Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kuliah di leeds university jenjang master programs dan cara daftarnya

Kuliah di Leeds University Jenjang Master Programs dan Cara Daftarnya

Beranda / Perkuliahan / Kuliah di Leeds University Jenjang Master Programs dan Cara Daftarnya

Leeds University master programs membantu mahasiswa mengambil langkah berikutnya dan meningkatkan kemampuan kerja. Kamu dapat belajar dari para ahli dan pemimpin industri. Penelitian akademisi universitas diakui secara global, juga dapat kamu peroleh dalam pembelajaran sesuai jurusan. Kamu akan menjadi bagian komunitas riset perintis dan berkontribusi membangun dunia lebih baik.

Leeds University memiliki lebih dari 300 gelar Master. Lebih dari 160 studi paruh waktu tersedia, beberapa diantaranya merupakan perkuliahan online. Studi Master di Leeds University artinya kamu berada di universitas bergengsi, di kota dinamis dan ramah mahasiswa. Universitas ini memperoleh peringkat 75 teratas dalam QS World University Rankings 2024.

Aplikasi Kuliah Master University of Leeds

Pendaftaran Leeds University master programs dilakukan secara online. Mahasiswa dengan mudah dapat melacak aplikasi di setiap tahap proses. 

Untuk kuliah di Inggris, sistem pendaftaran akan terpusat pada satu situs yaitu UCAS. Selain mendaftar lewat situs ini, kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui agen pendidikan luar negeri, seperti ICAN Education Consultant.

Agen sudah terbiasa membantu mahasiswa indonesia untuk bisa studi ke luar negeri, sehingga memastikan kamu bisa memenuhi semua syarat pendaftaran. Berikut adalah apa saja tahap pendaftaran di Leeds University untuk studi Master:

Pilih Jurusan

Tanggal mulai kursus dan tenggat waktu pendaftaran bervariasi. Sehingga, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu informasi lengkap tentang perkuliahan Master sebelum mendaftar. Ajukan permohonan aplikasi paling lambat bulan Juli jika memungkinkan, khususnya bagi pelamar internasional yang memerlukan visa untuk belajar di Inggris.

Sebelum mendaftar progrma Master, pastikan kamu dapat memenuhi persyaratan berikut:

  • Persyaratan masuk sesuai jurusan, cari tahu apa saja persyaratan masuk internasional yang setara sesuai pilihan jurusan.
  • Persyaratan bahasa Inggris Universitas
  • Persyaratan keuangan

Jika kamu masih belajar untuk mendapatkan kualifikasi yang sesuai dan belum memenuhi persyaratan masuk, universitas biasanya masih memberikan tawaran dengan syarat yang harus kamu penuhi sebelum jadwal perkuliahan dimulai.

Mulai Daftar

Pendaftaran dibuka setiap bulan Oktober untuk perkuliahan yang dimulai pada tahun akademik berikutnya. Untuk mendaftar, kirimkan aplikasi menggunakan portal aplikasi online universitas. Kamu akan dapat masuk dan melacak tahap aplikasi kapan saja. Leeds University tidak memungut biaya pendaftaran.

Kamu juga dapat menyimpan aplikasi kapan saja sehingga tidak perlu menyelesaikannya dalam satu sesi. Permohonan kamu mungkin akan dihapus setelah 180 hari jika tidak kunjung mengirimkan aplikasi dalam jangka waktu tersebut.

Baca juga: Syarat Master Programs Di University Of Leeds

Dokumentasi Pendukung

Pastikan semua dokumen pendukung kamu telah dipindai dan siap diunggah bersama aplikasi online. Semua dokumen harus dalam bahasa Inggris, atau dikirim dengan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris. Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar program Master di University of Leeds meliputi:

  • Sertifikat gelar dan transkrip akademik (atau transkrip sebagian/sementara, jika masih belajar). Harap sertakan skala penilaian jika hal ini tidak jelas dalam transkrip.
  • Bukti kemahiran bahasa Inggris. Jika kamu belum memiliki kualifikasi yang sesuai, silakan pilih opsi ‘Tanpa Tes Bahasa Inggris’ saat mendaftar.
  • Salinan pindaian visa/izin/CAS Inggris apa pun yang kamu miliki saat ini atau yang pernah kamu miliki sebelumnya, jika kamu melamar sebagai pelajar internasional.
  • Tergantung pada program studi yang kamu lamar, kamu mungkin diminta untuk memberikan dokumen tambahan, seperti: Pernyataan pribadi, CV, Sebuah portofolio, dan Tes terjemahan.

Jika jurusan yang kamu pilih memerlukan personal statement, kamu akan menemukan panduan dalam formulir pendaftaran. Universitas menyarankan mahasiswa menulis pernyataan secara terpisah dan mengunggahnya sebagai dokumen atau menyalin teksnya ke dalam aplikasi.

Jika pilihan jurusan tidak memerlukan beberapa dokumen tambahan, kamu tidak perlu menyediakannya dalam formulir pendaftaran. Kamu juga tidak perlu menyerahkannya secara terpisah.

Referensi

Saat melamar, kamu mungkin diminta untuk mencalonkan dua orang yang memiliki pengetahuan tentang kemampuan akademis dan/atau profesional yang kamu miliki. Biasanya adalah dosen atau supervisor di institusi pendidikan terakhir tempat kamu belajar.

Namun, jika kamu sudah tidak mengikuti pendidikan selama lebih dari lima tahun atau melamar dengan bukti pengalaman kerja, mungkin tepat untuk memilih satu orang di lingkungan kerja. Kamu harus memastikan bahwa orang yang kamu pilih mampu dan bersedia memberikan referensi untuk syarat perkuliahan.

Referensi tidak diminta secara otomatis ketika aplikasi diajukan. Sebaliknya, tim penerimaan akan menilai lamaran kamu terlebih dahulu untuk melihat apakah keputusan dapat dibuat tanpa melibatkan referensi. Jika referensi diperlukan, tim admisi universitas kemudian akan mengirim email kepada orang tersebut menggunakan rincian yang telah kamu berikan.

Universitas Memproses Aplikasi

Universitas di Inggris ini dapat menghubungi kamu secara langsung jika mereka memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin mengundang untuk wawancara atau audisi. Kamu akan menerima email pemberitahuan yang meminta agar kamu memeriksa portal pelamar untuk rincian lebih lanjut.

Biasanya, setelah permohonan diajukan dan semua dokumentasi yang diperlukan telah diterima, universitas akan mengambil keputusan dalam waktu enam hingga delapan minggu. Universitas akan memberi tahu kamu tentang hasil permohonan melalui email.

Jika lamaran berhasil, kamu akan dapat melihat surat penawaran di bagian Keputusan di portal lamaran online universitas. Jika penawaran kamu tidak bersyarat, universitas juga akan mengirimkan salinan surat penawaran tersebut melalui pos. Untuk sebagian besar program studi, tidak ada tenggat waktu untuk menerima tawaran.

Untuk memenuhi ketentuan penawaran bagi mahasiswa internasional, kamu harus membayar uang jaminan biaya kuliah atau memberikan bukti pengecualian yang sesuai setelah menerima tawaran tanpa syarat. Universitas akan memberikan cukup waktu untuk menyelesaikan proses penerimaan. Sehingga, kamu dapat bersiap untuk memulai kursus.

Beberapa jurusan memberlakukan tenggat waktu untuk urusan proses penerimaan mahasiswa. Jika kamu tidak dapat mengikuti kursus tahun ini dan ingin bergabung dengan universitas Leeds pada penerimaan berikutnya, maka kamu perlu mengajukan permohonan kembali. Hal ini karena University of Leeds tidak memberlakukan penundaan.

Kegiatan Perkuliahan Program Master

Salah satu cara universitas memberikan kualitas perkuliahan di Leeds University master programs kelas dunia adalah melalui konsultasi industri. Universitas menggandeng Dewan Penasihat Industri untuk memberikan berbagai keterampilan yang berhubungan dengan fokus perusahaan sesuai perkuliahan. Sehingga, seluruh program dan kegiatan perkuliahan relevan dengan industri.

Penempatan kerja adalah bagian dari beberapa program kursus dan merupakan cara yang baik untuk mengembangkan keterampilan profesional di industri. Jika kamu memiliki ide bisnis atau ingin mengembangkan keterampilan kewirausahaan, terdapat sejumlah peluang usaha terbuka lebar.

Selain kuliah, seminar, dan tutorial, mahasiswa akan memperdalam pengetahuan terkait subjek pembelajaran. Kamu akan mengikuti studi pribadi dan proyek independen, praktik laboratorium atau kerja lapangan, tergantung pada program studi mahasiswa.

Universitas Leeds juga telah berinvestasi dalam teknologi digital untuk meningkatkan dan mendukung pengalaman belajar mahasiswa. Kamu dapat menggunakan ruang pengajaran yang ditingkatkan secara digital untuk berinteraksi dengan dosen dan bekerja dengan sesama mahasiswa.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan