih spesifik diselingi kegiatan riset dan praktik lapangan. Jika kamu tidak mengambil program PhD, studi Postgraduate bisa diselesaikan lebih cepat di Inggris.

Pilihan Jenjang Kuliah di Inggris dan Gelarnya

Berikut adalah pilihan jenjang kuliah yang ditawarkan di Inggris beserta perolehan gelarnya:

Program Undergraduate

Dalam program Undergraduate, biasanya kualifikasi yang harus kamu penuhi adalah sudah lulus Sekolah Menengah. Setelah mendapatkan gelar, kamu bisa menggunakan pengalaman pendidikan tersebut untuk melamar kerja atau melanjutkan studi tingkat Postgraduate. Mahasiswa program Bachelor berada pada level kualifikasi 6, dengan beberapa gelar perkuliahan berikut:

  • BA – Bachelor of Arts
  • BSc – Bachelor of Science
  • BEd – Bachelor of Education
  • BEng – Bachelor of Engineering
  • LLB – Bachelor of Laws
  • MB ChB – Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery

Kalau kamu memilih kuliah di Skotlandia, maka kamu bisa memperoleh gelar MA untuk program Undergraduate, tetapi kualifikasinya setara dengan Bachelor. Memilih satu bidang studi dalam jenjang Bachelor artinya kamu akan mengambil Single Honours Degree, seperti contoh kuliah Psychology (major) dan Criminology (minor). Sedangkan jika mengambil dua atau tiga major, kamu akan mendapatkan Joint Honours Degree, seperti Bachelor of Accounting and Business.

Gelar Master

Program Master juga menjadi salah satu gelar perkuliahan di Inggris yang banyak dicari. Pendidikan kualifikasi tingkat 7 tersebut bisa kamu pilih jika sudah menyelesaikan pendidikan Sarjana atau setara. Berikut adalah beberapa gelar Master yang bisa kamu peroleh:

  • MA – Master of Arts
  • MSc – Master of Science
  • MEd – Master of Education
  • MRes – Master of Research
  • MPhil – Master of Philosophy
  • MBA – Master of Business Administration
  • LLM – Master’s Degree in Law

Master of Engineering merupakan salah satu contoh gelar perkuliahan yang bisa diintegrasikan dengan Undergraduate atau Doctoral Degree. Sedangkan mahasiswa yang ingin belajar jenjang doctorate (PhD), maka harus menyelesaikan gelar Master terlebih dahulu.

Gelar Doctorate

Doctorate adalah gelar kualifikasi Postgraduate, level 8. Mahasiswa Doctorate mendapatkan pengalaman belajar akademik dan riset. Kamu akan mengerjakan riset thesis secara independen. Academic Doctorate Degrees adalah perolehan gelar S3 dengan fokus melaksanakan riset memperluas pengetahuan area studi tertentu. Misalnya, belajar PhD dan DPhil atau Doctor of Philosophy.

Ada juga Professional Doctorate Degree yang melibatkan riset, pengetahuan luas, dan terdapat program pembelajaran praktik. Beberapa contoh jurusan tersebut yaitu MD (Doctor of Medicine), PhD(Eng)/EngD untuk gelar Doctor of Engineering.

Baca juga :
Serba Serbi Kuliah Jurnalistik Di Inggris

Pilihan Jurusan Terbaik di UK Tahun 2023

Sistem pendidikan di UK berkualitas dari berbagai bidang studi. UK juga menjadi salah satu negara studi yang mempunyai pilihan jurusan terbaik, sebagaimana berikut:

Business Analytics

Business Analytics adalah jurusan terbaik di UK untuk membantu mahasiswa belajar menilai bisnis dan menghitung pertumbuhan bisnisnya. Permintaan ahli di bidang ini terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Pilihan gelar dalam jurusan Business Analytics di UK yaitu: BSc Data Science and Business Analytics, MSc in Business Analytics, dan MSc in Business Analytics and Management Sciences.

Data Science

MS Data Science di UK adalah salah satu jurusan populer kareena peran Data Scientist terus meningkat di berbagai posisi pekerjaan. Hampir 80% perusahaan di UK membutuhkan lebih banyak Data Scientist di beberapa tahun kedepan. Beberapa pilihan gelar Data Science yaitu MSc Health Data Analytics and Machine Learning, MA Big Data in Culture & Society, dan MSc Health Data Analytics.

Computer Science

Computer Science juga termasuk jurusan perkuliahan terbaik di UK. Jurusan ini mengajarkan tentang perangkat komputasi, seperti merancang perangkat lunak, menyelesaikan semua masalah terkait komputasi, dan aspek perangkat keras dan arsitektur sistem komputer.

Perolehan Gelar dari jurusan Computer Science bervariasi. Beberapa diantaranya yaitu BSc Computer Science, MSc in Advanced Computer Science, dan MSc Human Computer Interaction.

MBA dan MIM

Program studi Bisnis juga berada pada deretan teratas di UK. Lulusan Manajemen banyak dicari oleh berbagai perusahaan global. Beberapa tokoh pemimpin terkemuka adalah lulusan MBA atau MIM dari universitas UK ternama.

Beberapa program populer di jurusan ini yaitu MBA, Global Executive MBA, MSc Management, BSc Business & Management, dan Masters in Financial Analysis.

Baca juga:
Ini Dia Jenjang Karier Setelah Lulus Kuliah Di Inggris

MBBS

UK juga melakukan investasi besar-besaran di bidang riset medis dan telah mendapatkan pengakuan sebagai fakultas yang berkualifikasi tinggi. Gelar perkuliahan di Inggris khususnya Doctor merupakan profesi yang paling mendapatkan gaji tinggi. Beberapa gelar MBBS yang populer di UK yaitu MB BChir, MBChB, MBBS Medicine, BMBS Medicine, dan BSc Medicine.

Inggris adalah salah satu destinasi pendidikan luar negeri dengan banyak pilihan universitas terkemuka yang menyediakan banyak gelar perkuliahan. Memilih jurusan terbaik di UK akan meningkatkan keterampilan. Selain itu, juga akan memberikan kamu akses agar memperoleh peluang kerja terbaik. Untuk Infromasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN Education Consultant.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan