Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mau kuliah gratis di luar negeri lakukan 5 cara cerdas ini

Mau Kuliah Gratis Di Luar Negeri? Lakukan 5 Cara Cerdas Ini

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Mau Kuliah Gratis Di Luar Negeri? Lakukan 5 Cara Cerdas Ini

Bisa kuliah gratis di universitas yang didambakan tentunya menjadi impian setiap pelajar tidak terkecuali kamu, iya bukan? Apalagi jika kuliahnya di luar negeri plus di universitas terpandang di dunia. Pastinya hal tersebut akan menjadi kebanggaan tersendiri tidak hanya bagi kamu tetapi juga kebanggaan bagi keluarga kamu.

Tetapi, untuk sampai pada titik itu tentunya banyak langkah yang harus kamu lalui. Pencapaian yang luar biasa perlu diimbangi dengan usaha yang maksimal. Dengan demikian, persiapkan diri kamu, yakini hati untuk mulai berproses mencapai beasiswa kuliah ke luar negeri dengan melakukan 5 cara cerdas ini:

1. Kenali Program Beasiswa dengan Berpartisipasi Pada Seminar Terkait

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri adalah dengan banyak berpartisipasi pada seminar yang membahas program beasiswa di Indonesia yang bekerja sama dengan universitas di negara tujuan kamu.

Selain mengikuti seminar, kamu juga bisa menambah informasi melalui internet serta berkunjung ke event-event internasional yang biasanya menyediakan stand informasi beasiswa luar negeri seperti IDP, Fullbright dll.

Beasiswa dari pemerintah juga banyak loh yang bisa diakses, seperti beasiswa DIKTI, beasiswa LPDP dari kementerian keuangan, dan lain-lain.

2. Perbanyak Kegiatan Lapangan dan Jangan Ragu Keluar dari Zona Nyaman

Prestasi pada bidang akademik memang bisa menjadi nilai tambah tersendiri saat dicantumkan pada CV pendaftaran beasiswa. Namun kenyataannya, penyalur beasiswa tidak hanya melirik prestasi akademik saja, lebih dari itu prestasi di luar bidang akademik, kegiatan di lapangan yang berhubungan dengan masyarakat juga menjadi tolak ukur penting yang wajib dimiliki bagi penerima beasiswa.

Oleh sebab itu, buat kamu yang lagi mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri, pastikan kamu tidak hanya memiliki bukti prestasi di bidang akademik tetapi juga memperbanyak kegiatan lapangan khususnya berupa kontribusi nyata terhadap masyarakat.

Bahkan akan lebih menjadi nilai plus lagi saat kamu mencoba keluar dari zona nyaman yang ternyata hal tersebut bermanfaat bagi orang sekitar kamu. Percaya deh, hal seperti ini justru lebih menarik perhatian penyalur beasiswa ketimbang prestasi akademik yang hanya dirasakan oleh sendiri dan tidak ada aplikasi pencapaiannya terhadap masyarakat.

3. Perbanyak Membaca Motivation Letter Dari Mereka yang Lolos dan Tidak Lolos Beasiswa

Motivation letter menjadi salah satu dokumen yang perlu kamu siapkan saat mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri. Untuk membuat motivation letter menarik, pastikan kamu tidak hanya sering membaca motivation letter dari mereka yang lolos beasiswa, tetapi kamu juga perlu mempelajari motivation letter dari mereka yang belum berhasil.

Dengan cara ini kamu bisa menyimpulkan poin penting yang seharusnya ada dan tidak ada dalam motivation letter kamu. Selain itu, jangan ragu untuk banyak bertanya serta meminta masukan pada mereka yang berpengalaman di bidang ini agar motivation letter kamu lebih maksimal.

Oya, ingatlah bahwa sebuah prestasi dan kemampuan akan lebih bernilai saat kamu bisa mengaplikasikan kemampuan tersebut menjadi hal yang berguna bagi orang lain. Oleh sebab itu cantumkan pada motivation letter kamu bahwa ke depannya kamu akan menciptakan sesuatu dari ilmu dan pengalaman kamu menjadi hal yang berguna bagi masyarakat banyak.

4. Sambil Mencari Informasi, Jangan Lupa Terus Asah Kemampuan Bahasa Asing

Mencari informasi hingga berusaha membuat motivation letter yang baik memang cukup menyita waktu, tapi jangan lupa bahwa kegiatan tersebut perlu kamu iringi dengan latihan bahasa Asing yang rutin.

Ada baiknya kamu menyiapkan hal ini jauh-jauh hari karena belajar dan tes bahasa Asing tentu tidaklah mudah. Apalagi jika program beasiswa meminta bukti score IELTS dengan nilai tinggi yang tentunya perlu effort yang tinggi pula. Jadi, tetap harus belajar ya.

5. Kenali Perkembangan Indonesia dan Imbangi dengan Pengetahuan Luar

Beberapa tes yang biasanya dilakukan selain motivation letter dan tes bahasa Asing dalam program beasiswa adalah tes pembuatan esai hingga tes wawancara. Didalamnya meliputi tes pengetahuan umum tentunya mengenai Indonesia sebagai negara asal kamu hingga pengetahuan dunia.

Dengan demikian kamu perlu banget rajin membaca berita serta mendalami pengetahuan sejarah hingga budaya Indonesia serta mengimbanginya dengan pengetahuan dunia di bidang yang sama.

Jika diminta argumen akan kasus tertentu yang terjadi di dunia, maka berilah argument kuat berdasar sumber informasi terpercaya tanpa perlu memojokkan pihak tertentu tetapi fokus pada saran akan perbaikan dari kasus yang ada.

Nah demikian guys cara-cara yang bisa kamu terapkan saat ingin mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri. Intinya, siapkan semuanya dari jauh-jauh hari ya, agar semua persyaratan dapat diajukan jauh sebelum deadline.

Bila kamu membutuhkan bantuan seputar perkuliahan di luar negeri, Tim kami dari ICAN Education Consultant akan membantu kamu mengurus berbagai dokumen. Bahkan kamu bisa berkonsultasi dengan para konsultan kami! Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan