Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri ICAN Education Consultant
Mau Kuliah Murah? Ini 5 Program Beasiswa S1 Luar Negeri!

Mau Kuliah Murah? Ini 5 Program Beasiswa S1 Luar Negeri!

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Beasiswa / Mau Kuliah Murah? Ini 5 Program Beasiswa S1 Luar Negeri!

Mendapatkan program beasiswa S1 luar negeri adalah cara termudah untuk mengurangi beban keuangan untuk memperoleh gelar asing. Total biaya belajar di luar negeri mungkin lebih mahal dari yang kamu harapkan karena biaya hidup berbeda setiap bulannya.

Beasiswa bisa bermacam-macam jenisnya. Beberapa beasiswa diberikan sesuai kebutuhan, sementara beasiswa lainnya berdasarkan prestasi. Ada beberapa beasiswa yang berfokus pada negara dan diberikan khusus kepada warga negara tertentu.

Daftar Program Beasiswa S1 di Luar Negeri

Berbagai organisasi, termasuk pemerintah, universitas, organisasi nirlaba, dan yayasan swasta menawarkan beasiswa untuk belajar di luar negeri. Untuk mempermudah pencarian informasi program beasiswa S1 luar negeri, berikut adalah beberapa opsi yang bisa kamu pertimbangkan:

ADB-Japan Scholarship Program

Program Beasiswa ADB-Jepang (JSP) menyediakan hingga 135 beasiswa pascasarjana setiap tahun. Program ini hanya berlaku untuk mahasiswa di bidang bisnis dan manajemen, ekonomi, dan bidang pembangunan lainnya seperti sains dan teknologi, ADB-JSP scholarship memberikan keuntungan berikut:

  • Biaya kuliah penuh
  • Tunjangan subsisten bulanan (termasuk perumahan)
  • Buku dan bahan ajar
  • Asuransi kesehatan
  • Biaya perjalanan

Bagi sarjana yang terlibat dalam penelitian, hibah khusus mungkin tersedia untuk persiapan tesis. Dalam keadaan khusus, literasi komputer, bahasa persiapan, dan kursus serupa lainnya mungkin tercakup dalam beasiswa.

NL Scholarship

Beasiswa NL (sebelumnya dikenal sebagai Holland Scholarship) tersedia bagi pelajar internasional dari luar Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) yang ingin melanjutkan studi sarjana atau magister di Belanda. Beasiswa ini dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan, beberapa universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda.

Program ini menawarkan bantuan berjumlah € 5,000. Penerima beasiswa akan menerima bantuan finansial tersebut di tahun pertama studi. NL Scholarship ini bukan beasiswa penuh. Pendaftaran untuk tahun ajaran 2024-2025 telah dibuka.

Japanese Government (MEXT) Scholarship

Ada tujuh jenis program Japanese Government Scholarship (Monbukagakusho). Seluruh program tersebut adalah mahasiswa riset, mahasiswa keguruan, mahasiswa S1, mahasiswa studi Jepang, mahasiswa perguruan tinggi teknologi, mahasiswa pelatihan khusus, dan mahasiswa Young Leaders Program (YLP).

Pendaftarannya melalui rekomendasi kedutaan. Untuk program Undergraduate Scholarship, kamu harus berusia minimal 17 tahun dan di bawah 25 tahun. Kamu juga harus sudah menyelesaikan pendidikan sekolah selama 12 tahun atau telah menyelesaikan kursus di sekolah yang setara dengan SMA.

Dalam jenis beasiswa ini, penerima beasiswa direkrut dan disaring terlebih dahulu oleh kedutaan Jepang (atau konsulat jenderal, tergantung negaranya).

Karena proses pengajuannya berbeda-beda tergantung negara tempat kedutaan Jepang berada, kamu dapat menghubungi Kedutaan Jepang atau konsulat jenderal di Indonesia.

Perekrutan bulan April mendatang dimulai bulan April atau Mei. Tahap awal (ujian dokumen, tes tertulis dan wawancara) berlangsung di kedutaan, bulan Juni dan Juli.

Kedutaan merekomendasikan kandidat terpilih ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang (apanese Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology/ MEXT) melalui Kementerian Luar Negeri (Ministry of Foreign Affairs) pada akhir Agustus.

GKS Non-degree Program for Foreign Exchange Students

Program beasiswa ini diberikan untuk seluruh pelajar internasional yang berprestasi secara akademik. Kamu bisa belajar di jurusan apapun di universitas di Korea yang bergabung dalam program tersebut. Program beasiswa diberikan bagi mahasiswa Sarjana (4-10 bulan) dan program Master (4 bulan).

Benefit yang dapat kamu terima jika lulus kualifikasi adalah biaya penerbangan gratis, tunjangan biaya hidup (termasuk asuransi kesehatan) dan tunjangan kedatangan karena baru pindahan dari negara asal ke Korea (settlement allowance).

Periode pendaftaran adalah dengan cara menghubungi daftar universitas yang telah tersedia melalui NIIED. Untuk aplikasi Bachelor di musim Semi dan Gugur, sedangkan aplikasi Master di musim gugur.

Manaaki New Zealand Scholarship

Dengan Manaaki New Zealand Scholarship, penerima beasiswa akan memperoleh pendanaan biaya kuliah penuh, dan tunjangan hidup (gaji) sebesar NZ$531 per minggu. Tunjangan hidup akan membantu biaya hidup dasar sebagai mahasiswa undergraduate. Jika memulai program studi online di Indonesia, tunjangan tersebut akan disesuaikan.

Kamu juga akan mendapatkan tunjangan kedatangan sebesar NZ$3000. Tunjangan ini membantu biaya persiapan di Selandia Baru. Misalnya saja untuk biaya akomodasi, buku teks, atau bahan belajar lainnya. Kamu juga akan memperoleh asuransi kesehatan di Selandia Baru.

Tunjangan lainnya yang diperoleh adalah biaya bimbingan belajar hingga NZ$1000. Fungsinya sebagai biaya bimbingan tambahan jika diperlukan. Ada juga tunjangan reintegrasi sebesar NZ$1000. Fungsinya untuk membantu biaya persiapan setelah kembali ke negara asal.

Benefit Program Beasiswa S1 Luar Negeri

Banyak negara menawarkan program beasiswa S1 luar negeri untuk mempromosikan pendidikan internasional dan pertukaran budaya. Manfaatkan tawaran tersebut agar kamu bisa memperoleh pengalaman pendidikan, belajar bahasa, belajar budaya, serta merasakan tinggal dan berkarir di luar negeri.

Permudah rencana kuliah di luar negeri, baik dengan jalur beasiswa atau tidak, dengan bantuan ICAN Education. Kamu dapat berkonsultasi bersama tim konselor yang berpengalaman, tanpa dipungut biaya!

ICAN Event - Study in Asia
ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Open House UIC
ICAN Event - EF Academy
study in asia 24
Study in Australia 24
expo manado 24
Info Session UIC BSD
Info Session Ivy League

Konsultasi Gratis

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)

Berencana untuk

Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan