Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apa itu jurusan cyber security?

Apa itu Jurusan Cyber Security?

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Apa itu Jurusan Cyber Security?

Jurusan cyber security adalah disiplin ilmu yang akan membantu kamu untuk mempelajari bagaimana cara merancangan teknik pengamanan proteksi sistem di dalam dunia maya, kemudian menguji ketahanannya terhadap serangan cyber dari internet. Belakangan ini cyber security menjadi salah satu program studi yang banyak diminati oleh pelajar di Indonesia.

Kecanggihan teknologi tentu memberikan dampak bagi generasi saat ini untuk menentukan program studi terbaik sehingga setelah menyelesaikan pendidikan mereka bisa mendapatkan peluang pekerjaan yang luas.

Seputar Jurusan Cyber Security

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cyber security adalah ilmu yang akan mempelajari tentang teknik pengamanan dan proteksi sistem di dunia maya. Jurusan cyber security ini sangat dibutuhkan karena penggunaan internet yang sudah meluas.

Contoh cyber security yang banyak digunakan saat ini adalah urusan keuangan yang sudah mengalami proses digitalisasi dan saat ini proses keuangan bisa dilakukan dengan menggunakan Smartphone. Semakin majunya dunia Internet tentu semakin tinggi peluang kejahatan atau cyber crime yang bisa merugikan warga. Maka dari itu dibutuhkan cyber security untuk membantu memperkuat keamanan di dunia maya.

Belakangan ini banyak juga universitas-universitas di luar negeri yang menyediakan program studi cyber security. Tingginya permintaan dalam pengamanan di dunia Internet menjadi salah satu alasan, sehingga setiap kampus memutuskan untuk menyediakan jurusan cyber security agar generasi muda bisa menjadi karya terdepan untuk pengamanan dunia Internet.

Jurusan cyber security merupakan salah satu program studi di bidang komputer dan teknologi. Jurusan ini membuat calon mahasiswa harus mempelajari Bagaimana cara melindungi pemerintahan maupun industri swasta dari serangan di dunia maya.

Mahasiswa akan mengantongi kemampuan peserta pengetahuan untuk melakukan pengujian, perancangan, sampai penerapan pertahanan di dalam dunia maya. Karena Jurusan ini memiliki hubungan dengan komputer dan internet, cyber security memiliki dasar kuat pada computer science  atau ilmu komputer, sehingga menuntut calon pelamar harus berpikir kritis dan update soal teknologi dunia maya yang paling mutakhir.

Universitas Luar Negeri untuk Belajar Cyber Security

Cyber security menjadi salah satu jurusan yang diminati dan tidak semua perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut. Dari sekian banyak kampus, berikut ini beberapa daftar kampus dengan jurusan cyber security terbaik di dunia.

1. De Montfort University, Leicester – Inggris

De Montfort University, Leicester

Perguruan tinggi pertama yang menyediakan jurusan cyber security terbaik dunia adalah De Montfort University, Leicester. Jadi kampus ini sudah memiliki Cyber Technology Institute atau CTI. Perguruan tinggi tersebut merupakan salah satu tempat belajar untuk jurusan cybersecurity terbaik di Inggris dan dunia.

Kecanggihan dari CTI di kampus ini sudah diakui oleh industri Telkom ke dunia, mulai dari Rolls-Royce, Deloitte UK, dan Airbus. Dengan pengakuan dari dunia industri, tentu saja lulusan CTI selalu menjadi incaran banyak industri luar negeri.

2. Indiana University, Bloomington – Amerika Serikat

 Indiana University, Bloomington

Selanjutnya ada universitas di amerika serikat yaitu indiana university, bloomington. Kampus ini sudah menyediakan center for applied cyber security Research atau CACR.

Universitas tersebut telah mendapatkan pendanaan langsung dari lembaga pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan berbagai macam riset di bidang cyber security. Dengan sokongan dana yang berlimpah, tidak heran jika Indiana University selalu terdepan untuk urusan teknologi apalagi di bidang cyber security.

Sokongan dana dari pemerintah amerika serikat menjadi salah satu alasan kenapa jurusan cyber security di kampus ini menjadi Salah satu program studi terbaik di dunia.

3. California State University, San Bernardino – Amerika Serikat

California State University

Jurusan cyber security terbaik selanjutnya ada di California State University, San Berrnardino Amerika Serikat. Kampus ini berada di dekat kota Redlands dan sudah berdiri sejak tahun 1965 dan memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa. Saat ini program studi yang ditawarkan hampir semuanya unggul, termasuk cyber security dengan gelar terbaik di Amerika Serikat dan dunia.

Badan keamanan nasional dan Departemen Keamanan Dalam Negeri di tahun 2008 menunjuk perguruan tinggi Amerika Serikat yang satu ini sebagai Pusat Keunggulan Akademik dalam Jaminan Informasi.

Selain itu, banyak juga beasiswa yang ditawarkan khusus untuk siswa cybersecurity sehingga membebaskan setiap pelajar lokal maupun internasional yang mendapatkan beasiswa dari seluruh tagihan kampus.

4. Carnegie Mellon University, Pittsburgh – Amerika Serikat

Carnegie Mellon University, Pittsburgh

Terakhir ada Carnegie  Mellon University yang merupakan universitas ternama di Amerika Serikat dan sudah berdiri sejak tahun 1900 di Pittsburgh, Pennsylvania. Ada lebih dari 3.500 pelajar yang kuliah di kampus ini dengan berbagai macam program studi yang ditawarkan, salah satunya adalah cyber security.

Melalui Lembaga Keamanan dan Privasi Universitas Carnegie Mellon menawarkan beberapa program gelar cyber security terbaik di Amerika Serikat dan dunia. Hari ini dibuktikan dari para peneliti laboratorium saya bersekuriti yang sudah mempublikasikan lebih dari 400 penelitian dalam bidang security and privacy dalam 5 tahun terakhir.

Jika mulai tertarik untuk belajar cyber security, maka salah satu perguruan tinggi di atas bisa menjadi rekomendasi yang tepat agar kamu menjadi lulusan unggul dan mendapatkan peluang kerja sesuai bidangnya.

Baca juga :
Universitas Di Luar Negeri Dengan Jurusan Cyber Security

Prospek Kerja Cyber Security

Memilih jurusan cyber security bisa menjadi pilihan yang tepat sebab jurusan ini memberikan manfaat yang besar bagi kamu di masa depan nanti. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah prospek pekerjaan terbuka luas bagi lulusan cyber security.

Peluang pekerjaan sangat luas bagi lulusan cybersecurity karena perkembangan dunia Internet berjalan begitu pesat, begitu juga pergerakan para pelaku cyber crime.

Manfaat cyber security tentu bisa membantu untuk menghentikan tindakan cyber attack yang dicoba pada berbagai kegiatan ilegal. Fungsi cybercrime tentu sangat dibutuhkan bagi beberapa industri maupun pemerintah untuk meningkatkan cyber defense.

Untuk bisa mendapatkan cyber defense, tentu membutuhkan orang-orang yang mampu mengeksplorasi berbagai macam ancaman dunia maya dan bisa membangun sistem pertahanan yang kuat. Sehingga lulusan cybercrime tentu dibutuhkan setiap tahunnya baik di industri maupun pemerintahan.

Prospek pekerjaan yang ditawarkan oleh cyber security sangat luas, seperti berikut.

1. Cyber Security

Prospek pekerjaan pertama yang bisa didapatkan tentu saja menjadi seorang cyber security. Pekerjaan ini membuat kamu bertanggung jawab pada perangkat, jaringan, aplikasi dan e-commerce.

Selain itu cyber security juga bisa mencakup best practice dan best proses dimana fungsi ini selalu berada di departemen teknologi informasi pada sebuah perusahaan

Jadi kamu akan membuat pengamanan yang kuat terhadap berbagai macam data yang dimiliki oleh sebuah industri maupun pemerintahan agar tidak terserang oleh cyber crime. Kisaran gaji yang bisa diperoleh cybersecurity ini mulai dari 5 juta – 10 juta rupiah.

2. Security Risk Management

Prospek bekerja pekerjaan selanjutnya adalah Security Risk Management atau manajemen risiko keamanan yang memiliki berbagai macam tugas, salah satunya adalah tugas untuk mengidentifikasi risiko, termasuk untuk ancaman terhadap kelangsungan bisnis sebuah perusahaan dan bisa mengendalikan ancaman tersebut.

Salah satu program manajemen risiko keamanan adalah mengembangkan serta mengimplementasi contingency planning. Jika bekerja sebagai seorang manajemen risiko keamanan gaji yang didapatkan jauh lebih besar, mulai dari 20 – 30 juta.

3. System Administrator

Selanjutnya juga ada prospek pekerjaan sebagai seorang System Administrator. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga konfigurasi serta keamanan sistem operasi komputer.

Hal ini terutama berlaku bagi komputer multi pengguna misalnya komputer server yang biasanya ditemukan di sebuah perusahaan besar.

Administrator sistem memiliki tanggung jawab untuk bisa memastikan bahwa setiap komputer telah memiliki jadwal, kinerja, sumber daya, serta keamanan yang tidak menghabiskan banyak anggaran. Seorang yang bekerja sebagai system administrator memiliki gaji sekitar 10 juta – 15 juta.

4. Network Security Administrator

Prospek pekerjaan selanjutnya adalah network security administrator di mana seseorang memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan memelihara semua sumber daya dalam satu sistem jaringan, sehingga kinerja dari jaringan tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

Prospek pekerjaan juga memiliki tanggung jawab untuk menyesuaikan dengan fungsi struktur, dan keamanan jaringan. Gaji yang didapatkan untuk network security administrator mulai dari 10 juta – 15 juta.

5. Database System Administrator

Lulusan cyber security juga bisa bekerja sebagai database system administrator yang bertanggung jawab untuk merancang, mengimplementasikan, memelihara, serta memperbaiki basis data.

Pekerjaan Ini merupakan profesi yang bisa mencakup pengembangan desain strategi basis data, Melakukan pemantauan, serta meningkatkan kinerja maupun kapasitas basis data. Tidak hanya itu, terkadang juga harus melakukan perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan.

Gaji yang didapatkan berkisar antara 10 juta -15 juta rupiah.

Penutup

Prospek pekerjaan yang ditawarkan oleh lulusan cybersecurity memiliki gaji yang menggiurkan. Sekalipun gaji yang ditawarkan cukup besar, tetapi pekerjaan yang dilakukan juga tidak mudah. Banyak pelajar yang mulai tertarik untuk mengambil jurusan cybersecurity di Universitas terkemuka dunia, sehingga peluang pekerjaan yang didapatkan di masa depan jauh lebih besar.

Apabila kamu mulai tertarik untuk belajar cybersecurity di luar negeri, konsultasikan keinginan tersebut dengan agen pendidikan luar negeri terbaik dan profesional seperti ICAN Education.

ICAN Education akan memberikan berbagai macam tips dan solusi menarik yang bisa didapatkan untuk

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan