Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kunci sukses untuk kuliah sambil kerja di singapura

Kunci Sukses untuk Kuliah Sambil Kerja di Singapura

Beranda / Perkuliahan / Kunci Sukses untuk Kuliah Sambil Kerja di Singapura

Pendidikan di Singapura terkenal secara internasional karena standar global dalam bidang riset dan inovasi. Beberapa universitas di Singapura berada di peringkat dunia dalam posisi yang sangat baik. Ada banyak kesempatan untuk bekerja bagi para lulusan, bahkan kamu juga bisa kuliah sambil kerja di Singapura.

Kualitas hidup di Singapura sangat tinggi karena pertumbuhan ekonominya yang progresif. Untuk itu, kamu juga harus mengimbangi biaya hidup di negara ini. Jadi, sebagai mahasiswa penuh waktu tanpa tunjangan tetap, mungkin yang terbaik adalah mencari pekerjaan paruh waktu yang dapat menopang pengeluaran harian kamu.

Tips Kuliah Sambil Kerja di Singapura

Menurut Kementerian Tenaga Kerja Singapura, siswa internasional dengan kartu pelajar di Singapura bisa bekerja paruh waktu selama 16 jam dalam seminggu selama masa studi. Namun dengan beberapa ketentuan, seperti, terdaftar sebagai siswa penuh waktu di universitas di Singapura dan siswa memiliki Student Pass yang valid yang dikeluarkan oleh Immigration and Checkpoints Authority (ICA)

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk kuliah sambil kerja di Singapura, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Perhatikan Persyaratan yang Berlaku

Untuk dapat kuliah sambil kerja di Singapura, kamu perlu memperhatikan persyaratan yang berlaku. Beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, seperti misalnya memiliki karrtu pelajar dan mendaftarkan diri di kursus penuh waktu. Proses mendapatkannya tergantung pada aturan dan peraturan universitas yang akan kamu masuki.

Lalu, untuk mendapatkan pembebasan izin kerja, kamu harus terlebih dahulu mendaftar di universitas yang disetujui oleh Kementerian Tenaga Kerja Singapura. Beberapa lembaga yang disetujui ini adalah:

  • National University of Singapore
  • Nanyang Technological University
  • Singapore Management University
  • United World College of South East Asia
  • SIM University
  • INSEAD Singapore
  • The University of Chicago Booth School of Business

Kamu juga bisa mendapatkan Training Employment Pass atau Training Work Permit. Ini mungkin dibutuhkan oleh mahassiwa internasional yang menjalankan program magang. Pelamar untuk izin kerja pelatihan juga harus menjalani pelatihan sebagai bagian dari kursus mereka.

Selain itu, kamu harus memiliki setidaknya 2500 SGD sebagai gaji bulanan dan memiliki kualifikasi profesional sesuai dengan standar institusi.

Patuhi Peraturan yang Berlaku

Kamu bisa mendaftarkan diri untuk pekerjaan penuh waktu selama masa liburan, pekerjaan paruh waktu selama masa studi dan magang yang sesuai dengan kursus kamu. Banyak pekerjaan di bawah industri yang berbeda tersedia untuk semua siswa yang mau bekerja.

Sering juga universitas merekrut mahasiswa dalam pekerjaan paruh waktu sebagai asisten perpustakaan. Departemen karir juga tersedia untuk memberikan saran.

Perhatikan bahwa mahasiswa internasional harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang diperlukan agar bisa kuliah sambil kerja di Singapura. Selain itu, mahasiswa internasional tidak diperbolehkan bekerja lebih dari 16 jam per minggu dalam periode semester. Jika kamu ingin bekerja lebih dari waktu tersebut, kamu harus mengajukan izin kerja khusus bersama dengan persyaratan yang tercantum sebelumnya.

Pekerjaan yang Dapat Dipilih

Kamu bisa melamar pekerjaan sebagai operator entri data atau di restoran. Banyak restoran yang mempekerjakan asisten juru masak atau pramusaji.

Untuk siswa internasional yang tahu banyak bahasa, kamu bahkan dapat bekerja sebagai penerjemah di perusahaan atau secara freelance.

Perkuliahan di Singapura selalu menarik perhatian banyak siswa. Untuk itu, banyak universitas ternama di negara ini yang memiliki sejumlah mahasiswa asing terbanyak. Informasi mengenai perkuliahan di negara ini bisa kamu temukan di ICAN Education Consultant. Kami juga memberikan layanan konsultasi kuliah luar negeri untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Mengapa Kuliah Sambil Kerja di Singapura?

Saat memilih untuk kuliah sambil kerja di Singapura, kamu harus dapat memahami nilai waktu dan belajar untuk tidak menyia-nyiakan waktu tersebut. Kamu akan dilatih untuk memanfaatkan semua waktu yang kamu miliki secara produktif. Kamu juga dapat mengatur waktu lebih baik daripada rekan mahasiswa lainnya.

Pekerjaan akan lebih berat daripada belajar. Hal ini bisa membuat kamu lebih menghargai sekolah dan proses belajar. Di tahun-tahun awal sebagian besar siswa di akademi, belajar mungkin dianggap remeh. Dengan mengalami pekerjaan, itu akan mengubah pikiran kamu terhadap sekolah dan memotivasi untuk lebih berusaha belajar lagi.

Kamu mungkin akan merasa sangat Lelah, namun kamu juga akan merasakan pengalaman yang sangat berharga. Ini akan membuat kamu lebih berkembang dan dewasa sebagai mahasiswa dan individu.

Kamu akan menghadapi tantangan dan membuat pilihan yang dapat mengubah kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan