Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri, wajib tahu

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Luar Negeri, Wajib Tahu!

Beranda / Bacaan Umum / Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Luar Negeri, Wajib Tahu!

Walaupun terdapat kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri, sampai saat ini, masyarakat umum masih menganggap bahwa bisa kuliah di luar negeri adalah pencapaian luar biasa. Hal tersebut tentu sepenuhnya benar, karena jika kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut, bisa menjadi langkah awal mewujudkan cita-cita masa depan.

Sebelum merencanakan perkuliahan luar negeri, tentu terdapat beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan secara matang. Sangat penting mencari tahu apa saja keuntungan dan kekurangan kuliah di universitas luar negeri, termasuk pendidikan jenjang S1 sampai S3.

5 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Luar Negeri

Banyak orang mengumpulkan bekal informasi sebelum daftar kuliah di kampus tujuan. Hal ini karena kamu akan berada pada lingkungan asing, jauh dari keluarga. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan kuliah luar negeri:

1. Kualitas Pendidikan Lebih Tinggi

Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia adalah beberapa contoh negara Eropa dengan kualitas pendidikan sudah diakui secara internasional. Seluruh tenaga pendidik dan kurikulumnya sudah sangat maju, paten, dan pasti memberi jaminan para alumni agar mampu memiliki kompetensi dan bersaing di dunia kerja. Tak heran kalau kuliah di Amerika, Inggris, Kanada dan negara lainnya menjadi pilihan siswa.

Hal penting lainnya adalah pemerintah pada berbagai negara tersebut mampu memberikan kesejahteraan tinggi bagi para tenaga pendidiknya. Sehingga, tidak ada kepentingan bekerja di luar jam mengajar. Hal ini sangat membantu supaya tenaga pendidik tetap fokus mendidik tanpa ada masalah kesejahteraan.

 Baca juga : Apa Kamu Berencana Kuliah S1 Di Luar Negeri?

2. Kesehatan Terjamin

Kuliah di luar negeri bagi mahasiswa internasional menguntungkan dalam hal kesehatan dan keselamatan. Hal ini karena seluruh pelajar dilindungi kesehatannya melalui asuransi.

Ketika sebelum berangkat ke kampus tujuan, kamu akan mengikuti pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Kapan saja mempunyai masalah kesehatan selama kuliah luar negeri, kamu bisa langsung menggunakan layanan kesehatan sesuai ketentuan dan syarat.

3. Fasilitas Pendidikan

Dari daftar kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri, fasilitas pendidikan adalah keuntungan tersendiri. Kamu bisa menemukan kampus dengan perpustakaan sangat lengkap untuk referensi tugas. Bahkan, saat kamu berada di kampus yang ada di kota kecil.

Jika kamu punya peluang kuliah di luar negeri, kamu pasti akan memperoleh fasilitas perpustakaan skala nasional dengan banyak referensi up to date. Apalagi banyak kampus mempunyai perpustakaan lengkap dengan komputer. Fasilitas lainnya termasuk koneksi internet cepat untuk kebutuhan informasi komunitas. Itulah mengapa mahasiswa mempunyai produktivitas tinggi selama kuliah di luar negeri karena dukungan fasilitas.

4. Mahasiswa Muslim Harus Lebih Jeli

Kuliah luar negeri tidak hanya membuat kamu wajib beradaptasi dengan lidah atau menu-menu makanan dengan citara rasa berbeda. Makanan halal bagi mahasiswa muslim juga menjadi tantangan tersendiri.

Tidak mudah mencari tempat makan halal kapan saja hendak makan di luar. Salah satu cara efektif untuk pola makan yang harus kamu terapkan adalah dengan masak makanan sendiri.

5. Kesulitan Beradaptasi Setelah Kembali Pulang

Setelah perkuliahan selesai, tidak sedikit mahasiswa internasional kesulitan beradaptasi dengan gaya hidup nusantara setelah sampai di Indonesia. Setelah belajar banyak hal di luar negeri selama beberapa tahun, terkadang kamu jadi terbawa dengan budaya dan kebiasaan selama di negara tujuan.

Misalnya, ketika membuat janji dengan seseorang, selama di luar negeri, kamu akan selalu berusaha on-time. Namun, saat kembali ke Indonesia, berangkat on-time dalam pertemuan tertentu membuat kamu harus menunggu karena jadwalnya justru seringkali tidak tepat.

Baca juga : Fakta Menyenangkan Selama Kuliah Di Luar Negeri

Bagaimana Sistem Pendidikan Luar Negeri

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri, maka berikutnya kamu wajib mempertimbangkan bagaimana sistem pendidikan di negara asing. Ketika masa ospek atau pengenalan kampus, sistem pendidikan luar negeri menawarkan program relevan.

Contohnya, kebanyakan universitas di Amerika Serikat membuat masa orientasi sangat positif, bagaimana perkuliahan dan mengenal universitas lebih dalam. Terdapat aktivitas seminar, kajian, juga games seru. Sehingga, kegiatan ospek adalah hal wajib bagi mahasiswa baru dan rugi jika dilewatkan.

Jika belum yakin kuliah di luar negeri, kamu juga bisa langsung berkomunikasi dan melakukan konsultasi universitas luar negeri dengan bantuan agen pendidikan profesional. Umumnya, kampus luar negeri menawarkan sistem pendidikan hands-on learning, terdapat klub untuk mengembangkan bakat sesuai jurusan, gaya belajar saat di kelas, juga para tenaga pendidik profesional.

Perkuliahan di luar negeri berjalan secara aktif, terdapat interaksi antara mahasiswa dan dosen. Kamu juga harus mengumpulkan paper sebagai bentuk tugas, diskusi, seminar, dan praktikum. Universitas juga menyediakan hub, platform, dan juga organisasi untuk meningkatkan kreativitas.

Komunitas kampus terasa hidup karena selalu ada acara juga festival menarik. Kamu bisa ikut klub sport, akademis, humanity, ataupun hobi pada berbagai bidang. Selain belajar tentang organisasi, kamu bisa belajar berkomunikasi, menghargai pendapat, juga skill leadership dalam melakukan aktivitas.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan