Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Info Beasiswa Kuliah di Swiss

Info Beasiswa Kuliah di Swiss

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Beasiswa / Info Beasiswa Kuliah di Swiss

Tahukah kamu bahwa biaya kuliah di Swiss relatif rendah dibandingkan di negara Eropa lainnya. Kamu dapat mendaftar di Universitas Swiss hanya dengan $1,500 per tahun. Hal ini menjadikan Swiss salah satu pilihan utama bagi pelajar internasional. Selain itu, tersedia beasiswa kuliah di Swiss untuk mahasiswa internasional yang membantu biaya sekolah dan biaya hidup.

Daftar Beasiswa Kuliah di Swiss

Berikut adalah beberapa pilihan beasiswa kuliah yang ditawarkan di universitas Swiss:

1. Swiss Excellence Scholarships for Foreign Students

Setiap tahun, Konfederasi Swiss memberikan Government Excellence Scholarships. Tujuannya adalah untuk mempromosikan pertukaran internasional dan kerja sama penelitian antara Swiss dan lebih dari 180 negara lainnya.

Beasiswa penelitian tersedia bagi peneliti pasca sarjana dalam disiplin ilmu apa pun (yang minimal memiliki gelar master) yang berencana datang ke Swiss untuk melanjutkan penelitian atau studi lebih lanjut di tingkat doktoral atau pasca doktoral. Beasiswa mencakup pembayaran bulanan, pembebasan biaya sekolah, asuransi kesehatan, tiket pesawat, hingga tunjangan perumahan.

Baca juga:
Estimasi Biaya Hidup Di Swiss Untuk Mahasiswa

2. ETH Excellence Scholarships

ETH Zurich mendukung mahasiswa berprestasi baik dari ETH maupun dari universitas lain (nasional dan internasional) yang ingin mengejar gelar Master di ETH. Terdapat dua program beasiswa tersedia, yaitu Excellence Scholarship & Opportunity Program (ESOP).

Cakupan beasiswa adalah biaya studi dan biaya hidup penuh dari universitas tersebut. Pada program Beasiswa Magister (MSP), mahasiswa akan menerima sebagian dana dan tawaran asisten.

3. Beasiswa Master University of Lausanne

Universitas Lausanne di Swiss menawarkan beasiswa kepada mahasiswa internasional yang ingin mengejar gelar Magister di Universitas tersebut. Beasiswa diberikan melalui Hibah Master UNIL. Jumlah hibahnya adalah CHF 1,600,- per bulan mulai 15 September hingga 15 Juli, sesuai jangka waktu minimum dalam aturan program Master.

4. EPFL Excellence Fellowships

Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) menawarkan beasiswa tingkat Master dalam jumlah terbatas kepada mahasiswa dengan catatan akademik luar biasa. Siapa pun dapat mendaftar ke Program Master EPFL jika memenuhi syarat.

Untuk pelamar eksternal, setiap beasiswa terdiri dari paket keuangan sebesar CHF 16,000 per tahun akademik. Cakupan beasiswa juga termasuk reservasi kamar di akomodasi siswa.

5. Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS)

Komisi Federal Beasiswa untuk Pelajar Asing (FCS) Pemerintah Swiss saat ini menerima permohonan dari mahasiswa Pascasarjana Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendapatkan hibah beasiswa untuk melakukan penelitian atau studi di program master di universitas Swiss atau Institut Teknologi Federal. Prioritas akan diberikan dalam beasiswa penelitian.

Durasi hibah untuk tahun ajaran selama sembilan bulan dari bulan September sampai Juni. Durasinya bisa diperpanjang hingga 12 bulan. Permintaan perpanjangan akan dianalisis sesuai dengan kriteria FCS. Berikut adalah kualifikasi beasiswa FCS:

  • Warga negara Indonesia
  • Gelar sarjana (min. Sarjana Strata-1/gelar sarjana)
  • Kandidat harus berusia di bawah 35 tahun saat melamar (tanggal lahir setelah 31 Desember 1976)
  • Pengetahuan yang memadai tentang bahasa pengajaran program yang dimaksud (Jerman/Prancis/Italia dan/atau Inggris). Pelamar program magister harus memiliki sertifikat bahasa yang diakui internasional.
  • Pelamar beasiswa penelitian harus memiliki surat konfirmasi dari profesor di universitas yang dituju.
  • Untuk beasiswa penelitian: pelamar harus memiliki proposal penelitian yang jelas.
  • Untuk program magister: pelamar harus memiliki motivasi yang menjelaskan maksud studi dan pentingnya karir masa depan. Selain itu pelamar harus mendaftar untuk program master yang dipilih saat mengajukan Beasiswa Pemerintah Swiss.

Nominal beasiswa yang akan diterima adalah CHF 1.920,-/bulan (untuk biaya hidup). Tidak semua program magister dan universitas membebaskan pemegang beasiswa dari biaya semester.

Hibah beasiswa mencakup biaya hidup di Swiss. Semua pelamar perlu mengklarifikasi kesempatan pembebasan biaya kuliah secara langsung dengan pihak universitas. Asuransi kesehatan (kecuali perawatan gigi) dan asuransi kecelakaan disediakan oleh beasiswa tersebut.

Baca juga:
Serunya Jadi Mahasiswa Di Swiss

Kuliah di Swiss Jalur Beasiswa

Selain ada banyak beasiswa kuliah di Swiss, ada banyak manfaat kuliah di negara tersebut. Swiss mempunyai tingkat kejahatan rendah, dan kejahatan dengan kekerasan sangat jarang terjadi. Swiss juga merupakan salah satu negara terbersih secara global, dengan jaringan transportasi umum sangat baik, dan sistem kesehatan kelas dunia.

Untuk informasi perkuliahan di Swiss termasuk beasiswa, kamu bisa memperoleh panduan lengkap dari tim konselor ICAN Education. Kuliah di luar negeri membutuhkan dampingan profesional seperti konsultan pendidikan untuk memudahkan proses aplikasi.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan