Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Seputar Kuliah Jurusan Bahasa Inggris

Seputar Kuliah Jurusan Bahasa Inggris

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Seputar Kuliah Jurusan Bahasa Inggris

Kuliah jurusan bahasa Inggris bisa menjadi pilihan yang tepat. Di era saat ini, menentukan jurusan kuliah bisa menjadi tantangan tersendiri karena banyaknya pilihan yang tersedia, terutama dengan adanya beragam jurusan di berbagai bidang. Namun, bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, jurusan bahasa Inggris mungkin menjadi pilihan yang menarik.

Bahasa Inggris telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks globalisasi di mana kemampuan berkomunikasi lintas budaya sangatlah penting. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika jurusan pendidikan bahasa Inggris menarik minat banyak orang.

Namun, sebelum memilih jurusan tersebut, penting untuk memahami apa saja mata kuliah yang akan dipelajari dan apakah diperlukan kemampuan bahasa Inggris yang tinggi sebelum masuk ke dalamnya.

Pahami Perbedaan Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris

Nah, bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusan yang berhubungan dengan bahasa Inggris, penting untuk memahami perbedaan antara jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris agar tidak salah dalam memilih. Meskipun keduanya berfokus pada bahasa Inggris, namun terdapat perbedaan signifikan antara keduanya.

Berikut ini perbedaan kuliah jurusan pendidikan bahasa Inggris dan sastra Inggris.

Memahami Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Program studi atau jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang bercita-cita menjadi guru, karena fokus utamanya adalah pada pengajaran bahasa Inggris. Di dalam program ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek bahasa Inggris yang penting.

Salah satu hal yang dipelajari dalam jurusan ini adalah berbagai bentuk tense, seperti simple past tense (menggambarkan masa lalu), simple present tense (menggambarkan masa sekarang), dan simple future tense (menggambarkan masa depan). Semuanya adalah materi dasar yang umumnya diajarkan di tingkat Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan mempelajari berbagai bentuk kalimat lain, termasuk cara menyatakan niat atau tujuan (expressing intention). Selain membuat kalimat, penting juga untuk dapat membaca bahasa Inggris dengan lancar dan tepat, agar penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Di dalam kurikulum jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, terdapat beberapa mata kuliah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, memperkuat pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan bahasa tersebut.

Memahami Jurusan Sastra Inggris

Untuk memahami perbedaan antara jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris, pertama-tama, kamu perlu memahami esensi dari masing-masing. Sastra Inggris adalah studi yang mendalami Bahasa Inggris dari perspektif linguistik dan sastra.

Meskipun terdengar sederhana, belajar Sastra Inggris jauh dari itu. Ini bukan hanya tentang kursus bahasa Inggris biasa yang mengajarkan percakapan sehari-hari atau tenses sederhana. Jurusan ini menuntut keterampilan analisis yang mendalam, logika yang terstruktur, kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik, serta kemampuan berpikir kritis yang matang.

Selain itu, mahasiswa Sastra Inggris juga akan mempelajari Sejarah dan Budaya, karena Bahasa tidak bisa dipisahkan dari budaya, dan budaya tidak bisa dipisahkan dari sejarah. Mereka akan mempelajari karya sastra dalam berbagai bentuknya, seperti prosa, novel, puisi, dongeng, bahkan drama, film, atau lagu, baik dalam bentuk tulisan maupun pertunjukan.

Baca juga : Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa

Kenapa Mengambil Kuliah Jurusan Bahasa Inggris?

Setelah kamu memutuskan ingin mengambil jurusan pendidikan bahasa Inggris atau sastra bahasa Inggris semuanya akan memberikan keuntungan tersendiri. Ada beberapa alasan kenapa program studi bahasa Inggris banyak diminati dan bisa memberikan keuntungan bagi para mahasiswa, misalnya seperti berikut:

Prospek Kerja Luas

Salah satu kelebihan utama memilih jurusan Bahasa Inggris adalah prospek kerja yang luas. Dengan jurusan pendidikan Bahasa Inggris tentu kamu memahami apa saja yang menjadi bagian penting dari kurikulum di tingkat sekolah dasar, menengah, hingga perguruan tinggi, permintaan akan pendidik yang menguasai Bahasa Inggris sangat tinggi.

Sedangkan lulusan sastra Inggris memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penulis, editor,  bergabung dengan perusahaan penerbitan buku, dan lain sebagainya. Hampir semua lulusan jurusan bahasa Inggris bisa mendapatkan prospek pekerjaan dengan nilai gaji cukup tinggi.

Membuka Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Salah satu keuntungan dari mengambil jurusan Bahasa Inggris adalah kemampuan untuk mendirikan lembaga pembelajaran Bahasa Inggris. Jika setelah menyelesaikan kuliah kamu belum menemukan pekerjaan, kamu dapat mengambil inisiatif untuk membuka lembaga kursus Bahasa Inggris.

Kesempatan Melanjutkan Pendidikan dengan Beasiswa

Keuntungan lainnya kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa pendidikan bahasa Inggris maupun sastra bahasa Inggris  di luar negeri dengan lebih mudah. Biasanya salah satu persyaratan untuk mendaftar beasiswa di luar negeri adalah memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Jadi, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan kualitas pendidikan terbaik di luar negeri sesuai dengan jurusan yang diinginkan.

Baca juga:
Universitas dengan Jurusan Sejarah Terbaik di Dunia
Pilihan Program Terbaik Dari Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Penutup

Tertarik untuk kuliah jurusan bahasa Inggris? Kamu bisa memilih untuk mengambil program studi pendidikan bahasa Inggris atau sastra bahasa Inggris, sesuai dengan keinginan. Keduanya berbeda, tetapi tetap memiliki prospek kerja yang sangat luas. Bahkan kamu memiliki kesempatan untuk kuliah di luar negeri.

Jika tertarik untuk kuliah di luar negeri dengan jurusan bahasa Inggris, konsultasi dengan agen pendidikan luar negeri seperti ICAN Education bisa membantu kamu untuk mendapatkan pendidikan terbaik di luar negeri. Agen pendidikan luar negeri akan menawarkan berbagai macam layanan yang akan mempermudah proses perkuliahan di luar negeri.

Selain itu kamu juga akan didampingi oleh konselor profesional sudah ahli memahami seluk beluk kuliah jurusan bahasa Inggris di luar negeri. Tertarik?

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan