Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
contoh soal reading comprehension dan pembahasannya

Contoh Soal Reading Comprehension dan Pembahasannya

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Contoh Soal Reading Comprehension dan Pembahasannya

Contoh soal reading comprehension dan pembahasannya adalah salah satu cara bagaimana kamu dapat mengerjakan jenis soal TOEFL yang banyak sekali menantang para pelajar yang mengikuti tes tersebut. Soal reading yang satu ini membutuhkan konsentrasi tinggi karena tujuan dari seksi tersebut adalah untuk menguji kemampuan dalam memahami, menginterpretasi, serta menganalisis teks sesuai topik.

Ada banyak materi yang muncul dalam reading comprehension, seperti tema bacaan, pikiran pokok, arti pada kosakata tertentu, menyimpulkan, mencari informasi tertentu, dan mengidentifikasi pengecualian pada pronoun tertentu. 

Tips Mengerjakan Soal Reading Comprehension

Dalam reading comprehension materi yang diajukan juga memiliki standar atau pola tertentu. Untuk teman-teman yang sering bertanya tentang reading comprehension, kali ini ICAN English akan memberikan beberapa informasi tips mengerjakan soal tersebut.

Membaca teks bacaan

Jika kamu membaca seluruh teks bacaan, maka akan membuang waktu. Apa lagi teks bacaan yang panjang akan membutuhkan lebih banyak waktu jika kamu harus membaca teks tersebut dari awal hingga akhir. Itulah mengapa cara terbaik untuk menghadapi bacaan teks yang panjang adalah dengan membaca pertanyaan terlebih dahulu.

Frase atau kata

Seringkali kamu dibuat bingung karena adanya kata atau frasa yang tidak kamu mengerti. Hal yang seperti ini sebenarnya tidak penting dan hanya akan membuang-buang waktu. Maka cara terbaik ketika menemukan kata atau frasa yang sulit dan tidak dapat kamu mengerti, sebaiknya tinggalkan bagian tersebut dan sambung pada kalimat sebelumnya.

Misalnya terdapat kalimat we eat food, dan kamu tidak mampu mengartikan kata eat, cara terbaiknya adalah dengan menebak karena kamu sudah mengetahui kata sebelum dan sesudah.

Identifikasi

Identifikasi kata kerja atau kata benda sangat penting ketika kamu menghadapi bacaan. Hal ini akan membantu menghemat waktu karena kamu dapat langsung fokus pada kata sesuai yang dimaksud.

Baca dan amati

Ketika membaca soal reading pada TOEFL, kamu dapat membaca sekilas dan selanjutnya mengamati kalimat pertama pada masing-masing paragraf. Kalimat utama pada paragraf seringkali menggambarkan ide pokok serta berbagai poin yang ditanyakan seringkali ada pada kalimat awal setiap paragraf.

Baca teks

Saat kamu hendak membaca teks pada contoh soal reading comprehension dan pembahasannya, maka dibutuhkan kecermatan dalam membaca teks tersebut sehingga kamu tidak harus membacanya berulang-ulang. Agar lebih efektif, beri tanda poin-poin seperti nama, kesimpulan, angka, tempat, dan definisi.

Jawab pertanyaan

ketika menjawab pertanyaan pada soal TOEFL reading, jawab pertanyaan tanpa harus terpaku pada satu pertanyaan saja. Jika pertanyaan tersebut sulit, tinggalkan terlebih dahulu untuk menghemat waktu.

Kemudian lanjutkan dengan mengisi seluruh jawaban dan jangan sampai meninggalkan jawaban dalam keadaan kosong. Hal ini karena walaupun jawaban salah tidak akan mengurangi Skor TOEFL.

Contoh Soal Reading Comprehension

Bagian reading comprehension dalam tes TOEFL adalah untuk memahami dan mengukur kemampuan membaca kamu. Kamu harus menjawab beberapa narasi singkat dalam subjek akademis. Di setiap artikel atau cerita akan ada beberapa pertanyaan yang terkait.

Contoh pertanyaan yang biasanya keluar adalah

  • What is the main idea of
  • The phrase in the third sentence refers to

Pertanyaan tersebut akan memiliki beberapa pilihan ganda. Kamu harus memilih satu pilihan yang paling tepat.

Pastikan kamu membaca cerita atau artikel dengan seksama dan pahami soal yang diberikan. Hal ini akan membantu kamu menemukan jawaban yang paling tepat.

Baca juga : Contoh Soal TOEFL Dan Pembahasan Full

Tips Meningkatkan Kemampuan Soal Reading Comprehension

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara menghadapi reading comprehension pada tes TOEFL. Salah satu tips terbaik untuk membantu meningkatkan kemampuan reading comprehension adalah dengan cara sering latihan dari berbagai contoh soal reading comprehension dan pembahasannya yang dapat kamu temukan di internet ataupun di buku materi tes TOEFL.

Agar hasil lebih efektif, kamu juga dapat gabung di kelas persiapan TOEFL yang diadakan oleh ICAN English, penyedia kursus bahasa Inggris profesional bagi seluruh pelajar di Indonesia dengan kelas interaktif dan para tutor berpengalaman. Sehingga, kemampuan mengerjakan tes TOEFL, terutama soal reading comprehension jadi meningkat.

Persiapan diri yang maksimal akan membantu kamu menjawab soal yang tersedia. Kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan menjawab pertanyaan dan mendapatan soal-soal di internet. Hal ini akan membantu kamu mengenal modul dan materi yang akan keluar dalam tes TOEFL.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan