Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
semua informasi penting tentang jurusan artificial intelligence, kamu wajib tahu!

Semua Informasi Penting Tentang Jurusan Artificial Intelligence, Kamu Wajib Tahu!

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Semua Informasi Penting Tentang Jurusan Artificial Intelligence, Kamu Wajib Tahu!

Apakah kamu pernah mendengar tentang jurusan Artificial Intelligence (AI)? Jurusan ini masih terasa asing di telinga pelajar Indonesia. Akan tetapi, sudah banyak universitas di berbagai belahan dunia yang menyediakan jurusan kecerdasan buatan tersebut, termasuk di University of Sheffield, UK.

Perkembangan teknologi dan penyebaran informasi terus berkembang pesat. Sehingga, semakin banyak jurusan yang terus melibatkan teknologi untuk pendukungnya, termasuk jurusan AI. Apalagi saat ini, sudah termasuk dalam era global dan Society 5.0. Lantas, apa itu Artificial Intelligence?

AI merupakan perintah logis pada sebuah mesin yang dirancang supaya dapat berpikir dan membuat keputusan, sama seperti manusia. Konsep Artificial Intelligence sama seperti ketika bermain video game, dan lawan kamu adalah komputer. Bedanya, AI dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih kompleks dan lebih luas.

Keberadaan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari sangat besar manfaatnya. Ada banyak fitur terbaru dalam AI untuk membantu pengguna dalam menghemat waktu, seperti menggunakan aplikasi photo editing, fitur auto-correct untuk keyboard pada handphone yang bisa mengurangi kesalahan dalam pengetikan.

Informasi Perkuliahan Artificial Intelligence

AI atau disebut sebagai kecerdasan buatan juga populer dengan sebutan Machine Learning, yaitu ilmu untuk mempelajari tentang ilmu pengetahuan komputer. Mahasiswa dalam jurusan tersebut akan menggunakan waktu belajar di laboratorium komputer. Jurusan AI juga termasuk pada Computer Science, dan dapat dipelajari ketika kamu mengambil program studi Robotika.

Apabila kamu memilih jurusan AI dalam Robotika, kamu dapat menerapkan tingkah laku manusia, memindahkannya pada robot yang sedang kamu buat. Belajar Artificial Intelligence sangat seru dengan prospek menjanjikan di masa depan.

Jika kamu tertarik belajar jurusan Artificial Intelligence, adalah keputusan yang tepat untuk kuliah di luar negeri. Pembahasan perkuliahan jadi lebih mendalam, dilengkapi dengan fasilitas kelas dunia. Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan pada jurusan AI University of Sheffield, yaitu:

1. Introduction to Software Engineering

Mata kuliah ini akan mengenalkan tentang seperti apa konsep Rekayasa Perangkat Lunak yang dibutuhkan saat mengembangkan sistem perangkat lunak. Kamu akan belajar tentang analisis kebutuhan, implementasi, dan juga pengujiannya. Mata kuliah ini harus kamu pelajari dengan seksama karena merupakan landasan untuk mata kuliah selanjutnya.

2. Foundations of Computer Science

Mata kuliah Foundations of Computer Science diberikan pada mahasiswa jurusan AI sebagai landasan untuk mempelajari bidang komputasi. Biasanya, kamu akan belajar tentang metodologi programming dan bahasa, algoritma, data, serta komputasi simbol dan analisis.

3. Java Programming

Mata kuliah jurusan AI memperkenalkan tentang konsep pemrograman, yaitu melalui bahasa pemrograman Java atau java programming. Desain program dan pengujian dapat mendorong pembuatan program akan dijelaskan sesuai fokus awal dalam aspek terstruktur serta khas bahasa pemrograman, pemilihan, gagasan urutan, dan pengulangan.

4. Machines and Intelligence

Mata kuliah memberikan pengenalan artificial intelligence, konsep kunci dan masalah di lapangan. Pembelajaran akan membahas tentang gambaran komputer dalam memahami seperti apa manusia bertindak, dan bagaimana cara manusia memprogram komputer.

Machines and Intelligence juga termasuk mata kuliah untuk meninjau sejarah singkat subjek, serta pertanyaan dan isu lainnya di bidang utama AI. Mata kuliah Machines and Intelligence juga melibatkan ilmu Computer Science, termasuk teknologi robotik.

Untuk tahu lebih banyak selain mata kuliah di Jurusan AI, kamu bisa langsung bertanya ke agen pendidikan luar negeri, ICAN Education Consultant. Tim kami akan memberikan update informasi lengkap tentang cara daftar, syarat masuk, hingga memberikan panduan aplikasi sesuai ketentuan universitas yang kamu pilih.

Baca juga : Pilihan Jurusan Artificial Intelligence Terbaik Di Dunia

Prospek Kerja Lulusan Artificial Intelligence

Artificial Intelligence terus berkembang semakin canggih, mengakibatkan perubahan signifikan dalam dunia kerja. Ada berbagai macam pekerjaan manusia yang kurang efisien dan kini terganti oleh AI. Menurut World Economic Forum (WEF) pada laporannya “Future of Jobs” menyebutkan bahwa keberadaan AI dapat merubah hingga seperempat pekerjaan dalam kurun waktu 5 tahun mendatang.

Terdapat 23% pekerjaan terdampak, tetapi mampu memunculkan pekerjaan yang baru. WEF memprediksi waktu lima tahun mendatang, jumlah pekerjaan berkurang hingga 14 juta. Terdapat 83 juta pekerjaan hilang, dan muncul 69 juta pekerjaan baru. Karena adanya banyak pekerjaan baru yang dibutuhkan di era modern, terdapat beberapa prospek lulusan jurusan Artificial Intelligence.

Data Scientist adalah salah satu peluang profesi yang terus meningkat. Banyak perusahaan besar membutuhkan seorang data scientist untuk kelancaran perusahaan. Profesi ini juga menawarkan gaji pokok 36% lebih besar dibandingkan dengan profesi pekerjaan lainnya di industri tersebut.

Kamu juga bisa bekerja sebagai seorang Machine Learning Engineer. Tugas kamu adalah untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem pembelajaran mesin. Misalnya, dengan mengembangkan algoritma, menciptakan model prediktif, dan membuat sistem berjalan secara optimal. Pekerjaan ini membutuhkan pemahaman dalam statistik matematika dan statistik dalam pemrograman.

Data Engineer bertanggungjawab dalam menemukan tren pada pengumpulan data dan juga pengembangan algoritma data mentah agar berguna untuk perusahaan. Sebagai Data Engineer, kamu memerlukan skill teknis signifikan, termasuk wawasan mendalam terkait desain database SQL dan bahasa pemrograman.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan