Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
memilih universitas luar negeri

Memilih Universitas Luar Negeri

Beranda / Perkuliahan / Memilih Universitas Luar Negeri

Memilih universitas luar negeri dan jurusan pendidikan baik di dalam maupun di universitas luar negeri sebenarnya memiliki pertimbangan yang tidak jauh berbeda. Anda dituntut selektif karena banyaknya pilihan, promosi dan tawaran yang menggiurkan. Selain itu, pilihan tersebut akan mempengaruhi masa depan, karier, dan tentunya kehidupan Anda.

Setiap negara tentu memiliki lebih dari 1 universitas/perguruan tinggi. Universitas/perguruan tinggi tersebut memiliki reputasi yang berbeda-beda pada bidang tertentu. Misalnya, universitas di negeri kincir angin Belanda, memiliki reputasi bidang hukum yang diakui dunia. Di negara ini terdapat 2 jenis perguruan tinggi, yakni Universitas dan University of Applied Sciences. Untuk kategori Universitas, terdapat 14 perguruan tinggi yang secara khusus mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi ilmuan dan pakar dalam ilmu tertentu. Sedangkan dalam kategori Universities of Applied Sciences lebih terfokus pada praktek yang dilakukan melalui program magang pada seluruh program studi profesional.

Selain 2 kategori tersebut, masih ada 11 lembaga institut pendidikan internasional yang menawarkan program studi lanjutan dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Berbeda dengan 2 kategori sebelumnya, institute lebih memfokuskan pada studi yang terkait dengan pembangunan, kerja kelompok, pertukaran pengetahuan, dan interaksi antar mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya. Program ini difasilitasi oleh pengajar yang berpengalaman kerja di negara-negara berkembang.

Berikut ini beberapa sumber yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi mengenai universitas :

Informasi Promosional

Beberapa universitas sering mengikuti pameran pendidikan di sejumlah negara. Anda dapat memperoleh informasi universitas dari berbagai negara melalui kegiatan ini, baik melalui brosur yang tersedia maupun informasi secara langsung dari utusan universitas tersebut.

Situs Web Universitas

Setiap universitas luar negeri besar pasti memiliki situs web. Melalui web, Anda dapat mengetahui fasilitas dan sarana yang tersedia di universitas tersebut. Situs-situs tersebut juga biasa memuat informasi program yang ditawarkan, akomodasi hingga gambaran umum mengenai negara lokasi universitas tersebut.

Hasil Survey dan Review

Sumber informasi lain yang bisa Anda peroleh adalah dari hasil survey dan review. Hasil tersebut biasanya berisi peringkat univesitas pada tiap negara maupun peringkat universitas secara internasional. Dari hasil survey ini Anda juga akan mendapat informasi program unggulan dari masing-masing universitas.

Forum Akademis

Kalangan akademis biasanya berkumpul dalam forum-forum akademis, sehingga Anda dapat mencari infomasi mengenai berbagai universitas langsung dari orang-orang yang berkecimpung di dalamnya.

Kontak Personal

Untuk memperoleh informasi langsung dari narasumber yang pernah menempuh pendidikan di universitas tertentu, Anda dapat menghubungi kontak person alumni mahasiswa yang bersangkutan.

Konsultan Pendidikan Luar Negeri 

Konsultan pendidikan juga menyediakan informasi yang cukup lengkap mengenai universitas-universitas yang berada dalam jangkauan layanan mereka. Selain tiu, mereka juga dapat memberikan rekomendasi program favorit pada universitas-universitas tersebut.

Selanjutnya untuk menentukan pilihan pada salah satu universitas di luar negeri, pertimbangkan faktor berikut ini :

Reputasi

Reputasi sebuah universitas adalah satu hal penting yang patut di pertimbangkan. Sebab hal ini terkait dengan masa depan para alumninya, terutama ketika memasuki dunia kerja. Reputasi yang baik pada sebuah universitas tentunya dapat mendukung alumninya untuk memperoleh masa depan yang baik, yang tentu saja hal ini harus didukung oleh kemampuan alumni itu sendiri.

Program yang Ditawarkan

Dunia pendidikan terus berkembangan dan persaingan antara institut pendidikan juga berlangsung semakin ketat. Karena itu sebuah institut pendidikan dituntut untuk melakukan penyusunan dan pengembangan program-program sesuai dengan kebutuhan pasar. Karena itu pula carilah institut pendidikan yang mampu membaca kebutuhan pasar dengan ketersediaan program-program yang selaras.

Baca juga: Universitas Luar Negeri Dengan Kuliah Jarak Jauh

Fasilitas dan Sumber Daya

Program-program yang tersedia di sebuah universitas tentunya harus didukung pula oleh fasilitas, sarana dan sumber daya yang mendukung, sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik. Untuk itu cermatilah fasilitas dan sumber daya sebuah universitas dan pastikan tersedianya fasilitas dan sumber daya yang mendukung proses belajar.

Lingkungan

Lingkungan yang nyaman tentunya akan mendukung kelancaran proses belajar. Karena itu, perhatikan lingkungan di sekitar universitas, seperti tersedianya fasilitas umum yang dekat dan lingakungan pemukiman yanga ramah.

Perpustakaan

Perpustakaan ibarat jantung sebuah universitas. Di perpustakaan para mahasiswa dapat malakukan studi referensi dan melengkapi penelitian yang mereka lakukan. Untuk itu cermati keberadaan perpustakaan dalam sebuah universitas. Alangkah baiknya bila tersedia perpustakaan secara fisik maupun secara online, serta koleksi buku-buku yang lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dengan lebih mudah.

Publikasi Ilmiah Dosen

Poin ini masih terkait dengan reputasi sebuah universitas. Reputasi dan kualitas sebuah universitas dapat dilihat dari publikasi ilmiah para dosen di universitas bersebut. Publikasi ini menandakan bahwa universitas tersebut terus berkembang dan diasuh oleh orang-orang yang tidak henti-hentinya menggali ilmu pengetahuan.

Ukuran Kelas

Sebuah kelas yang efektif untuk pembelajaran adalah kelas yang terdiri dari sedikit mahasiswa. Dengan jumlah yang terbatas ini, maka mahasiswa dan dosen dapat berinteraksi dengan lebih leluasa, sehingga transfer ilmu dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

Baca juga : Alasan Memilih Pembelajaran Daring di Universitas Luar Negeri

Department Persiapan Kerja

Selain program-program yang ditujukan untuk melahirkan pakar dan ilmuan, cermati juga tersedianya department persiapan kerja pada program yang ditujukan untuk dunia kerja. Dengan adanya department semacam ini, maka mahasiswa lulusannya akan terbantu untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan program yang mereka pilih.

Berikutnya, untuk lebih mengenal perguruan tinggi di luar negeri tempat Anda tempuh ilmu, kunjungi universitas tersebut melalui situs web mereka. Universitas terkemuka biasanya menyediakan fasilitas Virtual Tour pada situs webnya. Beberapa universitas juga melengkapi situs mereka dengan informasi pemondokan dan unit-unit kegiatan. Dengan cara ini maka Anda bisa gambaran lebih banyak mengenai kenyamanan kampus untuk belajar.

Jika dilihat dari pengelompokan perguruan tinggi di negara Belanda, Anda harus lebih memahami tujuan belajar di luar negeri, karena pemilihan universitas yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai reputasi perguruan tinggi di negara yang Anda tuju.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan