Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis di Kampus Terbaik

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis di Kampus Terbaik

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis di Kampus Terbaik

Syarat masuk jurusan desain grafis wajib diketahui jika kamu salah satu pelajar yang tertarik untuk mengambil program studi tersebut. Belakangan ini semakin banyak yang tertarik dengan desain grafis sebagai jurusan kuliah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Namun, untuk bisa masuk jurusan ini tentu tidak mudah, sebab ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Jika kamu bermimpi menjadi seorang desainer grafis, penting untuk mempertimbangkan persyaratan masuk, tujuan karir, dan latar belakang kreatifmu sebelum mengejar mimpi tersebut. 

Meskipun industri desain grafis menawarkan peluang karir yang luas, sangat penting bagi calon mahasiswa untuk menentukan arah spesifik yang ingin dikejar sejak awal pendidikan kuliahnya.

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis

Sebenarnya ada berbagai macam syarat yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar jika tertarik mengambil jurusan desain grafis. Berikut ini beberapa syarat utama yang wajib kamu miliki, sehingga proses perkuliahan  nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Syarat pertama yang harus dimiliki bagi calon pelamar untuk jurusan Desain grafis adalah daya kreativitas tinggi. Persyaratan yang satu ini tentu tidak jauh berbeda dengan beberapa jurusan seni lainnya. Selain itu, penting juga untuk memiliki gaya yang unik, keaslian, dan kemampuan komunikasi yang baik.

Harus Peka Terhadap Perkembangan Teknologi

Jurusan desain grafis tentu berbeda dengan seni tradisional di mana jurusan yang satu ini lebih mengandalkan penggunaan perangkat lunak dan teknologi terbaru. Oleh karena itu calon mahasiswa yang tertarik mengambil program desain grafis harus memiliki pemahaman yang baik tentang grafik komputer, perangkat lunak yang umumnya digunakan dalam proses desain, animasi, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, tetapi beberapa universitas juga menyarankan agar pelamar juga bisa menyelesaikan kursus seni dan desain dasar selama  satu tahun selama di SMA untuk memperoleh pemahaman dasar yang kuat dalam bidang seni dan desain. Jadi penting untuk kamu mencari tahu persyaratan khusus dari universitas yang kamu tuju dan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi agar proses aplikasi berjalan dengan lancar.

Selalu Mengikuti Trend dan Perkembangan Industri

Selanjutnya syarat masuk jurusan Desain grafis adalah memiliki kemampuan untuk mengikuti tren dan perkembangan industri. Sebagai seorang calon desainer grafis, tentu kamu harus sadar bahwa mengikuti trend industri dan perkembangan  teknologi sangat penting baik melalui upaya secara pribadi ataupun program pelatihan secara profesional.

Selera dan preferensi konsumen untuk berubah-ubah dengan cepat, sehingga sebagai seorang desainer grafis kamu harus tahu siap untuk mengikuti perubahan tersebut. Kemampuan untuk bisa beradaptasi dengan ide-ide baru, bekerja di bawah tekanan, dan tetap mengikuti trend dalam mode, musik, serta budaya pop lainnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk menjadi seorang desainer grafis yang sukses.

Mampu Bekerja Sendiri atau Bersama dengan Tim

Sebagai seorang desainer grafis, kamu dituntut untuk mampu bekerja secara individual atau bersama dengan tim. Bekerja secara mandiri maupun dalam kolaborasi tim adalah hal yang sangat penting Sebab di beberapa situasi kamu akan diharapkan untuk bisa menyelesaikan tugas sendiri atau bekerja sama.

Oleh karena itu, kemampuan memberikan tugas kepada orang lain juga menjadi salah satu kualitas yang sangat dihargai oleh calon desainer grafis berkualitas. Selain itu,  Memiliki keterampilan manajemen yang waktu yang baik, inisiatif yang tinggi disiplin diri, dan lain sebagainya.

Memiliki Ketertarikan pada Dunia Bisnis

Syarat selanjutnya lebih baik jika calon pelamar jurusan desain grafis memiliki ketertarikan di dalam dunia bisnis. Selain berkarya di studio desain sebagai seorang karyawan perusahaan, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja secara mandiri atau menjadi seorang freelance di dunia seni desain grafis.

Maka dari itu, memiliki pemahaman yang kuat di bidang bisnis serta memahami pengetahuan tentang pemasaran dan penjualan adalah salah satu hal penting. Sekalipun tidak menjadi syarat yang  khusus, tetapi pemahaman terhadap dunia bisnis akan menjadi bagian yang sangat berharga selama masa perkuliahan atau mulai membangun karir di masa depan.

Selain itu mempertahankan keterampilan komunikasi secara efektif juga menjadi hal yang sangat berguna dalam dunia desain grafis. Di industri desain grafis kamu memiliki kesempatan berkolaborasi dengan beberapa individu yang latar belakangnya dan pendekatannya berbeda-beda. Kemampuan untuk bisa menyampaikan ide-ide secara jelas melalui berbagai macam media sangat dibutuhkan, mulai dari visual, verbal, maupun secara tulisan untuk bisa sukses di dunia desain grafis.

Baca Juga: Beasiswa Desain Grafis di Luar Negeri

Banyak Hal Dapat Dipelajari dalam Desain Grafis

Setelah memahami syarat-syarat masuk jurusan desain grafis, sekarang saatnya untuk lebih memahami apa yang akan kamu pelajari di dalamnya. Kurikulum dalam jurusan desain grafis dapat bervariasi tergantung pada spesialisasi yang kamu pilih.

Namun, secara umum, mata kuliah dalam jurusan desain grafis mencakup berbagai topik seperti desain website, seni studio, tipografi, desain komputer, motion graphics, produksi grafis komersial, teknik pencetakan, dan mata perkuliahan lainnya yang terkait dengan seni rupa atau desain grafis.

Selain itu, beberapa mata kuliah mungkin juga fokus pada prinsip dasar desain, termasuk teori desain dan proses desain. Selain itu, pendidikan seni liberal juga diajarkan mencakup mata kuliah umum seperti sejarah seni, sosiologi, pemasaran, psikologi, menulis, studi budaya, dan bisnis.

Dengan banyaknya jenis mata kuliah ini, mahasiswa desain grafis memiliki kesempatan untuk memperluas pengetahuan mereka dan menjadi lebih siap untuk terjun ke dalam industri desain grafis di masa depan.

Penutup

Untuk bisa menjadi salah satu bagian dari mahasiswa jurusan desain grafis, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Syarat masuk jurusan desain grafis beberapa diantaranya seperti memiliki daya kreativitas tinggi, peka terhadap perkembangan teknologi, dan lain sebagainya.

Untuk lebih mudah bergabung dengan jurusan desain grafis, kamu bisa berkonsultasi dengan konselor pendidikan profesional seperti ICAN Education. Melalui agen pendidikan akan lebih mudah bagi kamu untuk memahami jurusan desain grafis dan menemukan perguruan tinggi yang tepat.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan