Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
latihan soal dan pembahasan toefl

Latihan Soal dan Pembahasan TOEFL

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Latihan Soal dan Pembahasan TOEFL

Latihan TOEFL dan pembahasannya mungkin adalah informasi yang sedang kamu cari. Tes TOEFL membutuhkan banyak persiapan, salah satunya dengan mengerjakan latihan soal. TOEFL juga merupakan tes Bahasa Inggris yang diujikan bagi siapapun yang butuh pekerjaan, pendidikan, dan tempat tinggal.

Sampai saat ini, kamu pasti pernah ikut tes TOEFL. Jika berhasil memperoleh skor tinggi, maka kamu punya peluang meningkatkan wawasan atau pengalaman pada negara asing. Skor TOEFL juga banyak digunakan oleh lembaga swasta atau perguruan tinggi untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris.

Tips Mengerjakan Soal TOEFL

Jika kamu tertarik dalam perusahaan besar atau bersekolah ke luar negeri, maka harus memperoleh nilai TOEFL tinggi. Masing-masing lembaga memiliki standar TOEFL tersendiri dengan tidak adanya generalisasi.

Latihan Soal TOEFL Listening

Dalam TOEFL listening, maka akan menguji kemampuan Bahasa Inggris Kamu dalam hal pendengaran. Agar dapat menjawab tidak hanya dengan belajar latihan soal dan pembahasan TOEFL saja. Kamu juga harus memahami perbedaan bunyi, idiom, nada, intonasi, frasa kata kerja, dan latihan mencari informasi tersirat.

Struktur soal TOEFL listening terdapat 50 pertanyaan, dengan bagian A sebanyak 30 pertanyaan, bagian B hingga 8 pertanyaan, dan bagian C hingga 13 pertanyaan. Ketika kamu mengerjakan latihan soal, maka harus menyelesaikan dalam waktu 35 sampai 40 menit.

Pada bagian A, kamu akan mendengar percakapan dua orang, dengan satu pertanyaan. Sedangkan bagian B adalah percakapan dan beberapa pertanyaan. Pada bagian C, kamu akan mendengar tiga sampai tujuh pertanyaan.

Latihan Soal TOEFL Writing

TOEFL Writing berkaitan dengan kemampuan kamu merangkai tulisan Bahasa Inggris. Kamu harus menulis sebanyak dua esai untuk waktu 50 menit. Tulisan tersebut harus kamu ketik  pada komputer. Perhatikan bahwa esi pertama adalah gabungan skill membaca, menulis, dan mendengarkan.

Pada latihan soal, kamu akan membaca teks selama 3 menit dengan topik yang sudah ada. Kamu boleh mencatat semua poin dalam bacaan, dan seseorang akan membicarakan topik tersebut. Lalu, kamu harus menggunakan waktu 20 menit untuk merangkum dari penjelasan tersebut.

Sedangkan esai kedua yaitu tulisan opini pada topik yang sudah ada dengan panjang hingga 350 kata. Esai ini akan menilai kemampuan berargumen, penguasaan topik, dan manajemen waktu harus kamu perhatikan. Kamu bisa mempelajari mencari topik di internet untuk mulai belajar latihan soal dan pembahasan TOEFL.

Soal TOEFL Speaking

Terdapat enam pertanyaan general yang harus kamu jawab dengan waktu 15 detik, dan bicara hanya 45 detik. Pada soal ketiga dan keempat, adalah pertanyaan sesuai teks bacaan pendek yang sudah disiapkan. Tulis informasi penting dan dengarkan semua pertanyaan sebelum menjawab.

Agar bisa menjawab soal speaking maka harus rajin mengerjakan berbagai contoh soal TOEFL. Pada pertanyaan terakhir, kemampuan listening menjadi hal penting. Sebuah percakapan dua orang akan kamu dengar, dan kamu harus mampu menjawab seluruh isi perbincangan dengan waktu hanya 20 detik.

Soal TOEFL Reading

Terdapat 12 sampai 14 pertanyaan pada teks reading. Model pertanyaannya adalah tentang isi konten yang sudah kamu baca, terdapat pula pilihan ganda dengan berbagai soal yang harus kamu kerjakan selama 60-80 menit.

Mengerjakan soal reading juga membutuhkan strategi. Baca secara singkat teks yang ada, lalu baca seluruh pertanyaan dan baca lagi teks secara detail. Hal ini membantu supaya kamu memperoleh informasi pertanyaan dan jawaban dengan lebih cepat.

Baca juga : Berapa Nilai TOEFL Minimal Untuk S1 Di Luar Negeri?

Bagaimana Meningkatkan Skor TOEFL

Dalam mengerjakan latihan soal dan pembahasan TOEFL, maka pastikan untuk tetap tenang. Walaupun dibatasi waktu, jangan sampai terburu-buru, tidak teliti, sehingga mengganggu konsentrasi kamu. Ketika mengerjakan soal TOEFL juga tidak bisa satu atau dua kali saja. Kamu harus membuat jadwal secara teratur untuk latihan setiap hari.

ICAN English yang menjadi bagian dari ICAN Education menawarkan program kursus TOEFL bagi siapapun yang ingin melanjutkan studi atau bekerja ke luar negeri. Dengan penawaran tersebut, maka kamu dapat memiliki jadwal pasti setiap harinya untuk belajar dan mengasah kemampuan.

Kamu dapat memilih kelas persiapan TOEFL yang berbasis secara online atau offline. Dibimbing dengan tutor berpengalaman dan profesional, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai persiapan untuk kuliah di luar negeri atau kebutuhan lainnya.

Proses pembelajaran di ICAN English menerapkan sistem penilaian dari ETS untuk TOEFL. Materi pengajaran yang diberikan juga disesuaikan dengan materi tes resmi TOEFL.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan