Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kuliah desain di amerika serikat, usa

Kuliah Desain di Amerika Serikat, USA

Beranda / Perkuliahan / Kuliah Desain di Amerika Serikat, USA

Memimpikan karier di bidang seni dan desain tentu tak berlebihan karena sektor ekonomi kreatif di seluruh dunia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir. Bahkan diperkirakan pada 2024, pekerjaan untuk seniman dan desainer diperkirakan meningkat secara tajam. Oleh karenanya, banyak siswa memilih untuk menempuh kuliah di jurusan seni dan desain yang membuka luas peluang karier tersebut.

Seni dan Desain di Amerika Serikat (USA)

Salah satu negara yang memiliki universitas global terkemuka dengan menawarkan jurusan seni dan desain terbaik adalah Amerika Serikat (USA). Negara ini dipilih sebagai destinasi belajar desain terbesar para siswa internasional, salah satunya karena fasilitas perkuliahan dan studio profesional kelas dunia.

Lalu, Mengapa USA?

Setiap tahun, jumlah mahasiswa internasional yang datang ke USA untuk belajar seni dan desain kian meningkat. Ada sejumlah alasan mengapa USA dipilih sebagai negara tujuan kuliah desain terbesar. Faktanya, enam dari sepuluh universitas terbaik di dunia berada di USA. Setidaknya, itulah bukti bahwa USA memiliki fasilitas belajar dan tenaga pendidik berstandar internasional. Kesempatan untuk berkarier di bidang desain pun terbuka lebar di Negara Paman Sam ini.

Negara ini juga dikenal sebagai “rumah” bagi ribuan universitas dan institut dengan keunggulan program studinya masing-masing, termasuk seni dan desain. Jadi, apa pun bidang minat desain yang ingin mahasiswa geluti, USA akan selalu memberi opsi sekolah yang sesuai.

Sebagai negara yang terdepan dalam bidang teknologi, USA semakin mengokohkan dirinya dalam beragam inovasi desain terkini di segala lini. Berpengalaman dan mempunyai mindset global adalah kunci utama pasar kerja. Dua hal tersebut dapat diperoleh dengan belajar di USA. Para mahasiswa internasional dari berbagai negara yang saling berinteraksi akan menciptakan iklim pembelajaran global dan inspirasi desain lintas budaya.

5 Pilihan Program Desain

Ada beragam program studi dalam ruang lingkup seni dan desain yang ditawarkan di berbagai universitas terkemuka di USA. Tentu hal ini merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk menghidupkan gairah kreatif dan membuahkan karya-karya masterpiece. Beberapa yang populer, seperti dimuat dalam www.academyart.edu adalah:

1. Desain Web & Media

Program studi ini mempersiapkan mahasiswa untuk meraih karier mutakhir dalam pengalaman desain dan media digital. Diajarkan berbagai pendekatan terpadu berbasis empat dasar, yaitu pemikiran desain, komunikasi visual, teknologi, dan pengalaman pengguna. Para lulusannya adalah pemikir strategis, produsen, dan penggagas teknologi yang siap memimpin inovasi di tingkat global.

Opsi karier: Interactive Designer, UX Designer, UI Designer, Mobile Designer, Visual Designer, Art Director, Motion Designer, Front-End Developer, Web Designer.

2. Fashion

Mahasiswa peminat dapat memilih penekanan dalam desain fashion, desain tekstil, desain pakaian rajut, merchandising, atau visual merchandising. Mereka akan belajar menggabungkan keunggulan dalam desain, visi artistik, dan teknologi inovatif untuk mendapatkan keterampilan yang diperlukan demi mewujudkan visi kreatif mereka.

Opsi karier: Design Director, Textile Designer, Technical Knitwear Designer, Fashion Director, Visual Merchandising Director, Fashion Editor, Executive Editor, Pattern Maker.

3. Desain Grafis

Program studi ini mengintegrasikan teori, praktik, dan riset, juga menyempurnakan dan mendorong inovasi, pemikiran kritis, literasi visual, dan pemecahan masalah konseptual. Mahasiswa belajar untuk memengaruhi strategi pemasaran, meningkatkan kesadaran akan masalah kritis, dan memfasilitasi perubahan budaya.

Opsi karier: Designer, Visual Designer, Interactive Designer, Senior Designer, Creative Director, Strategist.

4. Desain Industri

Program studi ini memberikan mahasiswa kebebasan untuk mengejar visi desain pribadi mereka dalam lingkungan akademis yang terstruktur dan mendukung.

Opsi karier: Junior Designer, Clay Modeler, Digital Modeler, UX/UI Designer.

5. Desain Arsitektur Interior

Kurikulum program ini mengintegrasikan teori, desain, dan teknologi bersamaan dengan standar industri. Mahasiswa akan didukung untuk mengembangkan kemampuan intelektual, artistik, dan etika yang diperlukan untuk praktik profesional.

Opsi karier: FF&E Designer, BIM Designer, Project Designer, Job Captain, Visualization Specialist.

Universitas Desain Terbaik

Berikut daftar 10 universitas terbaik di USA untuk jurusan desain pada 2018-2019, seperti dimuat dalam www.niche.com:

  1. University of Southern California
  2. Rhode Island School of Design
  3. Washington University
  4. Cleveland Institute of Art
  5. Carnegie Mellon University
  6. Fashion Institute of Design & Merchandising
  7. Pratt Institute
  8. University of Notre Dame
  9. California Institute of the Arts
  10. New York School of Interior Design

Nah, siapkan pilihanmu untuk raih kesuksesan!

Segera daftarkan diri Anda dengan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini.

Baca juga :
Universities You Can Go to Study In The USA

Keunggulan Kuliah Desain di Amerika

Di Amerika Serikat, desain diajarkan dengan cara yang inovatif dan interdisipliner di perguruan tinggi Amerika. Anda juga akan dihadapkan pada kampus yang beragam secara budaya, dengan universitas-universitas yang mendukung dan menyediakan berbagai layanan kepada mahasiswa internasional. Selain itu, Anda dapat ditawari beasiswa dalam jumlah besar di AS.

Lulus dengan gelar desain dapat menawarkan berbagai peluang kerja bagi siswa yang cenderung seni seperti ilustrator, animator, direktur seni, desainer grafis, perancang busana, fotografer, profesional pemasaran, pembuat tekstil, programmer, desainer web, desainer video game dan perancang teater/latar belakang.

Jurusan desain banyak diminati oleh orang-orang kreatif yang senang menggunakan otak kanannya. Meskipun tampak menghibur, ini tidak untuk semua orang. Jika Anda masih ragu apakah jurusan desain cocok untuk Anda atau tidak, pertimbangkan pertanyaan berikut.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan