Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apa kamu berencana kuliah s1 di luar negeri?

Apa Kamu Berencana Kuliah S1 di Luar Negeri?

Beranda / Perkuliahan / Apa Kamu Berencana Kuliah S1 di Luar Negeri?

Kuliah jadi satu langkah penting dalam pendidikan setiap siswa. Kuliah S1 di luar negeri menjadi salah satu impian banyak siswa. Ada kebanggan sendiri bagi mereka jika berhasil melanjutkan pendidikan di negara tujuannya.

Salah satu cara terbaik untuk dapat kuliah di luar negeri adalah dengan beasiswa. Meski tidak mudah, pendaftaran beasiswa setiap tahunnya selalu diminati oleh banyak siswa dari seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Banyak siswa dari Indonesia memperebutkan beasiswa unggulan setiap tahunnya. Beberapa negara tujuan yang menjadi favorit banyak siswa, terutama Indonesia adalah Australia, UK, atau Amerika Serikat. Beasiswa-beasiswa ini umumnya disediakan oleh lembaga pendidikan, program foundation internasional atau pemerintahan negara yang bersangkutan.

Kuliah S1 di Luar Negeri dengan Beasiswa

Meski membutuhkan biaya dan persiapan yang tidak sedikit, kuliah S1 di luar negeri bisa dilakukan dengan mendaftarkan diri di salah satu beasiswa yang tersedia.

Jalur beasiswa ini sendiri menjadi salah satu cara yang banyak ditempuh oleh para siswa. Walaupun ada banyak persyaratan dan persiapan yang harus dilakukan, ternyata setiap tahunnya ada banyak siswa yang mendaftarkan diri di beberapa beasiswa yang tersedia untuk dapat kuliah S1 di luar negeri.

Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah S1 di luar negeri?

1. Bukti Prestasi Akademik

Untuk mendapatkan beasiswa S1 di luar negeri adalah mempersiapkan bukti prestasi akademik terakhir yang dimiliki seperti rapor, transkrip nilai, ijazah dan dokumen lainnya sebagai syarat akademik. Meski penilaian tidak sepenuhnya bergantung pada nilai akademik terakhir, namun kamu juga perlu memperhatikan nilai akademik yang kamu miliki.

Selain prestasi akademik, kamu juga harus memperhatikan aktivitas non-akademik seperti lomba olahraga, sains atau kompetisi lainnya.

Semua dokumen akademik yang kamu miliki dan akan dikirimkan, kamu harus menerjemahkannya ke dalam Bahasa Inggris oleh penerjemah resmi.

Baca juga : Tentang Gap Year: Pengertian, Alasan, Dan Manfaat Ambil Gap Year

2. Ikut Berpartisipasi dalam Organisasi

Selain prestasi akademik, pengalaman organisasi menjadi hal utama lainnya yang perlu kamu siapkan. Jika kamu berencana untuk beasiswa kuliah S1 di luar negeri, kamu perlu aktif dalam kegiatan organisasi di luar prestasi akademik yang kamu miliki. Pengalaman organisasi seringkali dijadikan syarat utama di luar syarat akademik. Jadi, jika kamu belum aktif dalam organisasi, maka kamu bisa mulai aktif mengikuti organisasi yang kamu minati.

Organisasi yang kamu ikuti tak harus organisasi yang dibuat oleh sekolah, kamu bisa mengikuti organisasi di luar sekolah yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Selain untuk memenuhi syarat, aktif berorganisasi bisa membuat kamu belajar berkomunikasi dan membangun relasi yang baik dengan orang baru.

3. Mulai Belajar Bahasa Asing

Kuliah S1 di luar negeri tentu harus menguasai bahasa Inggris. Meski tak mahir, setidaknya kamu perlu mengerti sedikit banyak tentang berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Banyak juga universitas yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Hal ini tentu mengharuskan kamu untuk mengerti dan sering-sering menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari.

Selain bahasa Inggris, ada banyak pula universitas yang menggunakan bahasa asal negara tersebut sebagai bahasa pengantar di kelas, jadi ada kemungkinan kamu juga diharuskan untuk mempelajari bahasa asal negara tujuanmu.

Untuk pembuktian kemampuan bahasa Inggris, ada baiknya kamu mulai mengikuti kursus TOEFL dan IELTS. Sebab, sertifikasi TOEFL dan IELTS biasanya wajib dilampirkan beserta aplikasi pendaftaran yang kamu kirimkan.

Baca juga: Berapa Usia Maksimal Kuliah S1 Luar Negeri?

4. Mempersiapkan Tes SAT atau ACT

Tes Scholastic Aptitude Test (SAT) dan American College Testing (ACT) merupakan ujian akademik yang menentukan apakah pelamar mampu belajar di universitas tujuan atau tidak. Tes SAT umumnya berupa tes matematika dan Bahasa Inggris.

Sedangkan tes ACT tidak berbeda dengan SAT, hanya saja memiliki tes tambahan yaitu tes sains. Tes ACT ini biasanya diambil oleh para kandidat yang memiliki minat di bidang sains.

5. Belajarlah Membuat Motivation Letter yang baik

Motivation Letter menjadi faktor lain untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah S1 di luar negeri. Motivation Letter sendiri bisa menjadi tolak ukur mengapa kamu ingin dan pantas mendapatkan beasiswa kuliah S1 di luar negeri dan sebesar apa motivasi kamu untuk mendapatkannya.

Nah, jika kamu benar-benar berencana untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, maka mulai sekarang kamu perlu mempelajari cara membuat Motivation Letter tersebut. Kamu bisa belajar membuat Motivation Letter secara otodidak dengan cara mengikuti beberapa contoh di internet. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan guru atau orang terdekat untuk mengajari bagaimana membuat Motivation Letter yang baik.

6. Pelajari Cara Bicara yang Baik

Proses mendapatkan beasiswa di luar negeri biasanya mencakup wawancara atau interview. Sesi ini wajib dilakukan oleh para kandidat dengan pihak universitas. Interview sendiri biasanya berisi pertanyaan mengapa kamu ingin kuliah di universitas tersebut dan apa yang akan kamu lakukan setelah lulus dari kampus tersebut.

Di sesi ini, kamu perlu melatih cara berbicara agar bisa meyakinkan pihak universitas bahwa kamu layak menerima beasiswa dan berkuliah di kampus tujuan. Berlatihlah untuk menghadapi interview, terutama untuk menjawab pertanyaan tersebut. Hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk melatih menghadapi sesi interview adalah bahasa tubuh, intonasi dan artikulasi berbicara, cara berbicara dan menjawab pertanyaan.

Selain hal tersebut, hal lain yang juga perlu kamu persiapkan adalah informasi soal jurusan dan universitas yang kamu pilih, motivasi dan alasan mengapa kamu memilih jurusan dan universitas tersebut dan apa yang harus kamu lakukan setelah lulus nanti.

Persiapkan diri dan catat poin penting apa yang ingin kamu jawab pada sesi interview nanti.

Baca juga : Jurusan Kuliah Paling Diminati

Kelebihan Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri!

Beasiswa menjadi salah satu cara untuk bisa kuliah S1 di luar negeri, tak heran jika ada banyak siswa dari seluruh dunia berlomba untuk mendapatkan beasiswa di negara tujuan. Nah, dengan adanya beasiswa ini kamu akan mendapatkan keuntungan yakni membayar biaya kuliah yang lebih murah. Bahkan, ada jenis beasiswa yang akan meng-cover semua biaya selama kamu berada di negara tersebut.

Kuliah di luar negeri akan membuat kamu menjalin relasi yang cukup baik dengan banyak orang dari negara yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa memiliki banyak peluang untuk meniti karir atau melanjutkan pendidikan di negara yang berbeda. Kamu juga bisa belajar kebudayaan dan bahasa baru dari rekan kuliah yang kamu temui.

Persiapkan syarat-syarat yang berlaku dan kirimkan semua dokumen yang sudah disiapkan ke pihak universitas. Perlu diingat bahwa semua dokumen harus dalam bahasa Inggris. Jika dokumen asli milikmu menggunakan bahasa Indonesia, maka kamu perlu menerjemahkannya terlebih dahulu ke bahasa Inggris oleh penerjemah bersertifikat.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan