Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Tren Pekerjaan Masa Depan: Profesi yang Akan Mendominasi Dunia Kerja

Tren Pekerjaan Masa Depan: Profesi yang Akan Mendominasi Dunia Kerja

Beranda / Bacaan Umum / Tren Pekerjaan Masa Depan: Profesi yang Akan Mendominasi Dunia Kerja

Semua mahasiswa yang ingin kuliah, pasti akan mencari jurusan dengan prospek pekerjaan yang dibutuhkan dimasa depan. Salah satu diantaranya adalah jurusan Manajemen bisnis. Apa itu kuliah manajemen bisnis adalah studi tentang proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian aktivitas suatu bisnis atau organisasi untuk mencapai tujuan dan sasarannya.

Dalam manajemen bisnis, melibatkan pengawasan terhadap semua aspek bisnis. Kamu akan belajar tentang pengawasan keuangan dan operasi hingga pemasaran dan sumber daya manusia.

Manajer bisnis harus memiliki keterampilan dalam kepemimpinan, komunikasi, dan pemecahan masalah, serta mampu membuat keputusan strategis yang mendorong kesuksesan organisasi. Alasan memilih jurusan manajemen bisnis adalah untuk memenuhi permintaan industri yang sedang meningkat.

Tren Global dan Teknologi

Teknologi telah membuat komunikasi dengan sesama karyawan, menjadi lebih mudah daripada sebelumnya. Peran ini sangat penting dalam lingkungan korporat. Banyak organisasi masih bekerja dari rumah dan interaksi tatap muka sangat minim. Platform berbasis cloud seperti Microsoft Teams, dan Zoom terus menyediakan jalur bagi organisasi untuk terhubung dan mencapai tingkat komunikasi lebih baik.

Selain itu, teknologi ini sebenarnya meningkatkan produktivitas organisasi dan karyawannya. Adanya umpan balik pada proyek atau tugas tertentu dapat dengan cepat dikirim melalui pesan instan, mengurangi jumlah email dan mempercepat waktu respons.

Dari sisi ekonomi, kemajuan teknologi telah menciptakan industri dan produk baru, meningkatkan produktivitas, serta memperbaiki efisiensi di industri yang sudah ada. Hal ini berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan standar hidup.

Contoh spesifik peran teknologi dalam ekonomi adalah perkembangan e-commerce yang telah merevolusi industri ritel. Pengecer online dapat menjangkau audiens global dan menawarkan berbagai produk dengan harga kompetitif. E-commerce juga menciptakan lapangan kerja baru di sektor logistik dan layanan pelanggan.

Dalam beberapa dekade terakhir, kemajuan teknologi telah secara signifikan mempengaruhi geografi manusia. Keberadaan teknologi mampu mengubah berbagai aspek interaksi manusia, pola spasial, dan perkembangan sosial.

Industri yang Akan Berkembang

Banyak prediksi tentang sektor-sektor yang mungkin menghadapi tantangan setelah pandemi. Namun, beberapa industri justru mengalami perkembangan pesat. Sektor-sektor berikut menunjukkan statistik pertumbuhan mengesankan, menawarkan banyak peluang bagi kandidat yang mencari pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan.

Industri Teknologi

Industri teknologi berfokus pada inovasi, penciptaan, dan pertumbuhan. Perusahaan-perusahaan yang mendominasi industri ini saat ini berbasis di AS dan dikenal sebagai Big Five: Alphabet (Google), Amazon, Apple, Facebook, dan Microsoft.

Semua perusahaan tersebut sangat mendominasi karena memimpin revolusi dalam cara masyarakat dunia belajar, berkomunikasi, berbagi informasi, dan mengkonsumsi barang. Ada ratusan ribu perusahaan lain di dunia teknologi yang bersaing langsung dengan Big Five ini (Adobe, Cisco, dan IBM). Beberapa menciptakan gebrakan di bidang keahlian spesifik (Atlassian, Pinterest, dan Canva).

Industri Kesehatan

Sektor kesehatan merupakan salah satu yang terbesar dan paling kompleks dalam perekonomian AS. Industri kesehatan telah menyumbang hingga 18% dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2020.

Sektor ini berkembang pesat karena sistem penelitian dan pengembangan medis kuat, bekerja sama dengan sistem pendidikan tinggi dan industri teknologi. Populasi AS yang menua dan semakin lanjutnya generasi Baby Boomer mendorong permintaan yang terus meningkat di sektor kesehatan.

Industri Energi Terbarukan

Industri energi terbarukan menghasilkan emisi jauh lebih rendah dibandingkan dengan pembakaran bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil saat ini menyumbang sebagian besar emisi. Sehingga, energi terbarukan merupakan langkah penting dalam menangani krisis iklim.

Energi terbarukan kini lebih murah di sebagian besar negara. Banyak industri di bidang ini telah menghasilkan tiga kali lebih banyak lapangan pekerjaan dibandingkan bahan bakar fosil. Hal ini karena sumber energi terbarukan sangat melimpah dan dapat ditemukan di mana-mana.

Industri Kreatif

Industri kreatif memiliki dampak pengembangan multidimensi yang secara langsung berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs). Industri ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi juga mempromosikan kesetaraan gender, mengurangi kesenjangan, dan mendorong konsumsi yang bertanggung jawab.

Dikenal sebagai salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di dunia, industri kreatif diperkirakan dapat menyumbang hingga 10 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) global sebelum tahun 2030. Ekonomi kreatif memberikan pendapatan signifikan bagi usaha kecil serta peluang kerja, terutama bagi perempuan dan kaum muda. 

Industri Teknologi

Industri teknologi memberikan akses ke bidang yang sangat membutuhkan tenaga profesional terampil, menghasilkan banyak peluang karir dan gaji kompetitif. Selain itu, industri teknologi mendorong inovasi dan kreativitas, memungkinkan individu bekerja pada proyek-proyek mutakhir masa depan. Berikut adalah profesi yang dibutuhkan dimasa depan untuk lulusan industri teknologi:

Data Scientist

Data scientist menentukan pertanyaan yang harus diajukan tim dan mencari cara untuk menjawab pertanyaan tersebut menggunakan data. Menjadi data scientist harus sering mengembangkan model prediktif untuk merumuskan dan meramalkan hasil.

Berikut adalah beberapa universitas yang menawarkan bidang ilmu berkaitan dengan data scientist:

Beberapa contoh tugas sehari-hari seorang ilmuwan data meliputi menemukan pola dan tren dalam dataset untuk mengungkap wawasan, membuat algoritma dan model data untuk meramalkan hasil. Data scientist juga menggunakan teknik machine learning untuk meningkatkan kualitas data atau penawaran produk. Kemudian, mengkomunikasikan rekomendasi kepada tim lain dan staf senior.

Specialis AI dan Machine Learning

Untuk menjadi seorang spesialis AI, seseorang perlu memiliki latar belakang yang kuat dan keterampilan dalam matematika, statistik, ilmu komputer, dan pemrograman. Seorang spesialis AI harus memahami konsep dan teknik dasar AI, seperti algoritma, struktur data, optimisasi, pencarian, logika, dan probabilitas. Berikut adalah daftar rekomendasi universitas untuk belajar menjadi specialis AI dan Machine Learning:

  • Academia of Art University – USA
  •  Xi’an Jiaotong Liverpool University – China
  • Arkansas State University – USA

Selain itu, spesialis AI harus dapat menggunakan berbagai alat dan kerangka kerja untuk pengembangan AI, seperti Python, R, TensorFlow, PyTorch, Scikit-learn, atau Keras. Keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kreativitas juga penting. Kamu juga harus memiliki rasa ingin tahu dan semangat untuk belajar hal baru untuk menghadapi tantangan kompleks.

Cyber Security

Keamanan siber adalah praktik melindungi komputer, server, perangkat mobile, sistem elektronik, jaringan, dan data dari serangan jahat. Berikut beberapa rekomendasi universitas yang menawarkan jurusan Cyber Security:

Cyber security juga dikenal sebagai keamanan teknologi informasi atau keamanan informasi elektronik. Istilah “keamanan siber” mencakup berbagai konteks, mulai dari bisnis hingga komputasi mobile.

Industri Kesehatan

Aspek paling mendasar dari industri kesehatan adalah kemampuannya mensejahterakan dan meningkatkan kehidupan manusia. Industri kesehatan yang memadai memungkinkan individu menjalani kehidupan lebih sehat, panjang, dan memuaskan. Berikut beberapa prospek karier di bidang industri kesehatan:

Tenaga Medis dan Perawat

Asisten medis adalah profesional kesehatan yang mendukung pekerjaan dokter dan profesional medis lainnya, dan biasanya bekerja di fasilitas perawatan rawat jalan seperti kantor medis dan klinik. Berikut daftar rekomendasi universitas unggul dalam mencetak tenaga medis dan perawat:

  • Boston University – USA
  • Xi’an Jiaotong Liverpool University – China
  • Arkansas State University – USA

Perawat adalah profesional kesehatan yang memberikan perawatan kritis kepada masyarakat, termasuk melakukan pemeriksaan fisik, meninjau riwayat medis, memberikan konseling kesehatan, mengelola obat, dan mengkoordinasikan perawatan dengan profesional kesehatan lainnya. Perawat umumnya bekerja di rumah sakit, klinik, pusat perawatan khusus, dan fasilitas hidup terdukung.

Spesialis Genetika dan Bioteknologi

Genetika dan bioteknologi cocok untuk siswa yang tertarik dengan cara kerja organisme dan sel. Untuk menjadi spesialis genetika dan bioteknologi, kamu akan mempelajari biologi molekuler. Selain itu, kamu akan menggunakan teknologi genetik dan biokimia untuk menjawab pertanyaan dalam sains dasar dan terapan, banyak diantaranya berkaitan dengan medis. 

Berikut adalah rekomendasi universitas yang ada di berbagai belahan dunia bagi pelajar yang tertarik menjadi spesialis genetika dan bioteknologi:

  • ASPIRE INSTITUTE –  Australia
  • Birmingham City University – UK
  • Arkansas State University – USA

Lulusan konsentrasi ini umumnya bekerja di industri bioteknologi atau laboratorium penelitian medis. Atau, bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut, seperti M.S., Ph.D., atau M.D., untuk menjadi pemimpin tim riset dan medis.

Industri Bidang Energi Terbarukan

Berikut adalah informasi tentang prospek karier bagi mahasiswa yang memperdalam bidang industri energi terbarukan:

Insinyur

Para insinyur adalah ahli di bidangnya yang terus menciptakan dan berinovasi. Sebagai praktisi teknik, para profesional teknik menangani sistem, struktur, perangkat, dan material kompleks untuk memenuhi kebutuhan fungsional, sambil mempertimbangkan batasan yang ditetapkan oleh regulasi, keselamatan, biaya, dan faktor lainnya. 

Berikut adalah daftar rekomendasi universitas jika kamu tertarik menjadi seorang insinyur:

Para insinyur memecahkan masalah menggunakan matematika, sains, dan teknologi. Sebagai pemecah masalah, setiap solusi potensial yang dirancang oleh insinyur harus dipertimbangkan terhadap realitas dunia fisik serta kekhawatiran lain seperti keselamatan publik, kebutuhan klien, regulasi, material yang tersedia, dan anggaran yang terbatas.

Spesialis Manajemen LingkunganSeorang spesialis manajemen lingkungan melakukan tugas-tugas seperti simulasi hidrolik dan kualitas air, pengambilan sampel kualitas udara, pengumpulan data untuk studi teknik, dan penilaian kesehatan lingkungan. Kamu juga harus mengelola catatan limbah berbahaya, memastikan kepatuhan terhadap undang-undang lingkungan, dan mengembangkan sistem manajemen lingkungan. 

Berikut adalah daftar universitas yang menawarkan prospek karier spesialis manajemen lingkungan:

Dengan menjadi spesialis manajemen lingkungan, kamu wajib melakukan inspeksi lokasi, berkoordinasi dengan lembaga pemerintah, dan menyusun laporan teknis. Bahkan, kamu mungkin terlibat dalam proyek terkait ekspansi urban dan infrastruktur, upaya keberlanjutan, dan pencegahan polusi. 

Industri Kreatif

Industri kreatif sangat penting karena berkontribusi besar terhadap ekonomi global dan pengembangan sosial. Industri ini mampu menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup. Berikut adalah prospek karier yang berhubungan dengan industri kreatif:

Desainer UI/UX

Desainer UX (User Experience) berfokus pada interaksi yang dilakukan pengguna dengan produk dan layanan sehari-hari. Tujuan dari desainer UX adalah untuk membuat penggunaan produk dan layanan, baik digital maupun fisik, menjadi mudah, logis, dan menyenangkan. 

Berikut adalah rekomendasi universitas yang menawarkan jurusan bagi calon desainer UI/UX:

Desainer UI (User Interface) berfokus pada titik sentuh visual yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan produk. Pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan ini mencakup tipografi, palet warna, tombol, animasi, dan elemen gambar lainnya. Misalnya, semua elemen visual atau animasi seperti geser untuk menghapus, tarik untuk memperbarui, atau memasukkan teks harus dirancang.

Spesialis Konten Digital

Spesialis Konten Digital bertanggung jawab untuk membuat berbagai jenis konten online yang bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas situs web dan mendorong penjualan. Tugas mereka meliputi menulis posting blog harian untuk membangun dan mempertahankan audiens, mengembangkan konten untuk kampanye pemasaran, dan mengelola akun media sosial untuk merek atau situs. 

Berikut adalah contoh beberapa universitas unggulan di dunia yang menawarkan karier spesialis konten digital:

Peran ini melibatkan advokasi dan pembangunan konten digital, membutuhkan perhatian terhadap detail, dan keahlian dalam strategi konten digital. Spesialis ini memberikan wawasan praktik analitik terbaik, memimpin proses pembelajaran dan pengembangan iteratif, serta menghasilkan solusi inovatif yang menjadi bagian penting dari penawaran inti organisasi.

Peluang Kerja di Era Digital

Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam cara bekerja, berkomunikasi, dan belajar. Contoh, otomatisasi dan kecerdasan buatan telah mempengaruhi berbagai industri. Pekerjaan yang bersifat rutin dan repetitif lebih otomatisasi saat ini, sementara peran baru di bidang seperti AI dan ilmu data sedang bermunculan.

Gig Economy, ditandai dengan kontrak jangka pendek atau pekerjaan freelance, telah berkembang pesat. Peluang kerja ini adalah salah satu contoh nyata. Pekerjaan tersebut menawarkan fleksibilitas, sehingga individu perlu mengelola karier mereka secara lebih aktif.

Tips dan Strategi untuk Karir Masa Depan

Pertama, fleksibilitas adalah kunci sukses di masa depan kerja. Menurut data dari Bureau of Labor Statistics (BLS), rata-rata pekerja saat ini bertahan dengan satu perekrut kerja selama 4,1 tahun dan sering berpindah peran sepanjang karier.

Kedua, Kecerdasan buatan, otomatisasi, dan digitalisasi berkembang pesat ke berbagai aspek kehidupan. Namun, semakin banyak teknologi di tempat kerja bukan berarti manusia akan digantikan. Mengetahui cara terbaik menggunakan teknologi akan membantu meningkatkan pekerjaan dalam peran saat ini dan memastikan kamu bisa tetap bertahan di masa depan.

Ketiga, seiring dengan adopsi teknologi baru oleh organisasi, kebutuhan pun berubah. Hal ini menyebabkan kesenjangan semakin besar antara keterampilan pekerja saat ini dan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan. Cari peluang baru untuk pembelajaran dan pengembangan sepanjang karier untuk menyesuaikan keterampilan dengan apa yang diinginkan oleh calon pemberi kerja di masa depan.

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja industri yang terus berkembang di era digital. Setiap industri juga menawarkan prospek pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan karena permintaannya terus meningkat. 

Salah satu investasi terbaik agar kamu bisa mengejar karier dan memperoleh pekerjaan menjanjikan di masa depan adalah dengan pendidikan. Pastikan kamu melanjutkan studi dan meraih gelar sesuai bakat dan minat yang kamu miliki.

Buat peluang kuliah dan rencana studi jadi lebih mudah dengan menggunakan bantuan agen pendidikan. ICAN Education Consultant memiliki banyak layanan yang akan mempermudah keperluan studi di luar negeri.

Kamu bisa menggunakan layanan konsultasi untuk bertanya biaya kuliah jurusan manajemen bisnis atau jurusan lainnya. Jika sudah menemukan pilihan jurusan tepat, gunakan layanan pengurusan dokumen agar perkuliahan berjalan dengan lancar.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan