Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal jenis soal gmat test

Mengenal Jenis Soal GMAT Test

Beranda / Bacaan Umum / Mengenal Jenis Soal GMAT Test

GMAT Test  merupakan salah satu jenis tes yang biasanya sering digunakan oleh pelajar untuk studi ke luar negeri. Apabila sebelumnya kamu sudah familiar dengan berbagai macam terseleksi bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL, maka sekarang kamu juga harus memahami tentang GMAT Test.

Tes tersebut biasanya digunakan untuk melanjutkan pendidikan gelar maskyster atau doktoral di bidang manajemen maupun bisnis. Nah, agar glasir melanjutkan studi magister maupun doktoral di luar negeri, disarankan kamu mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa menghadapi GMAT Test dengan hasil yang memuaskan.

Seputar GMAT Test

Jadi, GMAT adalah salah satu ujian berbahasa Inggris untuk menguji beberapa kemampuan. GMAT memiliki kepanjangan Graduate Management Admission Test dan merupakan Computer Adaptive Test (CAT). Tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris ini meliputi tentang analisis, matematika, dan bahasa yang sudah terkomputerisasi. Selain itu hujan ini memiliki tujuan untuk bisa menguji kemampuan kamu dalam berpikir secara kritis dan mengetahui bagaimana cara kamu memecahkan masalah.

Sebenarnya seperti tes lainnya, GMAT ini memiliki fungsi sebagai salah satu syarat bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Tetapi untuk fungsi lebih spesifik lagi, tes ini merupakan syarat untuk melanjutkan studi di bidang manajemen dan bisnis di beberapa negara tertentu, misalnya seperti Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Untuk lebih lanjut hasil tes dapat membantu pihak Universitas menyeleksi kandidat dengan mudah dan mendaftarkan ke program studi tujuan, misalnya seperti MBA, Master of Accounting, dan lain sebagainya.

GMAT bersifat global, artinya sekalipun kamu sudah melakukan di Indonesia, tetap bisa dijadikan acuan standar di berbagai macam negara lain.

Pembeda GMAT dengan Test Lainnya

Kamu harus tahu bahwa ada karakteristik yang membedakan GMAT dengan test lainnya, yaitu  Soal-soal yang digunakan sudah terkomputerisasi dan dapat beradaptasi disesuaikan dengan pola jawaban yang telah diberikan pada pertanyaan sebelumnya. Jadi, soal yang akan muncul selanjutnya bisa disesuaikan dengan kualitas jawaban yang telah diberikan pada soal sebelumnya.

Apabila kamu menjawab soal sebelumnya dengan benar tingkat kesulitan soal selanjutnya pasti akan terus meningkat. Tetapi jika kamu gagal dalam menjawab soal sebelumnya, maka tingkat kesulitan bisa disesuaikan. Karena sistem soalnya muncul secara berurutan sehingga para peserta tidak bisa melihat soal sebelumnya dan soal selanjutnya.

Apabila kamu mendapatkan soal yang sulit tidak bisa dilewati terlebih dahulu dan harus menyelesaikannya untuk bisa melanjutkan soal berikutnya. Selain itu karakteristik lain bisa diketahui di mana tes ini hanya digunakan untuk mendaftar ke sekolah bisnis, berbeda dengan test GRE yang digunakan lebih umum dan dapat dimanfaatkan untuk mendaftar di berbagai macam program pascasarjana. Jadi sangat jelas perbedaan antara GMAT vs GRE yang terkadang sulit dibedakan.

Baca juga:
Tujuan Placement Test Bahasa Inggris

Jenis Soal GMAT yang Harus Diketahui

Pada dasarnya tes ini akan menguji beberapa jenis kompetensi pelajar di bidang akademis mulai dari matematika dasar, ilmu tata bahasa, serta analisa data dalam bahasa Inggris. Dari sejumlah kompetensi tersebut tes ini juga menguji kemampuan analisis serta mengevaluasi berbagai macam materi tertulis di beberapa soal, sehingga membuat peserta mampu berpikir secara kritis dan mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah.

Ada beberapa macam jenis soal GMAT, seperti berikut.

1. Analitycal Writing Assessment

Jenis soal yang satu ini akan menguji kemampuan kita untuk menulis, bagaimana cara mengutarakan ide, serta bagaimana cara berargumen. Dengan bentuk soal seperti essay dan pernyataan yang berisi sebuah argumen. Jadi tugas para peserta adalah menganalisa serta memberikan kritik terhadap argumen tersebut.

Bagian ini akan terdiri dari satu esai dengan durasi 30 menit.

Berikut  contoh dari jenis soal Analytical Writing Assessment dari Kaplan.

Isu:  Portrayals of violence have proven commercially successful in television programs, movies, songs, and other forms of popular entertainment. Therefore, those who create popular entertainment should continue to incorporate violence into their products.

Discuss the extent to which you agree or disagree with the opinion stated above. Support your views with reasons and/or examples from your own experience, observations, or reading.

Jawaban yang bisa kamu berikan seperti berikut:

People rarely observe grammar rules when speaking because not all grammar rules are conducive to clear communication. People just say what they mean instead of carefully crafting sentences.

2. Integrated Reasoning

Jenis lanjutnya adalah Integrated Reasoning, yang akan menguji kemampuan analisa terhadap data dalam berbagai macam bentuk, misalnya data dalam grafik maupun tabel. Kemampuan serta ketangkasan peserta ujian dalam melihat, membaca, serta menganalisa data akan membantu untuk mendapatkan nilai terbaik pada sesi yang satu ini.

Contoh soal Integrated Reasoning dari Kaplan seperti berikut:

A family pays $800 per year for an insurance plan that pays 80 percent of the first $1,000 in expenses and 100 percent of all medical expenses thereafter. In any given year, the total amount paid by the family will equal the amount paid by the plan when the family’s medical expenses total.

  1. $1,000
  2. $1,200
  3. $1,400
  4. $1,800
  5. $2,200

Soal matematika ini harus diselesaikan dengan baik. Jawaban yang tepat dari soal tersebut adalah B.

3. Quantitative

Kemudian ada Quantitative yang merupakan model soal yang akan membuat kamu menemukan beberapa soal-soal kombinasi berisi berbagai macam teori matematika dasar, misalnya seperti aljabar, geometri serta aritmatika.

Model pertanyaannya seperti Data Sufficiency di mana bisa menjabarkan berbagai macam data dan informasi yang memiliki hubungan. Tugas kamu adalah menentukan mana informasi yang sesuai dan relevan dan mana yang tidak sesuai.

Untuk model pertanyaan pemecahan masalah kamu harus menentukan jawaban dalam pilihan ganda. Namun Jangan menganggap remeh, sebab soal-soal masih seputar matematika dasar jadi harus tetap teliti.

Untuk menyelesaikan jenis soal yang satu ini, kamu memiliki waktu 62 menit untuk bisa menjawab 31 pertanyaan sehingga rata-rata tiap pertanyaan mendapatkan waktu 2 menit untuk diselesaikan.

Contoh soal dari Kaplan, kalian akan melihat pilihan jawaban lebih dulu seperti berikut:

  1. if statement (1) by itself is sufficient to answer the question, but statement (2) by itself is not;
  2. if statement (2) by itself is sufficient to answer the question, but statement (1) by itself is not;
  3. if statements (1) and (2) taken together are sufficient to answer the question, even though neither statement by itself is sufficient;
  4. if either statement by itself is sufficient to answer the question;
  5. if statements (1) and (2) taken together are not sufficient to answer the question, requiring more data pertaining to the problem 

Pertanyaan:

If R is an integer, is R evenly divisible by 3?

(1)  2R is evenly divisible by 3
(2) 3R is evenly divisible by 3

Jawaban yang tepat adalah A, 1 (Sufficient) karena besaran 2R akan habis dibagi 3, salah satu dari faktor tersebut harus dibagi 3. Sedangkan 2 (Insufficent), dimana besaran 3R habis dibagi 3.

4. Verbal

Jenis selanjutnya adalah verbal di mana akan menguji kemampuan dalam bahasa Inggris, tetapi lebih fokus pada analisis sebuah argumen dan kalian akan diminta untuk mengkoreksi dalam bentuk yang lebih sempurna yaitu pilihan ganda.

Soal ini akan dibagi menjadi tiga model pertanyaan, seperti critical reasoning, sentence correction, dan reading comprehension.

Model pertanyaan critical reasoning bisa menguji kemampuan argumentasi dalam bentuk tulisan. Untuk bisa menyelesaikannya, kamu membutuhkan pengetahuan dalam struktur kalimat, hubungan logika antara kalimat, serta relasi pada sebab akibat.

Kemudian ada sentence correction menguji Seberapa luas wawasan kosakata dalam menemukan kata ganti yang tepat sesuai dengan pertanyaan istilah tertentu. Jika pada reading comprehension akan menguji kemampuan untuk menemukan gagasan utama dalam sebuah tulisan ilmiah.

Berikut ini salah satu contoh dari jenis verbal untuk test GMAT dari Kaplan.

Pertanyaan: In Los Angeles, a political candidate who buys saturation radio advertising will get maximum name recognition.

The statement above logically conveys which of the following?

Pilihan jawaban:

  1. Radio advertising is the most important factor in political campaigns in Los Angeles.
  2. Maximum name recognition in Los Angeles will help a candidate to win a higher percentage of votes cast in the city.
  3. Saturation radio advertising reaches every demographically distinct sector of the voting population of Los Angeles.
  4. For maximum name recognition a candidate need not spend on media channels other than radio advertising.
  5. A candidate’s record of achievement in the Los Angeles area will do little to affect his or her name recognition there.

Jawaban  yang benar adalah D.

Baca juga:
Mengenal Seputar Tes GMAT, Pahami Sekarang!

Tips Ampuh Mengerjakan GMAT Test

Menyelesaikan tes GMAT paling tidak kamu membutuhkan durasi selama 3 jam dan 30 menit. Apabila serius melanjutkan pendidikan ke luar negeri, maka persiapan diri untuk bisa menghadapi tes GMAT. Tes yang satu ini merupakan salah satu persyaratan untuk bisa mendaftar di salah satu universitas luar negeri untuk program pascasarjana.

Berikut ini beberapa tips ampuh mengajarkan soal GMAT dengan mudah.

1. Jangan Ragu untuk Menjawab

Tips pertama yang sangat penting dan perlu diperhatikan adalah efektivitas waktu. Berhenti dan menghabiskan banyak waktu untuk satu pertanyaan bisa membuat hasil keseluruhan tes terpengaruh. Perlu diketahui bahwa tes yang satu ini telah dirancang sedemikian rupa agar para peserta bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Apabila kamu merasa kebingungan dengan satu pertanyaan, cobalah untuk mengeliminasi beberapa pilihan jawaban yang tersedia sehingga bisa lebih mudah menjawab. Jika tidak mengetahui sama sekali jawabannya, jangan ragu untuk menerka jawaban yang dianggap benar.  Hal ini dikarenakan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya bisa memberikan hasil paling maksimal.

2. Soal Matematika Lebih Baik Kerjakan Mundur

Selanjutnya yang merupakan salah satu strategi umum bagi peserta tes GMAT adalah menggunakan teknik pengerjaan mundur. Maksudnya misalnya dalam sebuah soal persamaan di mana kamu harus mencari angka dalam persamaan tersebut. Untuk menghemat waktu maka bisa mencoba jawaban yang telah tersedia dan memasukkan ke dalam persamaan untuk bisa mengetahui jawaban paling benar.

3. Manfaatkan Scratch Pad yang Disediakan

Ketika mengerjakan tes kamu akan diberikan sebuah kertas yang berlapiskan plastik untuk bisa menulis catatan ataupun menghitung, biasanya disebut kertas coretan. Pada saat sesi membaca manfaatkan kertas tersebut untuk menuliskan poin-poin penting dalam setiap paragraf yang dibaca.

Setiap bacaan yang tertera pada soal terdiri dari beberapa halaman hal ini akan sangat membantu ketika masuk sesi pertanyaan. Kamu tidak perlu kembali pada halaman-halaman sebelumnya untuk bisa menemukan jawaban sehingga tidak menghabiskan waktu.

4. Buat Kerangka untuk Essay

Untuk soal essay jauh lebih baik jika kamu membuat kerangka tulisan dengan berbagai macam Gagasan pokok sebelum mulai menulis. Hal ini bisa membantu kamu lebih mudah ketika akan menulis dan merasa sedang dipandu tanpa memikirkan kembali berbagai macam ide maupun gagasan baru di setiap paragrafnya.

Menulis kerangka terlebih dahulu untuk pembuatan essay akan membantu mempersingkat waktu.

Baca juga:
Hal Seputar Tes Bahasa Inggris GMAT, Sudah Tahu?

Kuliah di Luar Negeri dengan ICAN Education Consultant

Untuk dapat kuliah di luar negeri, kamu mungkin akan dihadapkan dengan berbagai persyaratan dan dokumen yang harus disiapkan. Untuk membantu prosesnya, kamu bisa menggunakan layanan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant. Tim kami akan membantu berbagai proses dan persyaratan yang dibutuhkan.

GMAT menjadi salah satu persyaratan yang dibutuhkan, untuk itu kamu bisa meminta bantuan konselor kami untuk mempersiapkan hal lainnya agar kamu bisa fokus untuk persiapan tes yang satu ini. Tak hanya memberikan konsultasi, tim kami akan memberikan layanan terbaik untuk pendafaran hingga pengajuan visa yang kamu butuhkan. Hubungi tim kami di kontak resmi ataua datang langsung ke kantor kami di kota kamu!

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan