Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
pekerjaan part time di australia, cocok untuk mahasiswa

Pekerjaan Part Time di Australia, Cocok untuk Mahasiswa

Beranda / Bacaan Umum / Pekerjaan Part Time di Australia, Cocok untuk Mahasiswa

Pekerjaan di Australia bagi para mahasiswa sebenarnya hal yang wajar ditemui. Hal tersebut dikarenakan biaya hidup di Australia lebih mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia. Apalagi para mahasiswa internasional harus bisa mengcover biaya tersebut dengan baik. 

Ada berbagai macam kerja part time yang bisa kamu temui di Australia. Disarankan untuk mengambil pekerjaan tersebut ketika mengisi waktu libur kuliah di Australia. Apalagi masuk Pada liburan musim panas yang bisa dihabiskan dalam kurun waktu 3 bulan. 

Kerja di Australia untuk bisa membantu kamu untuk menambah pundi-pundi tabungan dan menambah uang jajan. Tidak hanya itu, namun juga bisa membantu kamu mendapatkan pengalaman kerja dan bisa membuat kamu terbiasa dengan dunia kerja ya.

Kerja Paruh Waktu di Australia

Bagi para mahasiswa internasional, kesempatan untuk mengambil kerja paruh waktu di Australia adalah sesuatu yang tidak bisa disia-siakan. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih bahkan disesuaikan dengan bakat dan minat kamu loh, misalnya seperti ini;

Guru Bahasa Indonesia

Sebagai mahasiswa internasional dari Indonesia, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka pekerjaan part time menjadi guru bahasa Indonesia. Pekerjaan part time yang satu ini biasanya bagian dari program volunteer atau sukarela yang diadakan oleh Kedubes Indonesia di luar negeri. 

Jadi kamu bisa mengikuti program yang satu ini untuk mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah umum. Sekalipun judulnya secara sukarela, tetapi kamu tetap mendapatkan upah dari sekolah atau tempat kamu mengajar. 

Waitress Restoran

Jika kamu memiliki minat besar dalam bidang kuliner, cobalah untuk bekerja paruh waktu di restoran Swiss dengan menjadi pelayan, ada tukang bersih-bersih, atau justru menjadi koki. Selain mendapatkan gaji dan pengalaman bekerja di restoran, kamu juga bisa mendapatkan makanan gratis ketika sedang istirahat loh. 

Dengan makanan gratis yang diberikan oleh tempat kamu kerja, tentu bisa membantu meringankan biaya hidup untuk makan siang atau makan malam gratis.

Mystery Shopper

Sudah pernah mendengar tentang Mystery shopper? Pekerjaan yang satu ini membuat kamu harus menjadi pengamat atau surveyor yang bisa membantu menilai kualitas sebuah toko. Caranya kamu akan diminta untuk berpura-pura menjadi konsumen di suatu toko kemudian mengecek kualitas produknya, kebersihan, kenyamanan serta komunikasi dari pelayanan toko tersebut. 

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa besar mereka memahami tokoh serta produk yang dijual. 

Bartender

Jika kamu suka dengan suasana bar,  maka bisa mencoba untuk bekerja paruh waktu sebagai Bartender. Sekalipun terlihat mudah, ternyata menjadi seorang bartender harus menjalani pelatihan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan sertifikat responsible service of alcohol.

Sertifikat tersebut membuktikan bahwa kamu mampu mengidentifikasi Tingkat kemampuan seseorang, seorang bartender tidak boleh menuangkan minuman pada seseorang yang sudah mabuk berat. 

Baca Juga :  
Short Course Di Australia

HouseKeeping

Selanjutnya kamu juga bisa bekerja menjadi housekeeping atau memiliki tugas membersihkan kamar hotel. Tantangan menjadi housekeeping adalah waktu yang diberikan cukup singkat untuk membersihkan kamar yang akan ditempati, misalnya satu kamar kecil diberi waktu sekitar 15 menit saja. 

Jika kamu bisa membersihkan kamar lebih dari waktu yang telah ditentukan, maka tidak akan diberi gaji. Jadi jika kamu pandai bersih-bersih dan tingkatan kau mau maka pekerjaan housekeeping ini bisa menjadi pekerjaan paruh waktu di Australia.

Ada banyak pekerjaan di Australia bisa kamu pilih ketika menjadi pelajar. Dengan pekerjaan paruh waktu tentu bisa membantu kamu untuk mendapatkan uang saku tambahan untuk biaya hidup di Australia yang relatif lebih mahal. Pastikan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang kamu ya.

Syarat Kerja Part Time di Australia

Sebagian besar visa pelajar di Australia memberikan izin kepada pelajar internasional untuk bekerja hingga 20 jam per minggu selama di sekolah. Sebelum mencari pekerjaan, pelajar internasional harus memastikan bahwa visa mereka mengizinkannya.

Informasi visa dipegang oleh Departemen Imigrasi Australia (DIAC) dan dapat diakses kapan saja menggunakan sistem Visa Entitlement Verification Online (VEVO). Siswa dengan kualifikasi atau pengalaman kerja yang ada mungkin dapat menemukan pekerjaan paruh waktu di bidang pilihan mereka.

Banyak industri Australia menawarkan pekerjaan paruh waktu, seperti ritel, perhotelan, pariwisata, pertanian, penjualan, administrasi, dan banyak lagi. Industri ini umumnya menawarkan jam kerja yang fleksibel bagi siswa. Magang berbayar atau tidak berbayar juga merupakan pilihan yang layak bagi siswa yang ingin mendapatkan pengalaman kerja di bidang pilihan mereka. Siswa juga dapat memilih untuk menjadi sukarelawan untuk amal dan organisasi pemerintah.

Baca juga:
Bagaimana Caranya Kuliah Dan Bekerja Di Australia?

Tips Mencari Pekerjaan Paruh Waktu di Australia

Di Australia, ada beberapa pilihan untuk mencari pekerjaan paruh waktu. Beberapa tempat mencari kerja yang umum tercantum di bawah ini:

  • Media sosial: Untuk mempromosikan lowongan pekerjaan, banyak perusahaan menggunakan situs seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter. Perhatikan daftar pekerjaan dari perusahaan
  • Jaringan: Hadiri konferensi, pameran karier, dan acara lain di bidang yang diminati untuk membangun jaringan dengan calon perekrut. Ini akan membantu membangun koneksi yang relevan.
  • Portal pekerjaan: Pekerjaan paruh waktu tersedia di Australia di sejumlah situs pencarian kerja, termasuk seek, Indeed, dan Jora. Buat profil, unggah resume, dan cari peluang paruh waktu di industri pilihan.
  • Tanyakan kepada bisnis lokal terdekat: Konsultasikan dengan perusahaan kecil di lingkungan kamu untuk menanyakan apakah mereka mempekerjakan pekerja paruh waktu. Kamu dapat berbicara langsung dengan mereka atau mengirim email kepada mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang posisi yang tersedia.
  • Tanyakan pada universitas: Universitas mungkin menawarkan papan pekerjaan atau memiliki departemen karier/hubungan industri tempat kamu dapat menanyakan peluang kerja paruh waktu.

Di Australia, terdapat banyak jenis profesi paruh waktu yang terampil dan tidak terampil, dan kompensasi untuk masing-masing profesi tersebut bervariasi tergantung pada wilayah, permintaan, dan jenis pekerjaan.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan