Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mau punya peluang kuliah di luar negeri simak tipsnya

Mau Punya Peluang Kuliah di Luar Negeri? Simak Tipsnya!

Beranda / Bacaan Umum / Mau Punya Peluang Kuliah di Luar Negeri? Simak Tipsnya!

Peluang kuliah di luar negeri sangat terbuka lebar bagi mahasiswa internasional, termasuk pelajar Indonesia. Semua orang pasti ingin melanjutkan pendidikan apalagi sampai ke universitas luar negeri karena bisa merasakan pengalaman baru pada lingkungan berbeda.

Selain itu kamu juga bisa memperoleh banyak keuntungan dengan melanjutkan pendidikan ke luar negeri termasuk belajar budaya, ataupun bahasa. Berbeda dengan kuliah di Indonesia, kamu butuh banyak persiapan ketika harus kuliah di negeri asing. Kamu juga wajib mengatur kebutuhan finansial termasuk biaya hidup apalagi jika tinggal pada kota-kota dengan biaya hidup tinggi.

Cara Persiapkan Diri Untuk Rencana Kuliah Luar Negeri

Kamu juga tentu tidak ingin kuliah jadi berantakan akibat kurang persiapan saat menjalani kuliah di luar negeri. Untuk itu, kamu dapat mempelajari apa saja yang harus kamu persiapkan agar peluang kuliah di luar negeri lebih lancar. Beberapa tips yang bisa kamu lakukan adalah

1. Harus punya alasan dan motivasi kuat

Kapan saja kamu merasa kurang bersemangat, lihat kembali bahwa apa yang kamu alami saat ini. Dengan bisa kuliah keluar negeri maka sudah menjadi banyak keinginan generasi muda. Minat kuliah ke luar negeri tinggi saja tidak cukup apalagi untuk alasan coba-coba.

Pastikan kamu mempunyai alasan kuat sebelum memutuskan kuliahan ke luar negeri. Karena kamu harus melewati proses penyesuaian diri yang tentunya membutuhkan waktu tidak sebentar. Kamu juga harus siap mental untuk benar-benar mandiri karena kamu tidak punya keluarga disana dan harus berjuang sampai studi selesai.

2. Buat rencana matang

Jika kamu sudah menemukan apa alasan dan tujuan kuliah keluar negeri maka kamu sudah bisa mulai susun rencana secara matang agar impian tersebut bisa terwujud. Dalam hal ini kamu wajib mempertimbangkan pilihan negara, pilihan Universitas, pilihan jurusan, dan estimasi biaya hidup.

Agar bisa melakukan perhitungan secara akurat, kamu dapat melakukan konsultasi perkuliahan luar negeri bersama ICAN education consultant. Kamu akan memperoleh informasi akurat cukup banyak untuk membantu agar kamu mempunyai gambaran lebih jelas tentang rencana perkuliahan ke luar negeri.

3. Siapkan dokumen pendukung

Dengan melakukan konsultasi kamu juga bisa memperoleh informasi valid terkait apa saja syarat dokumen yang harus kamu urus. Atau jika harus melakukannya secara mandiri, kamu bisa membuka website resmi Universitas pilihan dan mencari informasi lengkap terkait jurusan, cara daftar, metode pembelajaran, biaya kuliah, hingga dokumen pendukung apa saja yang harus kamu bawa.

Kamu juga wajib memperhatikan kebutuhan berkas lainnya seperti Visa juga paspor dan dokumen-dokumen penting. Letakkan dalam satu tempat aman agar tidak tercecer. Hal ini sangat penting agar peluang kuliah di luar negeri benar-benar tidak ada kendala sama sekali.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya Hidup Murah, Ini Tipsnya!

Kesalahan yang sering dilakukan saat daftar kuliah luar negeri

Rencana kuliah dan peluang daftar ke kampus impian seringkali jadi berantakan akibat tidak adanya persiapan dari jauh-jauh hari terkait dokumen apa saja yang wajib kamu siapkan. Padahal kamu juga masih harus menyiapkan surat rekomendasi dari guru ataupun dosen.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya buat gol yang dapat kamu capai per minggu atau per bulan supaya rencana kuliah berjalan lancar. Banyak calon Mahasiswa juga memberikan pernyataan berlebihan sehingga seolah-olah menghalalkan segala cara agar bisa diterima.

Padahal ketika kamu melakukan hal tersebut justru saat proses wawancara sangat memungkinkan terdapat statement yang berbeda sehingga membuat kamu beresiko di-blacklist. Sebaiknya tetaplah tenang dan bersikap percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki saat ini.

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah kesalahan dalam grammar ketika membuat essay terbaik. Pastikan juga tidak ada salah penulisan karena bisa jadi karena kamu kurang istirahat atau dalam kondisi lelah, membuat tulisan kamu jadi berantakan.

Sebaiknya, lakukan proofreading terlebih dahulu dengan meminta teman dekat atau dosen untuk memeriksa Apakah essay yang sudah kamu buat sudah sesuai.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan